Follow Us @soratemplates

Wednesday, September 11, 2019

Cangkang Telur Jangan di Buang, Manfaatkan untuk Jadi Pupuk Organik

10:07:00 AM 0 Comments
Assalammualaikum teman-teman happyummi ^_^



Hari ini ummi lagi happy, jadi bawaannya semangat aja mau ngerjain banyak hal. Tadi pagi, ummi bareng Ubay & Ghazy mencoba memanfaatkan cangkang telur yang sudah lama ummi kumpulkan. Abah sempat heran kenapa cangkang telurnya nggak dibuang aja.

"Dulu ummi sempat lihat ada petani buah tin yang memanfaatkan cangkang telur untuk jadi pupuk, makanya semenjak itu ummi ga pernah buang  cangkang telur hingga penuh satu kantong. Lumayan banget nih kalo dijadikan pupuk"

Ummi baca kalo cangkang telur bisa menyuburkan tanah, juga pembasmi hama tanaman terutama jenis molussca seperti keong, siput, dan hama lain seperti kutu dan kumbang

Kandungan makro dan mikro kulit telur berguna banget deh bagi tanaman, apalagi sekarang lagi musim kemarau, duh asli kasian lihat tanaman-tanaman umi kering kerontang. FYI, ini loh kandungan dalam cangkang telur yang dikutip dari kabartani.com :

  • Kalsium karbonat
  • fosfor
  • magnesium
  • natrium
  • kalium
  • mangan
  • zinc
  • besi dan temnah

Cara Membuat Pupuk Organik dari Kulit Telur

Oya cara membuatnya mudah banget kok. 
1. Cuci bersih telur lalu jemur hingga kulit telur kering.



2. Tumbuk kulit telur hingga jadi serpihan



3. Blender hingga halus menyerupai tepung (kalau nggak punya blender bisa ditumbuk aja ya sampai halus)


4. Pupuk bisa segera digunakan menjadi campuran media tanaman atau langsung ditaburi di sekitar tanaman terutama tanaman dalam pot



Bisa dimodifikasi jadi Pupuk organik cair


Nah jika khawatir pupuknya terbang kesana kemari saat ditaburi pupuk tepung cangkang telur bisa langsung dijadikan pupuk organik cair kok. Caranya :

1. Rebus secukupnya air hingga mendidih
2. Lalu tambahkan tepuk kulit telur aduk hingga rata
3. Diamkan hingga dingin lalu salin ke botol atau spray tanaman
4. Simpan di tempat yang kering


Mudah kan? Hama yang terkena pupuk cangkang telur akan menggeliat, berbutar dan berbalik arah hingga akhirnya mati.

Yuk manfaatkan limbah sekitarmu untuk jadi hal yang bermanfaat. Selain itu kita bisa mengurangi sampah di lingkungan. Sayangi bumi dari hal-hal kecil

Selamat mencoba

Tuesday, September 10, 2019

Agar Masjid Kota Bengkulu Ideal Buka 24 Jam

9:40:00 AM 0 Comments

“Hanyalah yang memakmurkan Masjid-masjid Allah ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS At-Taubah 9:18)"
Walikota Bengkulu Helmi Hasan baru-baru ini mengeluarkan surat edaran tentang imbauan membuka masjid selama 24 jam penuh. Hal ini dilakukan dengan harapan Allah SWT memberikan kemakmuran, khususnya bagi warga masyarakat Kota Bengkulu. Helmi meyakini, Allah akan berikan kemakmuran kepada siapa saja yang telah memakmurkan masjid. Karenanya ia mengajak untuk menghidupkan amalan-amalan, melaksanakan salah berjamaah bagi pria di masjid, berzikir dan beribadah di masjid.

Imbauan walikota ini menuai pro kontra di kalangan masyarakat. Di satu sisi ini memacu masyarakat untuk memakmurkan masjid dan meningkatkan ibadah jika masjid dibuka 24 jam, namun di sisi lain kesiapan fasilitas dan masyarakat sendiri mungkin harus disiapkan.

Bicara soal pengalaman saat saya bepergian ke luar kota, masjid memang jadi tempat favorit untuk singgah, selain untuk  melakukan sholat, saya dan keluarga biasa merebahkan badan sebentar sebelum melanjutkan perjalanan. Memang kami biasanya mencari masjid besar karena tidak semua masjid yang terbuka pintunya selain saat waktu sholat. Nah ketika ada imbuan agar masjid buka 24 jam tentu saya menyambut dengan senang hati karena akan banyak sekali manfaatnya.

Masjid sebagai Baitullah atau rumah Allah merupakan inti dari pergerakan Islam. Fungsi utamanya jelas sebagai tempat sujud, beribadah kepada Allah dan intisari dari memakmurkan masjid adalah terlaksananya sholat berjamaah. Pada zaman Rasulullah, fungsi masjid selain tempat ibadah dan pembelajaran, juga sebagai tempat musyawarah, merawat orang sakit dan asrama bagi para pelajar suffah. Dan saya berharap ketika masjid buka 24 jam akan bisa kembali pada fungsinya seperti zaman Rasulullah SAW terutama sebagai pusat budaya dan ilmu pengetahuan.

Saran untuk Masjid yang buka 24 Jam



Imbauan masjid untuk buka 24 jam memang perlu didukung kesiapan fasilitas juga kesiapan pengurus masjid. Selain itu dukungan pemerintah kota Bengkulu untuk melakukan pembinaan dan bantuan juga diperlukan agar masjid di kota Bengkulu layak dan siap untuk dibuka 24 jam. Nah berikut beberapa saran dari saya pribadi agar masjid siap dan layak buka 24 jam.

1. Menyiapkan Penjaga Masjid

Jika masjid buka 24 jam, diperlukan penjaga khusus yang memang stand by di masjid. Bisa dalam bentu shift siang dan malam. Penjaga masjid diharapkan bisa mengontrol dan membantu jamaah jika ada sesuatu yang dibutuhkan. Mengontrol penggunaan air serta kebersihan masjid juga jika ada acara atau pengajian yang dilaksanakan di masjid.

2. Sarana air, listrik dan fasilitas kebersihan

Kita semua berharap masjid menjadi tempat yang nyaman dan dirindukan. Jika masjid buka 24 jam dan banyak jamaah yang berkunjung maka diharapkan ketersediaan air selalu cukup, juga listrik dan fasilitas kebersihan seperti sajadah dan toilet yang bersih.

3. Ketersediaan Ruangan Khusus untuk Pusat Budaya dan Ilmu Pengetahuan

Menurut saya percuma jika masjid buka 24 jam tapi ternyata malah sepi jamaah. Selain ibadah utama yaitu sholat  perlu untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai fungsi pendidikan. Masjid bisa dijadikan tempat untuk berdiskusi, atau pengajian. Akan lebih baik jika ada ruangan khusus untuk pengajian dan perpustakaan agar tidak menganggu orang yang beribadah di ruang utama yang berfungsi sebagai tempat sholat. Jika memungkinkan masjid bisa diberikan free wifi untuk mendukungnya sebagai pusat pendidikan.

4. Masjid Ramah Anak

Selama ini beberapa masjid masih menjadi tempat yang tidak ramah anak. Beberapa kali saya membawa anak malah dipelototi oleh jamaah. Padahal anak-anak adalah generasi penerus yang kita harapkan bisa memakmurkan masjid. Kita berharap juga anak-anak terbiasa sholat berjamaah sejak kecil di masjid.

5. Pembinaan kader masjid

Dulu kita sering mendengar istilah remaja masjid, sekarang makin berkurang gemanya. Padahal remaja masjid menjadi ikon yang bisa menggalakkan kegiatan positif di masjid. Remaja masjid layaknya diberikan trainding dan pembinaan karena mereka adalah kader yang dipersiapkan untuk memimpin masa depan. Masyarakat umum pun layaknya juga diberi pembinaan agar bisa memakmurkan masjid

6. Fasilitas Pendukung seperti Kesehatan

Pada zaman Rasulullah masjid juga dijadikan untuk pengobatan orang sakit. Tidak menutup kemungkinan  ketika masjid buka 24 jam akan disediakan sarana untuk kesehatan semacam klinik. Masjid pun diharapkan punya parkir yang luas dan taman di luarnya.

7. Transparansi Dana Masjid dan Penggunaanya

Suami pernah cerita, salah satu masjid di Yogyakarta yang sangat makmur oleh jamaah juga selalu ada kegiatan yang dilakukan. Dana masjid pun dikelola sangat baik. Pengurus masjid tidak pernah bangga menyatakan saldo masjid yang masjid, sebaliknya mereka sedih jika saldo masjid masih banyak. Setiap dana yang disumbangkan oleh donatur segera disalurkan untuk pembangunan dan kegiatan masjid atau apapun itu yang bisa memakmurkan masjid juga masyarakat sekitar. Saldo nol membangkitkan semangat jamaah untuk terus bersedekah karena mereka bahagia setiap uang yang disumbangkan disalurkan untuk masjid dan mereka yang membutuhkan.

Sekali lagi saya sangat mendukung dibukanya masjid 24 jam. Namun memang perlu dipertimbangkan kesiapan masing-masing masjid, pengurus juga masyarakatnya. Jika tidak memungkinkan, baiknya beberapa masjid yang siap dulu dan menyusul masjid lain sambil berbenah fasilitas dan beberapa hal yang diperlukan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa memakmurkan masjid aamiin…

Saturday, August 31, 2019

Tips agar Anak Tumbuh Sehat, Aktif dan Ceria

11:28:00 PM 0 Comments

Melihat anak tumbuh sehat, aktif dan ceria bagi saya pribadi adalah hal yang menyenangkan. Jika ada anak yang hilir mudik bermain, aktif bersosialisasi bersama teman-temannya saya suka sekali, walau kadang banyak orang tua yang kualahan karena si kecil begitu aktif. Aktif sebenarnya pertanda bahwa fisiknya sehat. Coba bandingkan jika anak kita sakit, pasti si kecil tidak bersemangat untuk bermain ataupun beraktfitas.

