Follow Us @soratemplates

Monday, July 8, 2019

Resep Makanan Berkuah Favorit yang Bisa Kalian Coba di Rumah


Assalammualaikum pembaca happyummi!

Bengkulu lagi di guyur hujan nih, bawaannya pengen makan makanan berkuah yang bikin perut hangat. Pengennya makan bakso, mie ayam, soto, tongseng, atau mie rebus. Hayo siapa yang samaan?

Dari sekian banyak makanan berkuah khas Indonesia, ada beberapa yang jadi favorit saya. Kenapa lebih senang masakan Indonesia? Salah satu alasannya adalah makanan berkuah khas Indonesia kaya rempah, segar dan sedap di lidah. Apalagi nih saya terbiasa dengan masakan padang yang nggak pelit bumbu, suka yang banyak rempahnya. Nah daripada makin penasaran yuk simak makanan berkuah favorit versi happyummi!

Bakso


Bola daging berkuah kaldu dicampur dengan mi kuning dan bihun bikin banyak orang tidak bisa menolak sensasinya. Apalagi setelah diracik dengan kecap, saos dan cabe rawit, wahh begitu menggoda selera. Saya, anak-anak dan suami suka sekali dengan bakso. Salah satu tempat beli bakso favorit kami adalah Bakso Urat Arema di Pasar Baru. Saya sudah sering beli bakso disini sejak masih SD loh. Selain rasa kuah yang segar dan pas, saya paling suka sama bakso gorengnya.
Kadang saya juga sering membuat bakso sendiri di rumah untuk stok kalau anak-anak selera. Caranya mudah loh.

Bahan Bakso Ayam Home Made

Daging Ayam segar ½ kg
Garam 2 sdt
Kaldu Bubuk ½ sachet
Baking soda ½ sdt
 Baking powder ½ sdt
Merica bubuk ½ sdt
Gula pasir 1 sdt
Bawang merah yang sudah digoreng 5 siung
Bawang putih yang sudah di goreng 5 siung
Tepung maizena 6 sdm munjung
Minyak goreng  2 sdm
300 ml air es


Cara membuat Bakso Ayam

1. Iris daging ayam kecil-kecil
2. Di dalam blender, campurkan ayam, baking powder, baking soda, garam, gula, kaldu, merica, bawang, minyak goreng  dan air es lalu putar blender atau food prosesor hingga daging halus dan merata dengan bumbu
3. Tuang adonan bakso ke dalam mangkok dan tambahkan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata.
4. Didihkan air kemudian matikan api dan dan beri garam untuk mengikat rasa
5. Bentuk bakso dengan cara mengambil adonan dan menggenggamnya hingga keluar melalui celah jari jempol dan jari telunjuk lalu ambil menggunakan sendok
6. Masukan adonan ke dalam air yang sudah mendidih, lakukan hingga adonan habis
7. Hidupkan lagi api hingga bakso matang dan mengapung

Oya dari bahan di atas, bisa menghasilkan 60 sampai 70 bakso loh. Bisa kita olah buat sop, bakso kuah, atau mau digoreng juga enak kok. Kalo mau buat Bahan kuahnya bisa menggunakan tulang sapi,ceker ayam, atau kaldu, Air secukupnya, 2 batang daun bawang diikat, 3 buah bawang putih, 2 bawang merah dihaluskan dan ditumis, Gula, garam, lada dan penyedap (optional)
Nah cara membuat kuahnya cukup didihkan air dan rebus tulang hingga keluar kaldunya. Tambahkan tumisan bawang dan daun bawang, juga lada, garam, gula dan penyedap. Sajikan dengan mie juga taburan bawang goreng dan seledri.

Baca juga : Sup Ayam Telur Puyuh, Ini Resepnya!

Soto

Ada beberapa jenis soto yang dikenal, diantaranya soto ayam bening, soto lamongan, soto ayam kampung, soto kuah santan, soto padang dan lain-lain. Kalo saya suka dengan soto padang yang biasanya berisi isian daging halus yang digoreng, juga soto ayam bening. Nah biasanya untuk keluarga di rumah saya membuat soto ayam sederhana. Yang ingin mencoba boleh coba resep berikut ini

gambar : merdeka.com

Soto Ayam Enak dan Sederhana

Bahan:
Ayam ½ kg
Ceker ¼ kg
Tauge 100 g, bersihkan dan kukus hingga matang
Tomat 2 buah, bagi menjadi 6 bagian
Soun 50 g, rendam dengan air panas
Air 2 L
Bawang goreng 50 g
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang
Daun salam 2 lembar
Daun bawang 1 batang, iris halus
Lengkuas 25 g
Minyak goreng 2 sdm
Kunyit 2 cm
Kemiri 4 buah
Jahe 15 g
Bawang merah 3 buah
Bawang putih 2 siung
Merica sdt
Garam 2 sdm
jeruk nipis 1 buah, bagi menjadi 8 bagian


Cara membuat :
1. Haluskan kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tambahkan merica dan garam.
2. Siapkan penggorengan dengan api sedang, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng. Masukkan Daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu hingga harum.
3. Siapkan panci untuk merebus air. Rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci.
4. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam kuah soto yang sedang direbus. Rebus kuah hingga mendidih dan ayam hingga hingga matang.
5. Cicipi kuahnya, jika kurang sedap bisa ditambahkan garam dan merica sesuai selera Anda.
6. Keluarkan ayam dari dalam kuah, pisahkan daging ayam dengan tulangnya. Sisihkan daging ayam dan masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah.
7. Masukkan daun bawang yang sudah diiris halus ke dalam kuah.
8. Ayam yang sudah di rebus dalam kuah kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan setelah itu suwir ayam kecil-kecil.
9. Siapkan wadah bersih berupa mangkuk untuk menyajikan soto.
10. Soto ayam bisa dihidangkan dengan nasi atau lontong. Taruh terlebih dahulu nasi atau lontong ke dalam mangkuk.
11. Tambahkan, tauge, , soun,  bakso dan 1 irisan tomat, telur, dan daging ayam.
12. Tuangkan kuah soto secukupnya ke dalam mangkuk.
13. Taburkan bawang goreng ke dalam mangkuk dan taruh irisan jeruk nipis di atasnya.
14. Soto ayam siap dihidangkan. Lengkapi soto dengan menghidangkan pula kecap manis, sambal, dan kerupuk.

Selamat mencoba!

5 comments:

  1. Wah sedap gurih nih umami lezat pastinya

    ReplyDelete
  2. Next kalo aku mau nyobain resep ini d rumah, aku japri mbak lg yaa . Hhe

    ReplyDelete
  3. Udah lama nggak ke blog mbak ria, templatenya ganti ya mba? Jadi cantik banget :D

    Makasih resepnya mba, nanti dicoba kalau lagi senggang

    ReplyDelete
  4. Boleh tu mbak nyobain buat soto ayamnya mbak hehe

    ReplyDelete
  5. Boleh tu mbak nyobain soto ayam nya

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)