Follow Us @soratemplates

Wednesday, August 28, 2019

Tips Cegah Diabetes untuk Ibu Hamil dengan Beberapa Langkah Berikut Ini


Seiring berjalannya waktu, penyakit Diabetes yang pada awalnya banyak dialami oleh orang-orang lanjut usia, semakin kesini mulai menyerang anak-anak mudah dengan rentang usia dibawah 30 tahun. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Gaya hidup yang cenderung tidak sehat sering kali dijadikan sebagai pemicunya.

Tak hanya anak-anak muda saja, bahkan ibu hamil pun juga patut untuk waspada. Terbukti bahwa jumlah penderita diabetes kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut terbukti dari data WHO (World Health Organization) yang mengungkapkan bahwa sebanyak 422 juta orang dewasa mengalami diabates pada tahun 2014 dan diabates juga telah menyebabkan kematian kepada 1,5 juta pada tahun 2012.

Jelas saja angka tersebut sama sekali tidak kecil. Maka dari itu, menganut gaya hidup sehat sangatlah penting untuk dilakukan, khususnya bagi para ibu hamil. Menjaga kesehatan kandungan merupakan kewajiban bagi setiap calon ibu. Banyak sekali hal-hal yang dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes, seperti rutin melakukan pengecekan diabetes hingga mengkonsumsi makanan penurun gula darah untuk ibu hamil.

Nah, bagi anda yang saat ini tengah mengandung, yuk mulai melakukan beberapa langkah guna mencegah penyakit diabetes.

Mencegah Diabetes untuk Ibu Hamil

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Diabetes

Mengecek kondisi kesehatan bagi ibu hamil sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin, termasuk untuk melakukan pemeriksaan diabetes. Lakukanlah pemeriksaan setidaknya 6 hingga 12 minggu setelah bayi lahir. Untuk melakukan pemeriksaan secara normal, anda bisa melakukannya setiap 3 tahun.

Namun, bila setelah pengecekan hasil menunjukan bahwa gula darah anda justru lebih tinggi dari biasanya tetapi belum terlalu tinggi untuk dikalisifikasikan sebagai penyakit diabetes, hal itu dikatakan sebagai pradiabetes dan anda dapat melakukan pengecekan secara rutin setiap tahunnya.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Kondisi kesehatan, termasuk diabetes yang terjadi pada ibu hamil harus selalu dijaga melalui pola makan sehari-hari. Ada banyak sekali makanan penurun gula darah untuk ibu hamil yang dapat dijadikan pilihan. Nah, jika anda bingung, makanan penurun gula darah untuk ibu hamil yang baik ialah sebagai berikut:

  • Aneka buah-buahan segara, beku, ataupun kaleng
  • Daging, ayam, dan kalkun dengan kulit yang dibuang
  • Ikan
  • Dairy product seperti susu rendah lemak, keju dan yogurt
  • Sayur-sayuran, gandum utuh, biji-bijian kering, dan kacang polong

Selain makanan, hal lain yang juga dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan secara signifikan yaitu keaktifan dalam bergerak. Cobalah untuk bergerak secara aktif selama setidaknya 30 menit setiap harinya.

Perlu diperhatikan bahwa kondisi diabetes pada ibu hamil dapat berdampak secara permanen bila sang ibu tidak mampu mengendalikan berat tubuhnya. Maka dari itu, ada baiknya pula bila anda mencoba untuk mengembalikan berat badan sehat dan normal.

Menjaga kesehatan bagi ibu hamil sangatlah penting, karena kondisi apapun yang dialami akan berdampak kepada sang buah hati yang tengah dikandung. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan olah raga secara rutin serta mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang baik untuk tubuh.

Walau terdengar sepele, penyakit diabetes telah terbukti mengakibatkan kematian dengan angka yang cukup tinggi di dunia, sehingga masyarakat memang patut untuk mewaspadai penyakit satu ini, tidak hanya bagi ibu hamil melainkan juga masyarakat secara luas. Nah, selain jenis-jenis makanan yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi lho makanan penurun gula darah lainnya yang bisa dijadikan pilihan anda.

Ingin tahu makanan apa sajakah itu? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/hari-diabetes-ini-5-makanan-penurun-gula-darah/

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)