Follow Us @soratemplates

Friday, July 12, 2019

Pengalaman Tak Terlupakan Mengunjungi Aceh

10:21:00 PM 0 Comments
Assalammualaikum pembaca happyummi!


Mengunjungi suatu tempat yang belum pernah datangi memang menyenangkan ya. Apalagi banyak cerita seru selama perjalanan. Nah tantangan #BobeOneWeekNulis kali ini kami diminta menceritakan tentang perjalanan paling berkesan mengunjungi suatu kota.

Kalo ditanya sih setiap perjalanan punya ceritanya sendiri. Saya sudah memulai travelling sejak SMA mengingat saat itu aktif di ekstrakulikuler PMR dan RISMA. Kegiatan PMR paling sering kemah bahkan ke luar kota seperti Palembang dan lampung. Saat kuliah juga begitu, karena aktif ikut lomba karya tulis jadi mengantarkan saya ke banyak kota, Alhamdulillah sudah menjejaki provinsi di Sumatera dan sebagian Jawa. Namun ada satu tempat yang menurut saya sangat berkesan saat saya dan teman-teman di kampus UMB mengikuti MTQ Mahasiswa tingkat nasional yaitu ACEH.

Saat diajak untuk seleksi menjadi kontingen Karya Tulis Ilmiah dalam MTQ Mahasiswa Tingkat nasional saya deg-degan. Walau sudah terbiasa menulis karya tulis, namun masih ada rasa minder mengingat waktu persiapan yang singkat dan berpikir peserta lain dari seluruh Indonesia pasti keren semua. Tapi bismillah deh, saya dan Mba Meri akhirnya mewakili kampus untuk menjadi perwakilan. Selain kami ada juga teman-teman lainnya yang mewakili bidang, musabaqoh, syahril quran, kaligrafi, dll. Disana juga saya akhirnya kenal orang-orang hebat yang sampai sekarang masih jadi teman baik. Ada Mba Vika, Mba Aning, Mba Ratih, Kak Nover, Kak Hardi, Kak Afif, Kak Dani, dan Uni Vera.

Naik L 300 Bengkulu-Aceh

maafkan foto kami yang kepanasan :D

2009, 10 tahun yang lalu. Perjalanan luar biasa itu dimulai, didampingi Pak Djupri, dosen super baik yang rela duduk di depan pintu mobil beserta dua orang supir yang kami sebut supir medan mengendarai Mobil L300. Wow, fantastik bukan. Perjalanan Bengkulu-Aceh naik mobil berhari-hari dengan kondisi mobil yang cukup sempit karena banyak orang dan barang. Jangan tanya gimana panas dan sempitnya? Saya sempat pusing dan mabuk. Tapi syukurlah di dalam mobil ada si munsyid Bang Nover yang kadang melawak bareng Bang Hardi.Perjalanan ini memakan waktu berhari-hari, bahkan kami sempat singgah di beberapa provinsi loh. Di Medan juga kami sempatkan untuk berfoto di Danau Toba.

mampir ke danau toba

Salah Jadwal Lomba

Acara MTQ Nasional berlangsung di Universitas Lhouksumawe. Tempat penginapan cukup jauh dari lokasi acara jadi memang harus stand by soal informasi dan jadwal perlombaan. Saya dan Mba meri sudah wanti-wanti jadwal kami tampil, lalu sehari sebelumnya kami sengaja datang ke lokasi lomba karya tulis untuk melihat peserta lainnya untuk menghilangkan deg-degan. Kami menaiki mini bus yang dibawa super ngebut loh. Saya tanya sama orang Aceh memang kalo disini kalo bawa kendaraan kecepatan nya tinggi. Saya yang nggak biasa jadi keliyengan.

Di saat isi perut rasa teraduk-aduk. Kenyataan setiba disana bikin kaget, kami langsung dipanggil panitia untuk tampil. Ya Allah ini gimana sedangkan semua persiapan tinggal di penginapan.

Seingat saya mba meri membawa flashdisk yang isinya persentasi yang belum di edit. Saya langsung tanya ke panitia kenapa bisa berubah sedang kami belum siap, tapi apa mau dikata kalau kami tidak tampil saat itu maka akan di diskualifikasi. Ya Allah, rasanya campur aduk. Kalau nggak tampil rasanya sia-sia usaha selama ini. Dengan perasan dag dig dug dan persentasi seadanya kami tampil. Sungguh ini seperti ujian akhir doktor, di depan kami ada setidaknya 6 penguji yang punya gelar professor dan doktor. Walau mencoba menjawab semua pertanyaan namun sungguh saya tidak puas dengan penampilan itu, saya pengen nangis kalau bisa menutup muka. Tapi teman-teman lain menguatkan sembari jadikan pelajaran kedepannya.