Namun seiiring berkembangnya teknologi menjadikan si kecil aktif dan ceria merupakan tantangan yang cukup sulit bagi para Ibu. Hal ini dikarenakan televisi dan gadget yang seringkali membuat anak-anak kecanduan. Walaupu banyak film dan permainan edukatif yang bisa ibu dapatkan di gadget namun Ibu tentu perlu membagi waktu agar anak tetap bisa beraktiftas fisik dan bermain bersama teman-temannya.

Penting sekali untuk menjaga anak tetap aktif dan ceria sehingga mereka tetap sehat. Walaupun ada beberapa hambatan, Ibu dan Ayah sebagai orang tua bisa menerapkan hal-hal berikut agar anak tetap aktif.

Tetapkan Waktu untuk Menonton TV dan Bermain Gadget

Saat kecil anak-anak memang tidak terlalu memperdulikan TV dan gadget. namun dengan seiiring bertambahnya usia mereka, anak-anak mulai menyukai menonton TV seharian dan bermain gadget tak kenal waktu karena kecanduan. Selain tidak baik untuk kesehatan mata, anak-anak menjadi pasif dan kurang kreatif. Untuk itu sangat penting untuk mengatur waktu kapan anak dibolehkan untuk menonton atau bermain gadget. Pastikan juga tontonan ataupun permainan di gadget tidak mengandung konten negatif dan punya pembelajaran bagi anak kita nantinya.

Lakukan Aktifitas Menyenangkan Bersama Anak Sesuai dengan Usianya

Ibu dan ayah bisa melakukan aktifitas menyenangkan bersama anak sesuai dengan usianya. Jika anak masih kecil kita bisa membawa mereka berjalan-jalan ke taman. Mereka akan senang diajak berlarian sembari memainkan gelembung sabun. Permainan petak umpet atau bersepeda juga asyik dilakukan bersama anak. Jika anak sudah mulai beranjak besar kita bisa mengenalkan olahraga seperti renang, senam ataupun bermain bola. Kehadiran Ibu dan Ayah dalam permainannya akan membuat mereka lebih ceria dan merasa dicintai. Jika tidak bisa melakukan permainan di luar rumah karena kesibukan ayah dan Ibu, anak-anak tetap bisa bermain di dalam rumah misalnya dengan menyiapkan arena basket kecil untuk mereka.

Libatkan Anak-Anak untuk Membantu Pekerjaan Rumah atau Berkebun

Melibatkan anak dalam membantu pekerjaan rumah tangga bisa membangun kebiasaan baik sejak kecil, selain itu anak-anak pun akan punya kegiatan yang membuat mereka banyak bergerak. Tidak perlu yang berat, Ibu bisa meminta mereka untuk membereskan mainan atau memungut sampah yang berserakan. Ayah pun bisa mengajak anak-anak untuk berkebun dengan menyirami tanaman dan memotong rumput. Anak saya biasanya suka ikut membersihkan halaman bersama ayahnya lalu memberikan makan untuk ayam peliharaan kami. Kegiatan sederhana ini ternyata sangat menyenangkan bagi mereka. Anak-anak merasa lebih dihargai dengan dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan oleh orang tuanya.

Istirahat yang Cukup dan Nutrisi Tubuh


Hal penting selanjutnya yang membuat anak tetap aktif dan ceria adalah istirahat yang cukup serta kecukupan nutrisi yang berasal dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Anak-anak perlu asupan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan zat baik lainnya. Untuk anak-anak yang aktif biasanya asupan gizi mereka didukung dengan susu pertumbuhan yang mengandung omega 3 dan 6 yang mendukung daya pikirnya menjadi anak Generasi Maju. Sebagai orang tua kita perlu memilih yang mengandung nutrisi yang tepat. untuk melengkapi kebutuhan omega 3 dan 6 si kecil.  Salah satunya dengan memberikan susu SGM Eksplor 3 Plus setiap hari yang mengandung minyak ikan dan omega 3 & 6 yang mendukung si kecil semangat beraktifitas dan belajar. SGM Eksplor dengan Complinutri yang mengandung minyak ikan ,omega 3 dan nutrisi penting lainnya dukung si kecil tumbuh jadi anak generasi maju

Wednesday, August 28, 2019

Tips Cegah Diabetes untuk Ibu Hamil dengan Beberapa Langkah Berikut Ini

7:59:00 PM 0 Comments

Seiring berjalannya waktu, penyakit Diabetes yang pada awalnya banyak dialami oleh orang-orang lanjut usia, semakin kesini mulai menyerang anak-anak mudah dengan rentang usia dibawah 30 tahun. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Gaya hidup yang cenderung tidak sehat sering kali dijadikan sebagai pemicunya.

Tak hanya anak-anak muda saja, bahkan ibu hamil pun juga patut untuk waspada. Terbukti bahwa jumlah penderita diabetes kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut terbukti dari data WHO (World Health Organization) yang mengungkapkan bahwa sebanyak 422 juta orang dewasa mengalami diabates pada tahun 2014 dan diabates juga telah menyebabkan kematian kepada 1,5 juta pada tahun 2012.

Jelas saja angka tersebut sama sekali tidak kecil. Maka dari itu, menganut gaya hidup sehat sangatlah penting untuk dilakukan, khususnya bagi para ibu hamil. Menjaga kesehatan kandungan merupakan kewajiban bagi setiap calon ibu. Banyak sekali hal-hal yang dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes, seperti rutin melakukan pengecekan diabetes hingga mengkonsumsi makanan penurun gula darah untuk ibu hamil.

Nah, bagi anda yang saat ini tengah mengandung, yuk mulai melakukan beberapa langkah guna mencegah penyakit diabetes.

Mencegah Diabetes untuk Ibu Hamil

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Diabetes

Mengecek kondisi kesehatan bagi ibu hamil sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin, termasuk untuk melakukan pemeriksaan diabetes. Lakukanlah pemeriksaan setidaknya 6 hingga 12 minggu setelah bayi lahir. Untuk melakukan pemeriksaan secara normal, anda bisa melakukannya setiap 3 tahun.

Namun, bila setelah pengecekan hasil menunjukan bahwa gula darah anda justru lebih tinggi dari biasanya tetapi belum terlalu tinggi untuk dikalisifikasikan sebagai penyakit diabetes, hal itu dikatakan sebagai pradiabetes dan anda dapat melakukan pengecekan secara rutin setiap tahunnya.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Kondisi kesehatan, termasuk diabetes yang terjadi pada ibu hamil harus selalu dijaga melalui pola makan sehari-hari. Ada banyak sekali makanan penurun gula darah untuk ibu hamil yang dapat dijadikan pilihan. Nah, jika anda bingung, makanan penurun gula darah untuk ibu hamil yang baik ialah sebagai berikut:

  • Aneka buah-buahan segara, beku, ataupun kaleng
  • Daging, ayam, dan kalkun dengan kulit yang dibuang
  • Ikan
  • Dairy product seperti susu rendah lemak, keju dan yogurt
  • Sayur-sayuran, gandum utuh, biji-bijian kering, dan kacang polong

Selain makanan, hal lain yang juga dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan secara signifikan yaitu keaktifan dalam bergerak. Cobalah untuk bergerak secara aktif selama setidaknya 30 menit setiap harinya.

Perlu diperhatikan bahwa kondisi diabetes pada ibu hamil dapat berdampak secara permanen bila sang ibu tidak mampu mengendalikan berat tubuhnya. Maka dari itu, ada baiknya pula bila anda mencoba untuk mengembalikan berat badan sehat dan normal.

Menjaga kesehatan bagi ibu hamil sangatlah penting, karena kondisi apapun yang dialami akan berdampak kepada sang buah hati yang tengah dikandung. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan olah raga secara rutin serta mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang baik untuk tubuh.

Walau terdengar sepele, penyakit diabetes telah terbukti mengakibatkan kematian dengan angka yang cukup tinggi di dunia, sehingga masyarakat memang patut untuk mewaspadai penyakit satu ini, tidak hanya bagi ibu hamil melainkan juga masyarakat secara luas. Nah, selain jenis-jenis makanan yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi lho makanan penurun gula darah lainnya yang bisa dijadikan pilihan anda.

Ingin tahu makanan apa sajakah itu? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/hari-diabetes-ini-5-makanan-penurun-gula-darah/

5 Pilihan Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kamu yang Kuliah di Jurusan Sastra Inggris

6:58:00 PM 0 Comments

Terkadang, hingga sampai saat ini, masih ada saja pertanyaan, "Ambil kuliah jurusan sastra Inggris, nanti bakal kerja jadi apa dan di mana? Jadi guru bahasa Inggris?". Akan tetapi, bagi kamu para mahasiswa jurusan sastra Inggris, tidak perlu berkecil hati dan khawatir terkait pertanyaan itu ya. Karena, saat ini lapangan pekerjaan jurusan sastra Inggris sudah sangat banyak dan luas. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki gaji besar loh.

Pasalnya, kini kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dan diterapkan untuk semua pekerjaan. Bahkan pilihan karir untuk para mahasiswa jurusan sastra Inggris juga tidak terbatas pada sektor pendidikan saja. Namun, tentu saja kamu perlu memiliki niat dan keahlian lebih untuk bisa mendapatkan pekerjaan impianmu dan pekerjaan bergaji besar. Apa saja pilihan pekerjaan jurusan sastra Inggris? Berikut daftar pilihannya:

1. Public Relations dan Marketing

Pekerjaan jurusan sastra Inggris pertama yang bisa kamu coba adalah menjadi public relation dan marketing. Terlebih, tidak hanya pandai mengalisa, kreatif dan pandai menulis serta bicara, kemampuan bahasa Inggris kamu juga sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang PR dan marketing. Apalagi posisi ini seringkali harus bertemu dengan klien asing. 

Begitu juga dengan marketing, karena seorang marketing mengharuskan kamu untuk mencapai target tujuan. Namun, dibalik target yang tinggi, gaji seorang PR dan marketing juga akan mengikuti standar targetmu. Meski begitu, pekerjaan ini termasuk posisi yang sangat diminati mahasiswa jurusan sastra Inggris loh. 

