Follow Us @soratemplates

Tuesday, August 13, 2019

Dukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju dengan Nutrisi dan Stimulasi


Menjadi orang tua adalah anugerah besar yang dititipkan Allah kepada saya. Memiliki dua orang anak laki-laki yang sehat dan ceria menjadi kebahagiaan yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Seperti orang tua lainnya, saya berharap Ubay memiliki masa depan terbaik sesuai dengan yang mereka cita-citakan. Tentu saya akan berjuang untuk memastikan mereka menjadi anak generasi maju serta mendapatkan kesuksesan dan kehidupan lebih baik di masa depan.

Setiap anak itu unik dan memiliki potensi pada diri mereka yang bisa dikembangkan. Tugas orang tua untuk dapat memahami tahapan dan aspek tumbuh kembang anak. Lalu mengoptimalkan potensi yang ada pada dirinya agar makin terasah menjadi anak generasi maju.

Aspek tumbuh kembang anak yang jangan sampai dilewatkan oleh orang tua adalah aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial. Kelima aspek fundamental ini nantinya bisa dikembangkan agar anak memiliki  5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri. Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mendukung Ubay untuk memiliki potensi prestasinya:



Cerdas Kreatif

Anak yang cerdas adalah anak yang cepat mengerti dan menangkap sesuatu serta banyak ide. Saya awalnya sempat khawatir saat ubay mengalami kesulitan bicara. Bahkan banyak yang bertanya kenapa Ubay masih gagap waktu umurnya hampir menginjak 3 tahun. Tapi saya percaya bahwa Ubay anak yang cerdas, hanya butuh stimulasi agar ia bisa berbicara dengan lancar.

Alhamdulillah usaha saya saat itu tidak sia-sia. Saya bertekad untuk merubah pola pengasuhan. Saya menjauhkan gadget dari Ubay, menggantikannya dengan buku-buku juga bercerita. Setiap saat saya mengajaknya ngobrol, bermain flash card bermacam benda hingga akhirnya gagap Ubay hilang.

Kini bisa dikatakan dia jadi anak yang selalu ingin tahu segala hal. Semua ingin ditanyakan yang membuat saya kadang kualahan. Tapi di satu sisi saya bahagia karena Ubay tumbuh jadi anak yang cerdas kreatif, ada saja ide yang muncul dipikirannya. Bahkan hal yang tidak masuk logika nya tidak dengan mudah ia terima. Contohnya saja kenapa saat main gunting batu kertas, saat kertas melawan batu kenapa malah kertas yang menang. Atau saat ia meminta diantarkan bertemu Nabi Muhammad dengan mengendarai motor dan banyak pertanyaan ajaib lainnya.

Untuk mendukungnya menjadi anak cerdas kreatif walau ia belum bersekolah, saya menciptakan suasana sekolah di rumah agar Ubay menyukai aktifitas belajar. Harapannya kelak kata belajar adalah hal yang menyenangkan baginya. Pagi hari kami membaca buku dan kadang bereksperimen misalnya melihat benda yang bisa tenggelam atau mengapung. Setelahnya saya bebaskan ia bermain atau membantu saya di dapur sambil mengenal dasar memasak dan bahan-bahan makanan. Biasanya dia akan antusias dan lahap makan jika ikut membantu memasak.

Oya untuk nutrisi otak nya sangat penting memilih makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6. Alhamdulillah Ubay doyan banget ikan, telur, maupun susu SGM Eksplor 3 Plus sehingga mendukungnya jadi anak yang cerdas dan kreatif. Karena sebelum stimulasi yang penting bagi anak adalah nutrisi. Gimana anak mau cerdas jika asupan nutrisinya kurang kan?

Tumbuh Tinggi dan Kuat

Untuk mengecek kesehatan dan perkembangan fisiknya sesuai dengan umur, saya setiap bulannya mengunjungi posyandu atau puskesmas. Ubay dan ghazy akan diukur tinggi juga beratnya dan disesuaikan dengan buku KMS. Alhamdulillah sejauh ini grafik di KMS selalu naik. Begitupun dengan tinggi badan, mereka cukup tinggi dibandingkan anak seusianya.

Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana anak-anak tubuhnya bisa tinggi. Terutama ghazy yang belum genap dua tahun tapi perawakan badannya seperti anak 3 tahun lebih. Awalnya mungkin faktor keturunan mengingat suami saya punya tubuh yang tinggi. Selanjutnya 3 faktor penting penunjang anak tinggi dan kuat adalah nutrisi, olahraga dan istirahat yang cukup.