MTQ Mahasiswa kali ini selain penuh tawa juga airmata. Saat menemani mba ratih tampil di lomba musabaqoh, ia mendapat urutan pertama. Sehabisnya mba ratih nangis karena juga merasa tampil tidak maksimal. Jadilah kami sedih bareng saat itu. Belum lagi banyak yang sakit termasuk kak Nover yang kena malaria dan kami terpaksa mencari undur-undur yang dimasukkan ke dalam buah pisang  untuk mengobati sakitnya.

Lupakan sedih, Lupakan lelah, Jalan-Jalan ke Banda Aceh

Kekecewaan, ketidakpuasan kami tinggalkan di Lhoksumawe. Walau tidak membawa trophy cukup bangga karena di bidang syahril quran kak nover yang tilawah mendapat nilai tertinggi. Untuk melepas penat Pak Djupri mengajak kami mengunjungi Banda Aceh terlebih dahulu sekaligus membeli oleh-oleh khas Aceh untuk keluarga di Bengkulu.

Di Banda Aceh saya bertemu dengan kak Efend yang bersedia menemani keliling Banda. Beliau ini dosen di aceh, saya, kak hardi, dan mba meri kenal karena di forum dudungnet.


Di Banda Aceh kami menyempatkan diri untuk sholat di Masjid Baiturrahman. MashaAllah indah sekali masjidnya. Sebelum memasuki masjid udara terasa panas, namun setelah masuk terasa sekali sejuk dan dinginnya. Saya jadi ingin tidur di sana. Sayangnya saat itu nggak punya kamera bagus untuk dapat foto hehee.. Jadi foto seadanya aja deh.


Oya selain berkunjung ke masjid baiturrahman, kami juga mengunjungi Museum Tsunami di Aceh dan melihat Kapal peninggalan tsunami yang karam hingga ke darat. Kalau di pikir-pikir kapal sebesar itu nggak akan mungkin sampai ke darat, namun dahsyatnya tsunami bisa membawa kapal besar terhempas jauh dari lautan.

Tak lupa saya membeli oleh-oleh untuk keluarga di Bengkulu, ada kopi aceh, mainan jilbab berbentuk rencong, dompet dengan ukiran khas aceh dan beberapa kaos bertuliskan Aceh.

diatas kapal yang karam saat tsunami aceh
Semoga suatu saat nanti bisa kembali ke Aceh lagi untuk mengunjungi tempat yang belum sempat dikunjungi.

Thursday, July 11, 2019

Jangan Bersedih Kalau Impianmu Belum Terwujud

10:31:00 AM 0 Comments

Manusiawi kalo sedih. Memang hati seringkali rapuh kalau kecewa. Apalagi untuk sesuatu yang selalu kamu impikan sejak lama, diangan-angankan tapi ternyata jauh dari kata terwujud. Saya pernah bahkan sering merasakannya. Kadang hati diliputi rasa tak terima akan kenyataan, menyesal terhadap diri sendiri yang nggak mampu. Sedang kalo harus melihat orang lain sering timbul pertanyaan, kok ya saya sudah susah payah tapi hasilnya gini-gini aja, tetapi orang lain mulus banget dapat apa yang diinginkan dan diimpikannya.

La Tahzan, di saat hati lagi pilu begitu saya tersentak akan sebuah tulisan yang berseliweran di beranda. “Tidak perlu iri dengan kesuksesan orang lain, kamu tidak tau apa seberepa keras ia sudah berjuan dan seberapa banyak ia sudah berkorban”

Ya, memang terlalu egois untuk menganggap enteng usaha orang lain. Kesuksesan yang orang lain miliki tentu kita nggak bisa menghakimi seberapa jauh ia berusaha. Siapa tahu ia siang malam bekerja, mengorbankan waktu istirahat yang tak seberapa,  siapa tahu setiap malam ia selalu memohon pada Sang Pemilik Rejeki, siapa tahu setiap saat tak lekang tangannya berbagi.


Ajak Damai Diri Sendiri

Huh, berat ya buat damai sama diri sendiri yang terlanjur diliputi rasa bersalah, rasa tak terima, parahnya menganggap takdir Allah tuh ga adil, kenapa bagian kita yang nggak beruntung. Harusnya ga begini  dan harusnya ga begitu terus berseliweran di pikiran. Ujung-ujungnya kita jadi benci sama diri, liat orang lain bahagia kita yang sakit hati. Ngeri banget!