2. Bekerja di Start Up

Seperti yang kita tahu, kini perusahaan Start Up sudah sangat banyak di berbagai bidang. Meski berintis benar-benar dari nol, tak sedikit perusahaan Start Up yang langsung melejit. Nah, perusahaan Start Up ini juga termasuk peluang yang besar bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan jurusan sastra Inggris yang keren dan bergaji besar.

Pasalnya, biasanya Start Up bisa berdiri dengan banyak kerjasama dengan perusahaan luar negeri yang sekaligus pemegang saham, sehingga rekan-rekan kerja di dalam Start Up kamu nantinya adalah kebanyakan orang-orang asing. Sehingga kemampuan bahasa Inggrismu pasti akan berguna. 

Selain itu, banyak juga posisi baru yang ditawarkan oleh perusahaan Start Up. Seperti staf HRD, Content Creator, product Owner, ataupun posisi di level manajerial bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman organisasi dan kerja yang cukup. Gajinya pun tak main-main, perusahaan Start Up bisa memberikanmu gaji yang bisa lebih besar, ketimbang perusahaan biasa yang standarnya adalah UMR. 

3. Jurnalis 

Selain mahasiswa jurusan ilmu komuniasi atau broadcasting, bagi kamu mahasiswa jurusan sastra Inggris juga bisa loh melamar sebagai jurnalis media. Karena, selain mencari berita dan informasi terkini, seorang jurnalis juga harus pandai menulis, merangkai kata dan berbahasa. 

Apalagi jika kamu harus mewawancarai orang asing, atau harus meliput berita ke luar negeri. Selain mengasyikan pekerjaan jurusan sastra Inggris ini memang menjadi salah satu pekerjaan yang disukai mahasiswa yang senang bekerja lapangan dan bertemu orang baru. 

4. Pramugari 

Selain cantik, tinggi dan menarik, seorang pramugari juga harus pandai berbahasa asing loh. Sehingg, pramugari juga bisa menjadi salah satu pekerjaan jurusan sastra Inggris yang keren dan bergaji tinggi. Karena skill berbahasa Inggris maupun bahasa asing lain, menjadi persyaratan utama bagi seorang pramugari. 

Terlebih, pekerjaan pramugari tidak hanya menyiapkan perlengkapan penumpang di pesawat. Melainkan harus menyambut, berkomunikasi, dan memberikan pelayanan yang baik untuk penumpang. Apalagi, jika penerbangan yang kamu pilih adalah penerbangan internasional. Karena, kamu akan bertemu dengan orang-orang asing. 

5. Pemandu Wisata

Untuk pekerjaan jurusan sastra Inggris yang satu ini mungkin akan sangat menyenangkan, karena kamu akan merasakan asyiknya traveliing setiap hari. Seorang pemandu wisata, memang diharuskan memiliki keahlian berbahasa yang bagus, baik bahasa Indonesia atau bahasa asing. 

Karena, turis yang datang bisa saja berasal dari turis interlokal atau luar negeri. Sehingga sebisa mungkin kamu harus bisa berkomunikasi dan menjelaskan dengan baik dengan bahasa mereka. 


Nah, itu dia beberapa pekerjaan jurusan sastra Inggris yang bisa dijadkan pilihan. Selain keren, beberapa pekerjaan di atas juga memiliki gaji yang tergolong besar. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dan takut akan sulitnya mendapatkan pekerjaan untuk jurusan sastra. 

5 pekerjaan keren lainnya untuk jurusan sastra dan bahasa asing, juga bisa kamu ketahui di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/

Ini Cara Pinjam Uang 10 Juta Langsung Cair Untuk Berbagai Kebutuhan

6:35:00 PM 0 Comments

Setiap orang memiliki berbagai kebutuhan yang harus dicukupi. Berbagai cara untuk menghimpun pendapatan pun dilakukan. Mulai dari bekerja sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan, membuka usaha sampingan, atau bahkan menjual jasa dari kemampuan diri yang dimiliki. Meskipun begitu, terkadang selalu saja ada kebutuhan lain yang sulit kita penuhi dengan dana tabungan uang tunai. Sehingga cara cepat pinjam uang 10 juta atau nominal lainnya dibutuhkan.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan pengajuan pinjam uang 10 juta untuk berbagai kebutuhan. Namun, penggunaan serta pembayarannya harus anda atur secara sistematis agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Anda tentu tidak ingin jika pinjam uang 10 juta malah berujung pada kredit macet dan anda malah sulit mendapat pinjaman lagi di lembaga keuangan lain karena riwayat pinjaman yang tidak baik tersebut. Maka dari itu, anda harus menyesuaikan nominal pinjaman dengan kemampuan membayar dan kondisi keuangan anda saat ini dan perkiraannya di masa depan selama masih dalam masa tenor pinjaman.


Manfaatkan Lembaga Keuangan Digital

Dengan kemajuan teknologi saat ini, industri keuangan dan perbankan juga turut maju selaras. Lembaga keuangan itu menggunakan berbagai fitur teknologi yang memudahkan calon kreditur melakukan pinjam uang 10 juta dengan cara mudah dan pencairan yang cepat. Jika anda jeli memanfaatkan lembaga keuangan digital ini, anda tentu sudah tahu sedikit informasinya.

Saat ini, setidaknya sudah ada layanan kartu kredit digital, jaga gadai dengan pengajuan online, hingga perusahaan financial technology (fintech) yang bermunculan. Masing-masing dari ketiganya tentu saja memiliki keunggulan. Kartu kredit digital memungkinkan anda untuk membeli berbagai barang dengan sistem pay later atau bayar nanti secara kredit, namun terbatas peruntukkannya.

Kemudian, menggadai berarti anda bisa menjaminkan aset (seperti gadai emas, barang elektronik, gadget, atau kendaraan bermotor) untuk mendapatkan dana segar. Sedangkan perusahaan fintech menjalankan fungsinya sebagai lembaga pembanding dan perantara untuk mengajukan kredit ke berbagai lembaga keuangan.

Jika anda ingin mengajukan pinjam uang 10 juta, maka yang paling mudah adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di fintech. Ini disarankan karena termasuk cara termudah. Dimana anda tak perlu menjaminkan aset apapun demi mendapat pencairan dana yang tidak terbatas penggunaannya untuk berbagai kebutuhan. Prosesnya pun mudah karena dilakukan secara online. Dengan koneksi internet di dalam gadget, anda bisa mengajukan pinjam uang 10 juta tanpa harus bolak-balik mengunjungi kantor bank yang biasanya memiliki jam operasional yang terbatas.

Baca juga: Tips Menabung Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Perhatikan Kelegalan Fintech

Meskipun dikenal mudah, pengajuan pinjam uang 10 juta di fintech tetap memerlukan kewaspadaan. Pastikan perusahaan fintech itu terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, kelegalan fintech yang anda tuju bisa dipastikan kebenarannya. Hal ini penting, agar anda terhindar dari praktik lembaga keuangan ilegal dan transaksi keuangan yang beresiko melanggar hukum.

Selain memastikan kelegalan, anda juga harus menyimak secara lengkap ketentuan pinjaman. Pelajari segala resiko dan kemungkinan yang bisa saja terjadi. Seperti apakah ada toleransi jika terjadi penundaan pembayaran, kemungkinan pemangkasan suku bung ajika bisa menyelesaikan kredit lebih cepat, dan lain sebagainya.

Salah satu fintech yang terpercaya di Indonesia adalah CekAja.com. Melalui situs resminya, anda bisa membandingkan produk KTA yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar, dan mengajukannya secara online. Selain mudah, suku bunga yang ada juga cukup rendah yakni mulai dari 0,65 persen dengan masa pencairan sekitar satu minggu saja. Adapun syarat untuk mengajukan KTA di CekAja.com sebagai berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi BPKB kendaraan (optional)
  • Fotokopi Kartu Kredit (opsional)
  • Slip gaji

Dengan pinjam uang 10 juta, anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Namun jika anda tertarik untuk menggunakannya dalam rangka membuka usaha, anda bisa memilih rekomendasi pilihan bisnis dengan modal pinjam uang 10 juta berikut ini: https://www.cekaja.com/info/4-pilihan-bisnis-yang-bisa-dimulai-dengan-modal-pinjam-uang-rp10-juta/

Saturday, August 24, 2019

Resep Donat Kentang Susu, Enak dan Lembut

8:09:00 PM 0 Comments
Assalamualaikum bunda jumpa lagi di blog happyummi.com

Siapa nih bun yang anaknya doyan banget nyemil? Ubay dan ghazy dirumah termasuk anak yang suka banget camilan. Pokoknya nggak afdhol kalo tidak siapkan camilan di rumah. Tapi sebagai ibu ya saya sering dilema kalo mau stok camilan instan terus. Takut nggak sehat untuk anak anak
Nah semenjak pindah di perumahan saya tidak ada warung yang dekat dan jarang juga ada makanan yang lewat. Jadi ini memacu saya untuk buat camilan sehat home made untuk anak-anak.

Oya ini pertama kalinya saya berhasil bikin donat hahaa.. Ternyata asal ngikuti resep dan caranya bisa jadi donat kentang yang lembut dan enak. Nah boleh coba ya resep nya, walaupun bentuknya belum mulus,rasa nyaa dijamin enak karena saya pake susu SGM Eksplor juga didalam adonannya. Donat sangat dusukai anak anak, hanya ditabur gula halus aja terasa enak apalagi ditambahin kentang yang kaya gizi sehat dan mengeyangkan deh. Yang mau coba juga dirumah silahkan cek resep dan caranya di bawah ini ya bun


Resep donat kentang susu


450 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung protein rendah
100 gram gula pasir
10 gram ragi instan
50 gram susu SGM Eksplor
200 gr kentang kukus yang dihaluskan
100 ml air es
75 gr kuning telur
75 gram butter
7 gr garam

Cara membuat Donat Kentang

1. Mixer campuran tepung, gula,ragi, dan susu SGM Eksplor
2. Masukkan kentang halus
3. Masukkan air es dan telur sampai setengah kalis
4. Tambahkan butter dan garam lalu uleni hingga halus
5. Tutup dengan serbet diamkan 30 menit, setelah mengembang kempiskan adonan, hilangkan udaranya
6. Bulatkan kecil lalu diamkan lagi 20 menit
7. Bentuk bulatan seperti donat lalu goreng dengan api sedang,  beri toping sesuai selera

#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor

Thursday, August 22, 2019

Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan Alergi Susu Sapi

3:40:00 PM 0 Comments
Sedih memang kalau si kecil mengalami alergi yang sangat mengganggu aktfitasnya. Berapa waktu yang lalu ghazy mengalami alergi dengan gatal-gatal di kulitnya. Ada bentol berisi cairan di telapak tangan yang kemerahan juga dibagian wajah. Saya cemas sekali karena sudah dua kali berobat tidak mengalami perubahan yang berarti. Sehingga di terakhir periksa, gatal-gatalnya diperiksa oleh dokter dan kemungkinan disebabkan oleh debu dan bisa jadi makanan. Jadi dokter mengharapkan saya untuk melihat reaksi ghazy jika makan sesuatu termasuk susu.

Nah bunda pernah nggak si kecil mengalami alergi setelah mengkonsumsi susu sapi? Bisa jadi buah hati mengalami alergi susu sapi. Alergi susu sapi biasanya muncul karena reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh setelah mengonsumsi protein susu sapi. Susu sapi mengandung sejumlah protein dan nutrisi penting bagi tumbuh kembang anak. Sistem kekebalan tubuh buah hati yang mengalami alergi susu sapi akan memberikan respons berlebihan terhadap kandungan susu sapi

Gejala Alergi Susu Sapi


Gejala alergi susu sapi umumnya berbeda-beda pada setiap anak, meski secara umum gejala yang muncul bisa terdiri atas:

Gatal-gatal.
Anak merasakan sensasi sengatan di sekitar mulut dan bibir.
Napas berbunyi.
Sesak napas.
Batuk.
Gangguan pencernaan.
Kembung.
Kram perut.
Mual dan muntah.
Bengkak pada bibir, lidah atau amandel.
Ruam pada kulit.

Gejala alergi susu sapi sangat bervariasi; demikian juga waktu terjadi dan intensitas kemunculannya. Gejala bisa saja muncul mulai dari hitungan menit, jam, bahkan beberapa hari setelah mengkonsumsi susu sapi.

Jumlah susu sapi yang dikonsumsi dan kondisi kesehatan anak menjadi hal yang harus diperhatikan juga. Ini karena parah tidaknya alergi susu sapi pada anak dapat diukur dari kedua hal tersebut. Gejala alergi susu sapi yang muncul sehari setelah minum susu ditandai dengan:

Flu.
Mata berair.
Napas berbunyi.
Ruam dan gatal sekitar mulut.
Eksim.
Kram perut.
Rewel atau anak tak berhenti menangis.

Selain gejala di atas, alergi susu sapi pada anak juga dapat menyebabkan anafilaksis. Ini adalah reaksi alergi parah yang dapat menyebabkan penyempitan pernapasan. Karena itu, Bunda mesti waspada bila gejala alergi yang muncul berupa sesak napas. Jika hal ini terjadi, Bunda mesti segera membawa anak ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan segera.

Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan (3K)

Untuk mengatasi alergi susu sapi ada 3 hal yang perlu bunda lakukan yaitu kenali, konsultasikan juga kendalikan. Kita perlu mengenali jenis alergi anak lalu segera bawa ke dokter jika buah hati mengalami gejala di atas seperti yang sudah dijalaskan. Dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan diagnosis, pengobatan, dan menentukan langkah pencegahan yang sesuai.

Selanjutnya adalah Kendalika. Alergi susu sapi bisa dikendalikan. Bunda sebaiknya fokus pada imunoterapi atau peningkatan daya tahan tubuh anak. Penanganan untuk anak dengan gejala alergi susu sapi adalah tata laksana nutrisi dan tata laksana pengobatan Pemberian nutrisi dan obat harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.   Dokter kemudian akan melakukan serangkaian diagnosis fisik untuk memeriksa gejala-gejala yang dialami. Dokter akan bertanya kepada Bunda tentang gejala-gejala yang dialami anak, serta ada atau tidaknya catatan harian berisi daftar makanan serta minuman yang pernah dikonsumsi anak. Jadi, sebaiknya Bunda rajin mencatat makanan dan minuman apa saja yang diberikan untuk buah hati setiap harinya.

Hasil diagnosis yang dikumpulkan dokter akan diteliti dan selanjutkan dokter akan memeriksa fisik buah hati diambil tindakan pemeriksaan fisik. Bila dirasa perlu, dokter akan merekomendasikan tes alergi seperti berikut:

Tes darah

Tes darah berguna mengukur jumlah antibodi immunoglobulin E (lgE) yang dihasilkan tubuh. Antibodi memiliki peran yang penting dalam memerangi berbagai gejala dan risiko penyakit yang menyerang tubuh.

Tes Kulit

Pada tes kulit, dokter akan membuat tusukan kecil di permukaan kulit anak. Setelah itu, protein susu dalam jumlah kecil akan diletakkan pada area kulit tersebut. Apabila positif terkena alergi, muncul benjolan dan terasa gatal di area kulit yang terpapar protein susu.
Jika buah hati mengalami anafilaksis, Bunda harus segera membawa si Kecil ke rumah sakit. Ini diperlukan guna mengantisipasi jika terjadi reaksi alergi susulan serius lain.

Tata laksana nutrisi untuk si Kecil dengan alergi susu sapi antara lain sebagai berikut:
Terapi penanganan alergi susu sapi pada balita biasanya dilakukan melalui cara-cara berikut ini:

Pemberian ASI
ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk buah hati yang diberikan secara eksklusif selama 6 bulan pertama usianya, hingga beberapa tahun ke depan. Cara ini paling disarankan supaya buah hati terhindar dari alergi susu sapi.

Pemberian Susu Formula Alternatif
Susu formula protein terhidrolisa ekstensif

Susu formula soya  merupakan nutrisi alternatif untuk anak dengan alergi susu sapi. Susu formula soya telah difortifikasi dengan zat gizi makro dan mikro untuk mendukung tumbuh kembang optimal.

Susu Formula Asam Amino
Pastikan Ibu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memberikan nutrisi alternatif untuk si Kecil dengan alergi susu sapi.

Asal dikendalikan dengan tepat, alergi susu sapi dan intoleransi laktosa bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan. Bila perlu, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak dan pihak rumah sakit untuk memperoleh informasi lebih lengkap terkait alergi susu sapi.

Tidak perlu khawatir apabila buah hati memiliki alergi susu karena saat ini sudah lebih banyak tersedia alternatif pengganti susu sapi. Namun, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter dulu pilihan yang mana yang paling tepat dengan kondisi buah hati agar proses tumbuh kembangnya tetap berjalan optimal. Saya sendiri menyarankan bunda mengkonsumsi SGM Eksplor Advance+ Soya mengandung Isolat Protein Soya berkualitas yang memang menjadi solusi untuk anak yang mengalami alergi susu sapi. Si Kecil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup dan bisa bermain dan belajar dengan lancar seperti anak lainnya. SGM Soya pun bantu penuhi nutrisi si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi. Dukung si Kecil memiliki potensi prestasi dengan 5 Kebaikan ComplinutriSoy+, agar ia tumbuh jadi Anak Generasi Maju!


5 Kebaikan ComplinutriSoy+ Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi dengan SGM Eksplor Advance+ Soya yang mengandung 5 Kebaikan ComplinutriSoy+. Mengandung 100% Isolat Protein Soya berkualitas, Minyak Ikan, Omega 3&6, Bebas Laktosa, Sumber Serat, serta 13 Vitamin & 7 Mineral. Tersedia dalam rasa Madu & Vanila yang enak. Dukung Potensi Prestasi si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi agar ia jadi Generasi Maju.

referensi
https://www.generasimaju.co.id/alergianak/artikel/kenali/hal-yang-bunda-perlu-ketahui-seputar-alergi-susu-sapi
https://www.generasimaju.co.id/alergianak/artikel/kenali/deteksi-dini-alergi-pada-anak


Thursday, August 15, 2019

Ini Dia Tips Memilih Nama Domain untuk Blog

4:33:00 PM 0 Comments


Sering bingung ga sih memilih nama domain untuk blog?
Saya awalnya bingung loh! Dulu saya sempat membuat nama blog yang panjang untuk blog ini, tapi akhirnya saya sadar bahwa nama domain yang terlalu panjang dan sulit dieja malah tidak baik buat blog kita.

Kenapa sih nama domain sangat penting?

Domain menjadi sangat penting karena domain ibarat identitas kita dan alamat rumah di dunia maya. Orang-orang akan mengenal blog kita bermula dari nama domain yang dipilih. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. ketika orang lain mengetikkan alamat tersebut di mesin pencari, yang muncul adalah website (rumah) kita.

Nama domain sendiri bisa terdiri dari:

  • Kata yang tersusun dari huruf, angka, tanda (-) baik yang terbaca maupun tidak terbaca
  • Ekstensi nama domain seperti .com, .net, .id, dan lainnya yang akan dijelaskan di bawah. Contoh nama domain: www.happyummi.com

Mengenal domain TLD ( Top Level Domain )

Pengertian domain TLD merupakan sebuah bagian dari nama Domain atau alamat website yang terletak dibagian kanan sampai tanda titik. misalnya untuk nama Domain www.happyummi.com Top Lavel Domainnya adalah .com. Top Level Domain sendiri terbagi menjadi dua yaitu Global Top Level Domain ( gTLD ) contoh domain TLD antara lain .com, .net, .org, .gov, .sch, .ac dll  dan Country Code Top Level Domain (ccTLD) contohnya .id, .sg, .uk, dan lain sebagainya. Dibawah ini contoh penggunaan nama Domain untuk keperluan penamaan website.