Biasanya hal seperti ini sering terjadi karena kita nggak mau berdamai sama diri sendiri. Padahal ada banyak hal yang kita bisa lakukan. Oke memang nggak bisa disamakan sama orang lain karena tiap kita punya pertarungan masing-masing. Tiap orang punya potensi untuk jadi berharga dan menjadi lebih baik. Karena ya bagi saya kesuksesan itu bukan melulu soal harta atau jabatan, ada banyak orang yang merasa bahagia hanya dengan berbuat kebaikan. Karena Pintu Rejeki Bisa Datang dari Mana Saja

Perbanyak Syukur

Saya pernah ketemu sebuah keluarga, suami istri bekerja jualan mainan seribuan di depan rumah makan, untung mainan nggak banyak. Tapi berkat keikhlasan dan kerja keras, anak-anaknya bisa sekolah semua sampai sarjana bahkan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik untuk membantu kedua orang tuanya. Satu lagi, mereka selalu baik, bahkan di saat nggak punya selalu ingin berbagi.

Katanya selama masih ada yang bisa diberikan untuk berbagi akan diusahakan.  Saya jadi belajar bahwa syukur adalah kunci penerimaan, kunci kebahagiaan. Lalu bercermin sama diri, dengan segala yang dipunya sekarang kok ya kurang syukur? Gimana Allah mau kabulkan impian kita kalau untuk mensyukuri yang kita punya saja seringkali lupa.

Coba Lagi

Ada orang yang tak perlu banyak mencoba sudah berhasil. Ada orang yang harus berulang kali mencoba baru berhasil, ada yang sudah lelah mencoba namun tak jua berhasil. Kamu diposisi yang mana?

Apapun posisi kita, yang terpenting jangan menyerah untuk mencoba. Kita nggak tau kemana takdir akan membawa, bukankah tugas kita hanya taqwa dan ikhtiar? Hasilnya biar Allah yang menentukan.

Yuk tegapkan badan, bangun lagi gairah untuk kembali menata mimpi, mendoakan mimpi, merajut ikhtiar untuk mewujudkannya. Tinggalkan masa lalu, karena hari masa depan lah yang penting. Berbuat sebaik-baiknya, agar nanti saat diminta pertanggungjawaban kita punya jawaban bahwa kita telah berusaha.

La Tahzan, innallahamaana

Tuesday, July 9, 2019

Bingung Kasih Hadiah ke Istri? Ini 5 Hal yang Bisa Jadi Inpirasi Hadiah untuk Istri

10:55:00 PM 4 Comments
Assalammualaikum pembaca happy ummi!

Siapa sih yang tidak senang jika diberi hadiah? Sepertinya kita semua akan suka jika seseorang memberikan hadiah apalagi yang memberikan itu adalah orang yang disayang. Meskipun tidak ada keharusan dalam memberikan hadiah di momen tertentu, ternyata saling memberikan hadiah kepada pasangan adalah salah satu cara untuk membahagiakan pasangan yang tentunya akan membuat jalinan kasih semakin hangat.

Bicara soal hadiah biasanya nih para suami seringkali bingung ketika memilih hadiah apa yang akan diberikan untuk istri tercinta. Berbeda dengan istri yang biasanya tau betul apa yang diinginkan oleh suaminya. Nah jika kebetulan para suami sedang dilanda kebimbangan, kali ini happyummi punya beberapa pilihan hadiah yang mungkin akan disukai oleh istri. Yuk cek inspirasi hadiah untuk istri di bawah ini!

Tiket Nonton Bioskop Berdua


Pengalaman ummi nih, sejak menikah dan punya anak yang masih bayi dan balita duh jarang banget bisa nonton atau diajak nonton bioskop. Memang penuh pertimbangan jikalau harus bawa anak saat nonton, yang masuk angin lah, nggak kuat suara kenceng lah, dan keribetan lainnya. Dalam hati terbesit pengen nonton berduan sekalian nostalgia, nah sesekali suami bisa membahagiakan istri dengan memberikan tikan nonton bioskop atau pertunjukan favorit istri. Dijamin dia pasti senang banget.