Contoh Penggunaan Global Top Level Domain

1. .Com : digunakan untuk situs atau website komersial atau perusahaan.
2. .Net : digunakan untuk situs atau website network infrastruktur.
3. .Org : digunakan untuk situs atau website organisasi.
4. .Info : digunakan untuk situs atau website informasional.
5. .Name : digunakan untuk situs atau website keluarga atau personal.
6. .Edu : digunakan untuk situs atau website pendidikan dan terbatas hanya untuk pendidikan.
7. .Mil : digunakan untuk situs atau website angkata bersenjata atau Militer.
8. .biz : digunakan untuk situs atau website Bisnis.
9. .tv : digunakan untuk situs atau website Entertainment misalnya Televisi, Radio atau majalah.
10. .travel : digunakan untuk situs atau website Bisnis Pariwisata.
11. .xxx : digunakan untuk situs atau website Pornografi (masih di ajukan).
Contoh Penggunaan Country Code Top Level Domain
1. cn : digunakan untuk situs atau website di negara China
2. .id : digunakan untuk situs atau website di negara Indonesia
3. .my : digunakan untuk situs atau website di negara Malaysia
4. .sg : digunakan untuk situs atau website di negara Singapura
5. .uk : digunakan untuk situs atau website di negara Amerika

Tips Memilih Nama Domain untuk Blog

Karena pemilihan nama domain mempengaruhi branding kita nantinya maka kita perlu memikirkan secara matang nama domain yang dipilih sebelum kita beli domain. Nah berikut beberapa tips yang bisa teman-teman pertimbangkan dalam memilih nama domain:

1. Nama Singkat dan Mudah Diingat

Nama domain yang dipilih sebaiknya singkat, semakin singkat semakin baik. Dalam banyak kasus di internet, nama domain yang singkat dapat memberikan kontribusi penjualan dan promosi yang cukup baik. Nama domain yang mudah diingat akan membuat pengunjung lebih sering datang kembali dan mempengaruhi traffic kita.

2. Mudah di Eja

Nama domain sebaiknya mudah dibaca dan di eja. Jika nama perusahaan adalah CV maju mundur maka nama domain bisa jadi majumundur.co.id karena mudah diingat dan memiliki bunyi yang bermakna sama dengan nama perusahaan. Atau jika domain untuk blog pribadi banyak orang memilih nama domain dengan nama sendiri misalnya riafasha.com yang membuat orang menjadi tahu siapa pemilik blog hanya dengan membaca domain nya saja.

3. Berhubungan dengan Isi dari website anda

Sebaiknya nama yang dipilih berkaitan dengan isi dari website anda, semisal kita memilih domain untuk blog travelling maka kita bisa membuat nama domain yang berhubungan dengan travelling. Atau ketika isi blog merupakan kumpulan resep makanan kita bisa membuat nama domain yang berhubungan dengan masakan seperti dapurummi.web.id ,  ini merupakan nilai tambah bagi kitaa untuk mempromosikan situs kepada orang lain.

4. Hindari Nama Domain Yang Buruk

Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan tentunya image kitaa sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain mengandung kata-kata yang berbau SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs kita.

5. Hindari Penambahan Karakter Pada Domain

Bila memungkinkan, hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain anda. Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan – ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka  kita menggunakan tanda minus (-).

6. Beli Domain Dari Registrar Terpercaya

Beli domain hanya dari registrar yang terpercaya dengan harga terjangkau. Salah satu registrar domain yang saya gunakan adalah qwords.com. Saya pun membeli domain blog Happy Ummi di Qwords. Selain bisa beli domain murah disini, fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Selama pemakaian tidak pernah ada kendala dan costumer servicenya enak untuk ditanya-tanya.
Semoga informasi tentang tips memilih nama domain untuk blog tadi bermanfaat ya!


Tuesday, August 13, 2019

Dukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju dengan Nutrisi dan Stimulasi

10:26:00 PM 0 Comments

Menjadi orang tua adalah anugerah besar yang dititipkan Allah kepada saya. Memiliki dua orang anak laki-laki yang sehat dan ceria menjadi kebahagiaan yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Seperti orang tua lainnya, saya berharap Ubay memiliki masa depan terbaik sesuai dengan yang mereka cita-citakan. Tentu saya akan berjuang untuk memastikan mereka menjadi anak generasi maju serta mendapatkan kesuksesan dan kehidupan lebih baik di masa depan.

Setiap anak itu unik dan memiliki potensi pada diri mereka yang bisa dikembangkan. Tugas orang tua untuk dapat memahami tahapan dan aspek tumbuh kembang anak. Lalu mengoptimalkan potensi yang ada pada dirinya agar makin terasah menjadi anak generasi maju.

Aspek tumbuh kembang anak yang jangan sampai dilewatkan oleh orang tua adalah aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial. Kelima aspek fundamental ini nantinya bisa dikembangkan agar anak memiliki  5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri. Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mendukung Ubay untuk memiliki potensi prestasinya:



Cerdas Kreatif

Anak yang cerdas adalah anak yang cepat mengerti dan menangkap sesuatu serta banyak ide. Saya awalnya sempat khawatir saat ubay mengalami kesulitan bicara. Bahkan banyak yang bertanya kenapa Ubay masih gagap waktu umurnya hampir menginjak 3 tahun. Tapi saya percaya bahwa Ubay anak yang cerdas, hanya butuh stimulasi agar ia bisa berbicara dengan lancar.

Alhamdulillah usaha saya saat itu tidak sia-sia. Saya bertekad untuk merubah pola pengasuhan. Saya menjauhkan gadget dari Ubay, menggantikannya dengan buku-buku juga bercerita. Setiap saat saya mengajaknya ngobrol, bermain flash card bermacam benda hingga akhirnya gagap Ubay hilang.

Kini bisa dikatakan dia jadi anak yang selalu ingin tahu segala hal. Semua ingin ditanyakan yang membuat saya kadang kualahan. Tapi di satu sisi saya bahagia karena Ubay tumbuh jadi anak yang cerdas kreatif, ada saja ide yang muncul dipikirannya. Bahkan hal yang tidak masuk logika nya tidak dengan mudah ia terima. Contohnya saja kenapa saat main gunting batu kertas, saat kertas melawan batu kenapa malah kertas yang menang. Atau saat ia meminta diantarkan bertemu Nabi Muhammad dengan mengendarai motor dan banyak pertanyaan ajaib lainnya.

Untuk mendukungnya menjadi anak cerdas kreatif walau ia belum bersekolah, saya menciptakan suasana sekolah di rumah agar Ubay menyukai aktifitas belajar. Harapannya kelak kata belajar adalah hal yang menyenangkan baginya. Pagi hari kami membaca buku dan kadang bereksperimen misalnya melihat benda yang bisa tenggelam atau mengapung. Setelahnya saya bebaskan ia bermain atau membantu saya di dapur sambil mengenal dasar memasak dan bahan-bahan makanan. Biasanya dia akan antusias dan lahap makan jika ikut membantu memasak.

Oya untuk nutrisi otak nya sangat penting memilih makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6. Alhamdulillah Ubay doyan banget ikan, telur, maupun susu SGM Eksplor 3 Plus sehingga mendukungnya jadi anak yang cerdas dan kreatif. Karena sebelum stimulasi yang penting bagi anak adalah nutrisi. Gimana anak mau cerdas jika asupan nutrisinya kurang kan?

Tumbuh Tinggi dan Kuat

Untuk mengecek kesehatan dan perkembangan fisiknya sesuai dengan umur, saya setiap bulannya mengunjungi posyandu atau puskesmas. Ubay dan ghazy akan diukur tinggi juga beratnya dan disesuaikan dengan buku KMS. Alhamdulillah sejauh ini grafik di KMS selalu naik. Begitupun dengan tinggi badan, mereka cukup tinggi dibandingkan anak seusianya.

Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana anak-anak tubuhnya bisa tinggi. Terutama ghazy yang belum genap dua tahun tapi perawakan badannya seperti anak 3 tahun lebih. Awalnya mungkin faktor keturunan mengingat suami saya punya tubuh yang tinggi. Selanjutnya 3 faktor penting penunjang anak tinggi dan kuat adalah nutrisi, olahraga dan istirahat yang cukup.

Untuk mengoptimalkan tinggi badan makanan dan minuman yang penuh kalsium, besi, dan vitamin A sangat baik. Kalsium banyak terdapat dalam susu dan produk olahannya. Zat besi banyak terdapat pada daging merah dan hati hewan, sedangkan vitamin A banyak terdapat pada wortel, labu kuning, kentang dan brokoli. Selain itu, makanan yang tinggi protein juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang anak seperti ikan, daging, tempe dan tahu agar ia tumbuh tinggi menjulang.

Nah selanjutnya adalah olahraga. Setiap harinya saya memberikan waktu khusus untuk anak-anak beraktifitas di luar rumah, entahkan itu lomba lari, memanjat atau bersepeda. Aktifitas fisik atau olahraga akan menstimulasi pertumbuhan tulang nya dan menghindari resiko obesitas pada anak. Dan terakhir adalah tidur yang cukup. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon yang dapat menstimulasi pertumbuhannya.

Supel

Saya selalu bilang ke Ubay untuk selalu berusaha menjadi baik kepada siapapun. Baik itu pada orang yang lebih tua, teman sepermainan maupun adik yang lebih muda. Anak yang supel pasti disukai siapa saja, anak supel akan mampu bekerja sama, berbagi , bersikap sopan santun juga menjadi teman yang bisa dipercaya.
Agar anak-anak menjadi supel saya mulai mengajarkannya dari rumah. Setiap berkomunikasi saya berusaha untuk selalu menatap matanya, bersikap ceria saat ia bercerita dan mengajaknya untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Syukurlah hingga kini ia menjadi anak yang disukai teman-teman dan suka berbagi. Begitupun saat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, Ubay suka menyapa siapapun yang lewat.