Peralatan Make Up



Pernah nggak sih liatin peralatan make up istri? Nah, coba cek deh apa saja peralatan make upnya yang mulai hampir habis dan catat tuh merk nya. Kalau punya rezeki lebih boleh banget jadikan seperangkat alat make up sebagai hadiah luar biasa untuk istri. Dengan memberikannya peralatan make up istri jadi merasa diperhatikan dan didukung untuk merawat diri. Biar tambah semangat jadi cantik di depan suami.

Ajak istri ke Salon dan Suami Mengajak Anak Bermain


Kejutan ini pasti disukai oleh istri. Kebayang kan gimana lelah nya istrimu setiap hari mengurus keluarga, anak-anak dan rumah, memastikan semuanya bisa diselesaikan dengan baik hingga kadang lupa akan dirinya sendiri. Diam-diam ajaklah istri ke luar rumah tanpa memberitahukan niatmu, lalu berhentilah ke salon favoritnya, berikan voucher perawatan atau uang untuk ia merawat diri sepuasnya sedang anak-anak akan para suami bawa bermain hingga istri tak perlu khawatir. Yakin deh istri makin sayang.

Peralatan Masak


Biasanya istri suka sekali masak apalagi sejak punya anak. Peralatan masak baru dan lengkap akan membuatnya makin semangat membuat menu special untuk keluarga. Nah ternyata peralatan masak bisa jadi hadiah untuk istri juga loh. Sesekali tanyalah kepada istri apa saja peralatan masak yang dirasa kurang dan ia idamkan, lalu berikanlah sebagai hadiah kepadanya.

Baju Tidur/ Daster baru


Istri punya baju itu-itu aja? Dasternya sudah mulai kusam atau bahkan robek? Saatnya suami untuk peka dengan membelikan daster atau baju tidur baru. Kalau bingung mencari tanyakan saja ke pelayan toko baju tidur dengan bahan yang nyaman digunakan, untuk ukuran cek aja baju istri di rumah. Pilih motif yang suami juga suka melihatnya, jadi saat istri pakai suami juga senang gitu.

Gimana? Kira-kira sudah punya gambaran nggak mau kasih hadiah apa untuk istri? Menurut ummi yang penting sih memberikan hadiah itu enaknya dengan benda yang bermanfaat. Terus lihat juga istri suka surprise atau harus ditanya duulu ingin kado apa? Sayang juga kalo mau kasih surprise tetapi barang yang diberikan nggak sesuai atau nggak dibutuhkan.

Lebih penting lagi penghargaan/ hadiah untuk istri adalah perhatian dan kasih sayang yang ditunjukkan melalui sikap suami setiap harinya. Sungguh pelukan hangat dan sesekali mengucapkan terimakasih atas lelahnya setiap hari akan membuatnya merasa dihargai dan dicintai.

Monday, July 8, 2019

Resep Makanan Berkuah Favorit yang Bisa Kalian Coba di Rumah

7:40:00 PM 5 Comments

Assalammualaikum pembaca happyummi!

Bengkulu lagi di guyur hujan nih, bawaannya pengen makan makanan berkuah yang bikin perut hangat. Pengennya makan bakso, mie ayam, soto, tongseng, atau mie rebus. Hayo siapa yang samaan?

Dari sekian banyak makanan berkuah khas Indonesia, ada beberapa yang jadi favorit saya. Kenapa lebih senang masakan Indonesia? Salah satu alasannya adalah makanan berkuah khas Indonesia kaya rempah, segar dan sedap di lidah. Apalagi nih saya terbiasa dengan masakan padang yang nggak pelit bumbu, suka yang banyak rempahnya. Nah daripada makin penasaran yuk simak makanan berkuah favorit versi happyummi!

Bakso


Bola daging berkuah kaldu dicampur dengan mi kuning dan bihun bikin banyak orang tidak bisa menolak sensasinya. Apalagi setelah diracik dengan kecap, saos dan cabe rawit, wahh begitu menggoda selera. Saya, anak-anak dan suami suka sekali dengan bakso. Salah satu tempat beli bakso favorit kami adalah Bakso Urat Arema di Pasar Baru. Saya sudah sering beli bakso disini sejak masih SD loh. Selain rasa kuah yang segar dan pas, saya paling suka sama bakso gorengnya.
Kadang saya juga sering membuat bakso sendiri di rumah untuk stok kalau anak-anak selera. Caranya mudah loh.

Bahan Bakso Ayam Home Made

Daging Ayam segar ½ kg
Garam 2 sdt
Kaldu Bubuk ½ sachet
Baking soda ½ sdt
 Baking powder ½ sdt
Merica bubuk ½ sdt
Gula pasir 1 sdt
Bawang merah yang sudah digoreng 5 siung
Bawang putih yang sudah di goreng 5 siung
Tepung maizena 6 sdm munjung
Minyak goreng  2 sdm
300 ml air es


Cara membuat Bakso Ayam

1. Iris daging ayam kecil-kecil
2. Di dalam blender, campurkan ayam, baking powder, baking soda, garam, gula, kaldu, merica, bawang, minyak goreng  dan air es lalu putar blender atau food prosesor hingga daging halus dan merata dengan bumbu
3. Tuang adonan bakso ke dalam mangkok dan tambahkan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata.
4. Didihkan air kemudian matikan api dan dan beri garam untuk mengikat rasa
5. Bentuk bakso dengan cara mengambil adonan dan menggenggamnya hingga keluar melalui celah jari jempol dan jari telunjuk lalu ambil menggunakan sendok
6. Masukan adonan ke dalam air yang sudah mendidih, lakukan hingga adonan habis
7. Hidupkan lagi api hingga bakso matang dan mengapung

Oya dari bahan di atas, bisa menghasilkan 60 sampai 70 bakso loh. Bisa kita olah buat sop, bakso kuah, atau mau digoreng juga enak kok. Kalo mau buat Bahan kuahnya bisa menggunakan tulang sapi,ceker ayam, atau kaldu, Air secukupnya, 2 batang daun bawang diikat, 3 buah bawang putih, 2 bawang merah dihaluskan dan ditumis, Gula, garam, lada dan penyedap (optional)
Nah cara membuat kuahnya cukup didihkan air dan rebus tulang hingga keluar kaldunya. Tambahkan tumisan bawang dan daun bawang, juga lada, garam, gula dan penyedap. Sajikan dengan mie juga taburan bawang goreng dan seledri.

Baca juga : Sup Ayam Telur Puyuh, Ini Resepnya!

Soto

Ada beberapa jenis soto yang dikenal, diantaranya soto ayam bening, soto lamongan, soto ayam kampung, soto kuah santan, soto padang dan lain-lain. Kalo saya suka dengan soto padang yang biasanya berisi isian daging halus yang digoreng, juga soto ayam bening. Nah biasanya untuk keluarga di rumah saya membuat soto ayam sederhana. Yang ingin mencoba boleh coba resep berikut ini

gambar : merdeka.com

Soto Ayam Enak dan Sederhana

Bahan:
Ayam ½ kg
Ceker ¼ kg
Tauge 100 g, bersihkan dan kukus hingga matang
Tomat 2 buah, bagi menjadi 6 bagian
Soun 50 g, rendam dengan air panas
Air 2 L
Bawang goreng 50 g
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang
Daun salam 2 lembar
Daun bawang 1 batang, iris halus
Lengkuas 25 g
Minyak goreng 2 sdm
Kunyit 2 cm
Kemiri 4 buah
Jahe 15 g
Bawang merah 3 buah
Bawang putih 2 siung
Merica sdt
Garam 2 sdm
jeruk nipis 1 buah, bagi menjadi 8 bagian


Cara membuat :
1. Haluskan kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tambahkan merica dan garam.
2. Siapkan penggorengan dengan api sedang, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng. Masukkan Daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu hingga harum.
3. Siapkan panci untuk merebus air. Rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci.
4. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam kuah soto yang sedang direbus. Rebus kuah hingga mendidih dan ayam hingga hingga matang.
5. Cicipi kuahnya, jika kurang sedap bisa ditambahkan garam dan merica sesuai selera Anda.
6. Keluarkan ayam dari dalam kuah, pisahkan daging ayam dengan tulangnya. Sisihkan daging ayam dan masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah.
7. Masukkan daun bawang yang sudah diiris halus ke dalam kuah.
8. Ayam yang sudah di rebus dalam kuah kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan setelah itu suwir ayam kecil-kecil.
9. Siapkan wadah bersih berupa mangkuk untuk menyajikan soto.
10. Soto ayam bisa dihidangkan dengan nasi atau lontong. Taruh terlebih dahulu nasi atau lontong ke dalam mangkuk.
11. Tambahkan, tauge, , soun,  bakso dan 1 irisan tomat, telur, dan daging ayam.
12. Tuangkan kuah soto secukupnya ke dalam mangkuk.
13. Taburkan bawang goreng ke dalam mangkuk dan taruh irisan jeruk nipis di atasnya.
14. Soto ayam siap dihidangkan. Lengkapi soto dengan menghidangkan pula kecap manis, sambal, dan kerupuk.

Selamat mencoba!