Mandiri

Sejak usia 4 tahun saya berupaya untuk menumbuhkan kemandirian pada Ubay. Ia selalu bangga dan senang dikatakan sebagai abang yang mencotohkan hal baik kepada adik Ghazy. Setiap dipuji akan keberhasilannya melakukan sesuatu sendiri, Ubay makin semangat untuk belajar lagi. Sekarang dia sudah bisa mandi dan cebok sendiri walau tetap saya awasi khawatir belum bersih.

Kadang saya pun member kesempatannya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang ia suka seperti menyapu teras, menyiram tanaman, memunguti sampah dan selalu meletakkan piring kotor pada tempatnya. Hal-hal sederhana ini saya harapkan akan tertanam pada kepribadiannya hingga besar nanti. Apapun profesinya nanti, inginnya anak-anak tumbuh jadi pribadi yang mandiri.

Percaya Diri

Bagi saya, percaya diri adalah keyakinan akan diri sendiri. Bukan tentang seberapa banyak piala yang ia dapatkan, tetapi seberapa kuat tekad terhadap apa yang ia ingin sampaikan dan tampilkan.
Jadi sejak kecil saya selalu bilang ke Ubay bahwa dia hebat, dia harus yakin atas apa yang ucap dan perbuat. Sehingga jika nantinya ia dihadapkan dengan sebuah kompetisi, kalah menang bukan lagi prioritas, tapi anak-anak bisa mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga dari setiap kehidupan yang dijalaninya.

Ubay suka sekali menggambar dan mewarnai, katanya ia ingin menjadi arsitek yang ingin membangun banyak rumah untuk orang yang tidak punya rumah, juga membuat masjid yang besar dan bagus di sebelah rumah kami agar Ubay tak jauh lagi jika ingin ke masjid. Saya senang sekali mendengarnya dan menyemengatinya untuk terus belajar agar bisa mengggapai cita-cita.

Pernah dia ikut lomba mewarnai antar anak pra sekolah. Niatan saya untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Dia tidak mengerti tentang menang dan kalah, hanya senang karena bisa mewarnai bersama teman-teman. Di saat orang tua lain membantu mewarnai, Ubay dengan yakin menyelesaikan karyanya sendiri tanpa sedikitpun bantuan saya. Bangga sekali saat itu karena Ubay mulai menunjukkan mental pemenang yang percaya akan kemampuan dirinya. Alhamdulillah ia makin semangat saat menjadi salah satu pemenang. Sebuah hasil karena usaha dan percaya dirinya.

SGM EKSPLOR , Mendukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Perjalanan saya mendampingi Ubay masih panjang. Saya terus berdoa supaya ia bisa menjadi anak generasi maju kedepannya. Saya juga melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan selalu mengkonsumsi Susu SGM Eksplor 3 plus 2x sehari dengan Complinutri yang mengandung minyak ikan dan omega 3 yang sangat baik untuk menunjang kecerdasannya

Selain itu ada beberapa kandungan zat gizi dari SGM Eksplor 3 Plus yang saling mendukung potensi prestasi anak yaitu:
Protein, salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak
Kalsium, membantu dalam pembentukan dan mempertahankan tulang dan gigi
Zink, Vit E juga Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen
Zat besi, merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh
Sumber serat pangan
Vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan perumkaan mata, saluran cerna, saluran pernafasan dan kulit

Nah dengan kebaikan SGM Eksplor 3 plus yang mendukung Nutrisi juga Stimulasi yang sudah saya berikan. Semoga Ubay bisa makin mengembangkan 5 potensi prestasinya sebagai anak generasi maju.

Saturday, August 3, 2019

3 Informasi tentang Ibu dan Anak yang Bisa Ditemukan di Website SGM

11:30:00 AM

Bunda, di era digital seperti sekarang ini semakin mudah untuk mendapatkan aneka informasi penting terkait kesehatan Ibu dan Anak. Banyak website parenting dan kesehatan yang tersedia dan bisa kita baca informasinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah carilah website terpercaya dan akan memberikan banyak ilmu pengetahuan baru untuk bunda. Salah satu favorit saya adalah Website SGM.

Generasimaju.co.id adalah website SGM yang secara umum berisi artikel bermanfaat seperti tentang kehamilan & menyusui, kesehatan bayi, juga kesehatan dan perkembangan anak.  Ada juga informasi menarik lainnya seperti informasi produk, event & promo dan bahkan kita bisa bertanya dengan dokter di menu “Tanya pakar”

Yuk kita intip informasinya!

Kehamilan & Menyusui

Dalam menu ini bunda akan menemukan banyak informasi mengenai kehamilan dan menyusui. Beragam artikel yang tersedia sangat membantuk bunda. Seperti tentang langkah sukses menyusi buah hati. Ada 5 langkah sukses yang bisa dilakukan bunda dalam proses pemberian ASI. Apa saja itu?

1. Posisi yang Tepat
Agar  proses memberikan ASI pun berjalan semakin lancar, bunda harus memiliki posisi yang nyaman saat menyusui. Cari posisi duduk dengan santai yang nyaman, baru mulai memosisikan bayi berdekatan dengan payudara. Gendong bayi dengan lembut dan mantap. Setelah itu, posisikan bagian hidungnya sehingga berseberangan dengan puting Bunda.

2. Memikat Bayi
Nah sebaiknya jangan langsung menyodorkan ASI pada bayi. Gosokkan puting payudara secara lembut ke bagian pipi dan mulut bayi untuk memancing perhatian dan daya penciuman bayi. Bunda juga bisa memeras sedikit tetesan ASI supaya si bayi semakin terdorong untuk menyusu secara langsung.

3. Mengisap Puting
Saat bayi mulai siap mengisap ASI, bantu dengan cara menawarkan puting dengan cepat, tapi tidak tergesa-gesa. Tawarkan dengan lembut agar Setelah bibir bayi menyentuh puting Bunda, ia otomatis akan menurunkan rahang supaya puting Bunda bisa dimasukkan menyentuh langit-langit mulutnya.

4. Membantu Bayi agar ASI mengalir lancar
Nah bunda bisa juga membantu bayi ternyata, Bunda boleh menggunakan jari telunjuk dan jari tengah (seperti membentuk V atau angka 2) tepat di antara puting agar ASI lebih cepat keluar. Usahakan agar jari tidak sampai menyentuh bagian areola (bagian puting berwarna gelap). Bunda juga boleh perlahan-lahan memijat payudara sehingga suplai ASI bisa mengalir semakin lancar.

5. Tahu Kapan Berhenti
Bunda, bayi menyusui umumnya berjalan antara 20-30 menit. Pada beberapa bayi yang sudah mahir, proses menyusui bisa selesai dalam 10-15 menit. Jika bayi sempat tertidur,  sesi menyusui selama 40 menit kerap menjadi patokan yang normal. Jadi, sesi kurang dari 10 menit atau lebih dari 40 menit bisa menjadi pertanda sesi menyusui kurang lancar. Bayi akan melepaskan puting secara alami ketika merasa kekenyangan dan tidak bergelantung dengan kaku.

Informasi tentang Bayi

Selain informasi mengenai kehamilan dan menyusui, saya suka sekali membuka informasi mengenai bayi. Di dalamnya ada berbagai resep MPASI bayi yang bisa bunda coba di rumah. Resep MPASI nya sangat mudah di buat dan tentunya memperhatikan kandungan dan nilai gizi yang cocok untuk perkembangan buah hati sesuai umurnya.

Ada juga informasi mengenai stimulasi yang bisa dilakukan bunda dan ayah di rumah untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Dengan menstimulasi bayi sejak dini, ini akan merangsang kesehatan fisik juga kreativitasnya.

Informasi Bermanfaat tentang Anak

Hampir sama dengan menu bayi. Di website SGM ada pula informasi mengenai kesehatan dan perkembangan anak.  Di menu ini ada banyak artikel juga tips yang bisa bunda dapatkan untuk menghadapi anak yang sedang tumbuh dan mulai banyak akalnya.

Nah masih banyak lagi informasi menarik lainnya di Website SGM yang bisa bunda akses dimana saja.
Semoga bermanfaat

Friday, July 12, 2019

Pengalaman Tak Terlupakan Mengunjungi Aceh

10:21:00 PM 0 Comments
Assalammualaikum pembaca happyummi!


Mengunjungi suatu tempat yang belum pernah datangi memang menyenangkan ya. Apalagi banyak cerita seru selama perjalanan. Nah tantangan #BobeOneWeekNulis kali ini kami diminta menceritakan tentang perjalanan paling berkesan mengunjungi suatu kota.

Kalo ditanya sih setiap perjalanan punya ceritanya sendiri. Saya sudah memulai travelling sejak SMA mengingat saat itu aktif di ekstrakulikuler PMR dan RISMA. Kegiatan PMR paling sering kemah bahkan ke luar kota seperti Palembang dan lampung. Saat kuliah juga begitu, karena aktif ikut lomba karya tulis jadi mengantarkan saya ke banyak kota, Alhamdulillah sudah menjejaki provinsi di Sumatera dan sebagian Jawa. Namun ada satu tempat yang menurut saya sangat berkesan saat saya dan teman-teman di kampus UMB mengikuti MTQ Mahasiswa tingkat nasional yaitu ACEH.

Saat diajak untuk seleksi menjadi kontingen Karya Tulis Ilmiah dalam MTQ Mahasiswa Tingkat nasional saya deg-degan. Walau sudah terbiasa menulis karya tulis, namun masih ada rasa minder mengingat waktu persiapan yang singkat dan berpikir peserta lain dari seluruh Indonesia pasti keren semua. Tapi bismillah deh, saya dan Mba Meri akhirnya mewakili kampus untuk menjadi perwakilan. Selain kami ada juga teman-teman lainnya yang mewakili bidang, musabaqoh, syahril quran, kaligrafi, dll. Disana juga saya akhirnya kenal orang-orang hebat yang sampai sekarang masih jadi teman baik. Ada Mba Vika, Mba Aning, Mba Ratih, Kak Nover, Kak Hardi, Kak Afif, Kak Dani, dan Uni Vera.

Naik L 300 Bengkulu-Aceh

maafkan foto kami yang kepanasan :D

2009, 10 tahun yang lalu. Perjalanan luar biasa itu dimulai, didampingi Pak Djupri, dosen super baik yang rela duduk di depan pintu mobil beserta dua orang supir yang kami sebut supir medan mengendarai Mobil L300. Wow, fantastik bukan. Perjalanan Bengkulu-Aceh naik mobil berhari-hari dengan kondisi mobil yang cukup sempit karena banyak orang dan barang. Jangan tanya gimana panas dan sempitnya? Saya sempat pusing dan mabuk. Tapi syukurlah di dalam mobil ada si munsyid Bang Nover yang kadang melawak bareng Bang Hardi.Perjalanan ini memakan waktu berhari-hari, bahkan kami sempat singgah di beberapa provinsi loh. Di Medan juga kami sempatkan untuk berfoto di Danau Toba.

mampir ke danau toba

Salah Jadwal Lomba

Acara MTQ Nasional berlangsung di Universitas Lhouksumawe. Tempat penginapan cukup jauh dari lokasi acara jadi memang harus stand by soal informasi dan jadwal perlombaan. Saya dan Mba meri sudah wanti-wanti jadwal kami tampil, lalu sehari sebelumnya kami sengaja datang ke lokasi lomba karya tulis untuk melihat peserta lainnya untuk menghilangkan deg-degan. Kami menaiki mini bus yang dibawa super ngebut loh. Saya tanya sama orang Aceh memang kalo disini kalo bawa kendaraan kecepatan nya tinggi. Saya yang nggak biasa jadi keliyengan.

Di saat isi perut rasa teraduk-aduk. Kenyataan setiba disana bikin kaget, kami langsung dipanggil panitia untuk tampil. Ya Allah ini gimana sedangkan semua persiapan tinggal di penginapan.

Seingat saya mba meri membawa flashdisk yang isinya persentasi yang belum di edit. Saya langsung tanya ke panitia kenapa bisa berubah sedang kami belum siap, tapi apa mau dikata kalau kami tidak tampil saat itu maka akan di diskualifikasi. Ya Allah, rasanya campur aduk. Kalau nggak tampil rasanya sia-sia usaha selama ini. Dengan perasan dag dig dug dan persentasi seadanya kami tampil. Sungguh ini seperti ujian akhir doktor, di depan kami ada setidaknya 6 penguji yang punya gelar professor dan doktor. Walau mencoba menjawab semua pertanyaan namun sungguh saya tidak puas dengan penampilan itu, saya pengen nangis kalau bisa menutup muka. Tapi teman-teman lain menguatkan sembari jadikan pelajaran kedepannya.


MTQ Mahasiswa kali ini selain penuh tawa juga airmata. Saat menemani mba ratih tampil di lomba musabaqoh, ia mendapat urutan pertama. Sehabisnya mba ratih nangis karena juga merasa tampil tidak maksimal. Jadilah kami sedih bareng saat itu. Belum lagi banyak yang sakit termasuk kak Nover yang kena malaria dan kami terpaksa mencari undur-undur yang dimasukkan ke dalam buah pisang  untuk mengobati sakitnya.

Lupakan sedih, Lupakan lelah, Jalan-Jalan ke Banda Aceh

Kekecewaan, ketidakpuasan kami tinggalkan di Lhoksumawe. Walau tidak membawa trophy cukup bangga karena di bidang syahril quran kak nover yang tilawah mendapat nilai tertinggi. Untuk melepas penat Pak Djupri mengajak kami mengunjungi Banda Aceh terlebih dahulu sekaligus membeli oleh-oleh khas Aceh untuk keluarga di Bengkulu.

Di Banda Aceh saya bertemu dengan kak Efend yang bersedia menemani keliling Banda. Beliau ini dosen di aceh, saya, kak hardi, dan mba meri kenal karena di forum dudungnet.


Di Banda Aceh kami menyempatkan diri untuk sholat di Masjid Baiturrahman. MashaAllah indah sekali masjidnya. Sebelum memasuki masjid udara terasa panas, namun setelah masuk terasa sekali sejuk dan dinginnya. Saya jadi ingin tidur di sana. Sayangnya saat itu nggak punya kamera bagus untuk dapat foto hehee.. Jadi foto seadanya aja deh.


Oya selain berkunjung ke masjid baiturrahman, kami juga mengunjungi Museum Tsunami di Aceh dan melihat Kapal peninggalan tsunami yang karam hingga ke darat. Kalau di pikir-pikir kapal sebesar itu nggak akan mungkin sampai ke darat, namun dahsyatnya tsunami bisa membawa kapal besar terhempas jauh dari lautan.

Tak lupa saya membeli oleh-oleh untuk keluarga di Bengkulu, ada kopi aceh, mainan jilbab berbentuk rencong, dompet dengan ukiran khas aceh dan beberapa kaos bertuliskan Aceh.

diatas kapal yang karam saat tsunami aceh
Semoga suatu saat nanti bisa kembali ke Aceh lagi untuk mengunjungi tempat yang belum sempat dikunjungi.

Thursday, July 11, 2019

Jangan Bersedih Kalau Impianmu Belum Terwujud

10:31:00 AM 0 Comments

Manusiawi kalo sedih. Memang hati seringkali rapuh kalau kecewa. Apalagi untuk sesuatu yang selalu kamu impikan sejak lama, diangan-angankan tapi ternyata jauh dari kata terwujud. Saya pernah bahkan sering merasakannya. Kadang hati diliputi rasa tak terima akan kenyataan, menyesal terhadap diri sendiri yang nggak mampu. Sedang kalo harus melihat orang lain sering timbul pertanyaan, kok ya saya sudah susah payah tapi hasilnya gini-gini aja, tetapi orang lain mulus banget dapat apa yang diinginkan dan diimpikannya.

La Tahzan, di saat hati lagi pilu begitu saya tersentak akan sebuah tulisan yang berseliweran di beranda. “Tidak perlu iri dengan kesuksesan orang lain, kamu tidak tau apa seberepa keras ia sudah berjuan dan seberapa banyak ia sudah berkorban”

Ya, memang terlalu egois untuk menganggap enteng usaha orang lain. Kesuksesan yang orang lain miliki tentu kita nggak bisa menghakimi seberapa jauh ia berusaha. Siapa tahu ia siang malam bekerja, mengorbankan waktu istirahat yang tak seberapa,  siapa tahu setiap malam ia selalu memohon pada Sang Pemilik Rejeki, siapa tahu setiap saat tak lekang tangannya berbagi.


Ajak Damai Diri Sendiri

Huh, berat ya buat damai sama diri sendiri yang terlanjur diliputi rasa bersalah, rasa tak terima, parahnya menganggap takdir Allah tuh ga adil, kenapa bagian kita yang nggak beruntung. Harusnya ga begini  dan harusnya ga begitu terus berseliweran di pikiran. Ujung-ujungnya kita jadi benci sama diri, liat orang lain bahagia kita yang sakit hati. Ngeri banget!

Biasanya hal seperti ini sering terjadi karena kita nggak mau berdamai sama diri sendiri. Padahal ada banyak hal yang kita bisa lakukan. Oke memang nggak bisa disamakan sama orang lain karena tiap kita punya pertarungan masing-masing. Tiap orang punya potensi untuk jadi berharga dan menjadi lebih baik. Karena ya bagi saya kesuksesan itu bukan melulu soal harta atau jabatan, ada banyak orang yang merasa bahagia hanya dengan berbuat kebaikan. Karena Pintu Rejeki Bisa Datang dari Mana Saja

Perbanyak Syukur

Saya pernah ketemu sebuah keluarga, suami istri bekerja jualan mainan seribuan di depan rumah makan, untung mainan nggak banyak. Tapi berkat keikhlasan dan kerja keras, anak-anaknya bisa sekolah semua sampai sarjana bahkan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik untuk membantu kedua orang tuanya. Satu lagi, mereka selalu baik, bahkan di saat nggak punya selalu ingin berbagi.

Katanya selama masih ada yang bisa diberikan untuk berbagi akan diusahakan.  Saya jadi belajar bahwa syukur adalah kunci penerimaan, kunci kebahagiaan. Lalu bercermin sama diri, dengan segala yang dipunya sekarang kok ya kurang syukur? Gimana Allah mau kabulkan impian kita kalau untuk mensyukuri yang kita punya saja seringkali lupa.

Coba Lagi

Ada orang yang tak perlu banyak mencoba sudah berhasil. Ada orang yang harus berulang kali mencoba baru berhasil, ada yang sudah lelah mencoba namun tak jua berhasil. Kamu diposisi yang mana?

Apapun posisi kita, yang terpenting jangan menyerah untuk mencoba. Kita nggak tau kemana takdir akan membawa, bukankah tugas kita hanya taqwa dan ikhtiar? Hasilnya biar Allah yang menentukan.

Yuk tegapkan badan, bangun lagi gairah untuk kembali menata mimpi, mendoakan mimpi, merajut ikhtiar untuk mewujudkannya. Tinggalkan masa lalu, karena hari masa depan lah yang penting. Berbuat sebaik-baiknya, agar nanti saat diminta pertanggungjawaban kita punya jawaban bahwa kita telah berusaha.

La Tahzan, innallahamaana

Tuesday, July 9, 2019

Bingung Kasih Hadiah ke Istri? Ini 5 Hal yang Bisa Jadi Inpirasi Hadiah untuk Istri

10:55:00 PM 4 Comments
Assalammualaikum pembaca happy ummi!

Siapa sih yang tidak senang jika diberi hadiah? Sepertinya kita semua akan suka jika seseorang memberikan hadiah apalagi yang memberikan itu adalah orang yang disayang. Meskipun tidak ada keharusan dalam memberikan hadiah di momen tertentu, ternyata saling memberikan hadiah kepada pasangan adalah salah satu cara untuk membahagiakan pasangan yang tentunya akan membuat jalinan kasih semakin hangat.

Bicara soal hadiah biasanya nih para suami seringkali bingung ketika memilih hadiah apa yang akan diberikan untuk istri tercinta. Berbeda dengan istri yang biasanya tau betul apa yang diinginkan oleh suaminya. Nah jika kebetulan para suami sedang dilanda kebimbangan, kali ini happyummi punya beberapa pilihan hadiah yang mungkin akan disukai oleh istri. Yuk cek inspirasi hadiah untuk istri di bawah ini!

Tiket Nonton Bioskop Berdua


Pengalaman ummi nih, sejak menikah dan punya anak yang masih bayi dan balita duh jarang banget bisa nonton atau diajak nonton bioskop. Memang penuh pertimbangan jikalau harus bawa anak saat nonton, yang masuk angin lah, nggak kuat suara kenceng lah, dan keribetan lainnya. Dalam hati terbesit pengen nonton berduan sekalian nostalgia, nah sesekali suami bisa membahagiakan istri dengan memberikan tikan nonton bioskop atau pertunjukan favorit istri. Dijamin dia pasti senang banget.

Peralatan Make Up



Pernah nggak sih liatin peralatan make up istri? Nah, coba cek deh apa saja peralatan make upnya yang mulai hampir habis dan catat tuh merk nya. Kalau punya rezeki lebih boleh banget jadikan seperangkat alat make up sebagai hadiah luar biasa untuk istri. Dengan memberikannya peralatan make up istri jadi merasa diperhatikan dan didukung untuk merawat diri. Biar tambah semangat jadi cantik di depan suami.

Ajak istri ke Salon dan Suami Mengajak Anak Bermain


Kejutan ini pasti disukai oleh istri. Kebayang kan gimana lelah nya istrimu setiap hari mengurus keluarga, anak-anak dan rumah, memastikan semuanya bisa diselesaikan dengan baik hingga kadang lupa akan dirinya sendiri. Diam-diam ajaklah istri ke luar rumah tanpa memberitahukan niatmu, lalu berhentilah ke salon favoritnya, berikan voucher perawatan atau uang untuk ia merawat diri sepuasnya sedang anak-anak akan para suami bawa bermain hingga istri tak perlu khawatir. Yakin deh istri makin sayang.

Peralatan Masak


Biasanya istri suka sekali masak apalagi sejak punya anak. Peralatan masak baru dan lengkap akan membuatnya makin semangat membuat menu special untuk keluarga. Nah ternyata peralatan masak bisa jadi hadiah untuk istri juga loh. Sesekali tanyalah kepada istri apa saja peralatan masak yang dirasa kurang dan ia idamkan, lalu berikanlah sebagai hadiah kepadanya.

Baju Tidur/ Daster baru


Istri punya baju itu-itu aja? Dasternya sudah mulai kusam atau bahkan robek? Saatnya suami untuk peka dengan membelikan daster atau baju tidur baru. Kalau bingung mencari tanyakan saja ke pelayan toko baju tidur dengan bahan yang nyaman digunakan, untuk ukuran cek aja baju istri di rumah. Pilih motif yang suami juga suka melihatnya, jadi saat istri pakai suami juga senang gitu.

Gimana? Kira-kira sudah punya gambaran nggak mau kasih hadiah apa untuk istri? Menurut ummi yang penting sih memberikan hadiah itu enaknya dengan benda yang bermanfaat. Terus lihat juga istri suka surprise atau harus ditanya duulu ingin kado apa? Sayang juga kalo mau kasih surprise tetapi barang yang diberikan nggak sesuai atau nggak dibutuhkan.

Lebih penting lagi penghargaan/ hadiah untuk istri adalah perhatian dan kasih sayang yang ditunjukkan melalui sikap suami setiap harinya. Sungguh pelukan hangat dan sesekali mengucapkan terimakasih atas lelahnya setiap hari akan membuatnya merasa dihargai dan dicintai.

Monday, July 8, 2019

Resep Makanan Berkuah Favorit yang Bisa Kalian Coba di Rumah

7:40:00 PM 5 Comments

Assalammualaikum pembaca happyummi!

Bengkulu lagi di guyur hujan nih, bawaannya pengen makan makanan berkuah yang bikin perut hangat. Pengennya makan bakso, mie ayam, soto, tongseng, atau mie rebus. Hayo siapa yang samaan?

Dari sekian banyak makanan berkuah khas Indonesia, ada beberapa yang jadi favorit saya. Kenapa lebih senang masakan Indonesia? Salah satu alasannya adalah makanan berkuah khas Indonesia kaya rempah, segar dan sedap di lidah. Apalagi nih saya terbiasa dengan masakan padang yang nggak pelit bumbu, suka yang banyak rempahnya. Nah daripada makin penasaran yuk simak makanan berkuah favorit versi happyummi!

Bakso


Bola daging berkuah kaldu dicampur dengan mi kuning dan bihun bikin banyak orang tidak bisa menolak sensasinya. Apalagi setelah diracik dengan kecap, saos dan cabe rawit, wahh begitu menggoda selera. Saya, anak-anak dan suami suka sekali dengan bakso. Salah satu tempat beli bakso favorit kami adalah Bakso Urat Arema di Pasar Baru. Saya sudah sering beli bakso disini sejak masih SD loh. Selain rasa kuah yang segar dan pas, saya paling suka sama bakso gorengnya.
Kadang saya juga sering membuat bakso sendiri di rumah untuk stok kalau anak-anak selera. Caranya mudah loh.

Bahan Bakso Ayam Home Made

Daging Ayam segar ½ kg
Garam 2 sdt
Kaldu Bubuk ½ sachet
Baking soda ½ sdt
 Baking powder ½ sdt
Merica bubuk ½ sdt
Gula pasir 1 sdt
Bawang merah yang sudah digoreng 5 siung
Bawang putih yang sudah di goreng 5 siung
Tepung maizena 6 sdm munjung
Minyak goreng  2 sdm
300 ml air es


Cara membuat Bakso Ayam

1. Iris daging ayam kecil-kecil
2. Di dalam blender, campurkan ayam, baking powder, baking soda, garam, gula, kaldu, merica, bawang, minyak goreng  dan air es lalu putar blender atau food prosesor hingga daging halus dan merata dengan bumbu
3. Tuang adonan bakso ke dalam mangkok dan tambahkan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata.
4. Didihkan air kemudian matikan api dan dan beri garam untuk mengikat rasa
5. Bentuk bakso dengan cara mengambil adonan dan menggenggamnya hingga keluar melalui celah jari jempol dan jari telunjuk lalu ambil menggunakan sendok
6. Masukan adonan ke dalam air yang sudah mendidih, lakukan hingga adonan habis
7. Hidupkan lagi api hingga bakso matang dan mengapung

Oya dari bahan di atas, bisa menghasilkan 60 sampai 70 bakso loh. Bisa kita olah buat sop, bakso kuah, atau mau digoreng juga enak kok. Kalo mau buat Bahan kuahnya bisa menggunakan tulang sapi,ceker ayam, atau kaldu, Air secukupnya, 2 batang daun bawang diikat, 3 buah bawang putih, 2 bawang merah dihaluskan dan ditumis, Gula, garam, lada dan penyedap (optional)
Nah cara membuat kuahnya cukup didihkan air dan rebus tulang hingga keluar kaldunya. Tambahkan tumisan bawang dan daun bawang, juga lada, garam, gula dan penyedap. Sajikan dengan mie juga taburan bawang goreng dan seledri.

Baca juga : Sup Ayam Telur Puyuh, Ini Resepnya!

Soto

Ada beberapa jenis soto yang dikenal, diantaranya soto ayam bening, soto lamongan, soto ayam kampung, soto kuah santan, soto padang dan lain-lain. Kalo saya suka dengan soto padang yang biasanya berisi isian daging halus yang digoreng, juga soto ayam bening. Nah biasanya untuk keluarga di rumah saya membuat soto ayam sederhana. Yang ingin mencoba boleh coba resep berikut ini

gambar : merdeka.com

Soto Ayam Enak dan Sederhana

Bahan:
Ayam ½ kg
Ceker ¼ kg
Tauge 100 g, bersihkan dan kukus hingga matang
Tomat 2 buah, bagi menjadi 6 bagian
Soun 50 g, rendam dengan air panas
Air 2 L
Bawang goreng 50 g
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang
Daun salam 2 lembar
Daun bawang 1 batang, iris halus
Lengkuas 25 g
Minyak goreng 2 sdm
Kunyit 2 cm
Kemiri 4 buah
Jahe 15 g
Bawang merah 3 buah
Bawang putih 2 siung
Merica sdt
Garam 2 sdm
jeruk nipis 1 buah, bagi menjadi 8 bagian


Cara membuat :
1. Haluskan kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tambahkan merica dan garam.
2. Siapkan penggorengan dengan api sedang, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng. Masukkan Daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu hingga harum.
3. Siapkan panci untuk merebus air. Rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci.
4. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam kuah soto yang sedang direbus. Rebus kuah hingga mendidih dan ayam hingga hingga matang.
5. Cicipi kuahnya, jika kurang sedap bisa ditambahkan garam dan merica sesuai selera Anda.
6. Keluarkan ayam dari dalam kuah, pisahkan daging ayam dengan tulangnya. Sisihkan daging ayam dan masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah.
7. Masukkan daun bawang yang sudah diiris halus ke dalam kuah.
8. Ayam yang sudah di rebus dalam kuah kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan setelah itu suwir ayam kecil-kecil.
9. Siapkan wadah bersih berupa mangkuk untuk menyajikan soto.
10. Soto ayam bisa dihidangkan dengan nasi atau lontong. Taruh terlebih dahulu nasi atau lontong ke dalam mangkuk.
11. Tambahkan, tauge, , soun,  bakso dan 1 irisan tomat, telur, dan daging ayam.
12. Tuangkan kuah soto secukupnya ke dalam mangkuk.
13. Taburkan bawang goreng ke dalam mangkuk dan taruh irisan jeruk nipis di atasnya.
14. Soto ayam siap dihidangkan. Lengkapi soto dengan menghidangkan pula kecap manis, sambal, dan kerupuk.

Selamat mencoba!