Untuk mengoptimalkan tinggi badan makanan dan minuman yang penuh kalsium, besi, dan vitamin A sangat baik. Kalsium banyak terdapat dalam susu dan produk olahannya. Zat besi banyak terdapat pada daging merah dan hati hewan, sedangkan vitamin A banyak terdapat pada wortel, labu kuning, kentang dan brokoli. Selain itu, makanan yang tinggi protein juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang anak seperti ikan, daging, tempe dan tahu agar ia tumbuh tinggi menjulang.

Nah selanjutnya adalah olahraga. Setiap harinya saya memberikan waktu khusus untuk anak-anak beraktifitas di luar rumah, entahkan itu lomba lari, memanjat atau bersepeda. Aktifitas fisik atau olahraga akan menstimulasi pertumbuhan tulang nya dan menghindari resiko obesitas pada anak. Dan terakhir adalah tidur yang cukup. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon yang dapat menstimulasi pertumbuhannya.

Supel

Saya selalu bilang ke Ubay untuk selalu berusaha menjadi baik kepada siapapun. Baik itu pada orang yang lebih tua, teman sepermainan maupun adik yang lebih muda. Anak yang supel pasti disukai siapa saja, anak supel akan mampu bekerja sama, berbagi , bersikap sopan santun juga menjadi teman yang bisa dipercaya.
Agar anak-anak menjadi supel saya mulai mengajarkannya dari rumah. Setiap berkomunikasi saya berusaha untuk selalu menatap matanya, bersikap ceria saat ia bercerita dan mengajaknya untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Syukurlah hingga kini ia menjadi anak yang disukai teman-teman dan suka berbagi. Begitupun saat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, Ubay suka menyapa siapapun yang lewat.

Mandiri

Sejak usia 4 tahun saya berupaya untuk menumbuhkan kemandirian pada Ubay. Ia selalu bangga dan senang dikatakan sebagai abang yang mencotohkan hal baik kepada adik Ghazy. Setiap dipuji akan keberhasilannya melakukan sesuatu sendiri, Ubay makin semangat untuk belajar lagi. Sekarang dia sudah bisa mandi dan cebok sendiri walau tetap saya awasi khawatir belum bersih.

Kadang saya pun member kesempatannya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang ia suka seperti menyapu teras, menyiram tanaman, memunguti sampah dan selalu meletakkan piring kotor pada tempatnya. Hal-hal sederhana ini saya harapkan akan tertanam pada kepribadiannya hingga besar nanti. Apapun profesinya nanti, inginnya anak-anak tumbuh jadi pribadi yang mandiri.

Percaya Diri

Bagi saya, percaya diri adalah keyakinan akan diri sendiri. Bukan tentang seberapa banyak piala yang ia dapatkan, tetapi seberapa kuat tekad terhadap apa yang ia ingin sampaikan dan tampilkan.
Jadi sejak kecil saya selalu bilang ke Ubay bahwa dia hebat, dia harus yakin atas apa yang ucap dan perbuat. Sehingga jika nantinya ia dihadapkan dengan sebuah kompetisi, kalah menang bukan lagi prioritas, tapi anak-anak bisa mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga dari setiap kehidupan yang dijalaninya.

Ubay suka sekali menggambar dan mewarnai, katanya ia ingin menjadi arsitek yang ingin membangun banyak rumah untuk orang yang tidak punya rumah, juga membuat masjid yang besar dan bagus di sebelah rumah kami agar Ubay tak jauh lagi jika ingin ke masjid. Saya senang sekali mendengarnya dan menyemengatinya untuk terus belajar agar bisa mengggapai cita-cita.

Pernah dia ikut lomba mewarnai antar anak pra sekolah. Niatan saya untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Dia tidak mengerti tentang menang dan kalah, hanya senang karena bisa mewarnai bersama teman-teman. Di saat orang tua lain membantu mewarnai, Ubay dengan yakin menyelesaikan karyanya sendiri tanpa sedikitpun bantuan saya. Bangga sekali saat itu karena Ubay mulai menunjukkan mental pemenang yang percaya akan kemampuan dirinya. Alhamdulillah ia makin semangat saat menjadi salah satu pemenang. Sebuah hasil karena usaha dan percaya dirinya.

SGM EKSPLOR , Mendukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Perjalanan saya mendampingi Ubay masih panjang. Saya terus berdoa supaya ia bisa menjadi anak generasi maju kedepannya. Saya juga melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan selalu mengkonsumsi Susu SGM Eksplor 3 plus 2x sehari dengan Complinutri yang mengandung minyak ikan dan omega 3 yang sangat baik untuk menunjang kecerdasannya

Selain itu ada beberapa kandungan zat gizi dari SGM Eksplor 3 Plus yang saling mendukung potensi prestasi anak yaitu:
Protein, salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak
Kalsium, membantu dalam pembentukan dan mempertahankan tulang dan gigi
Zink, Vit E juga Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen
Zat besi, merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh
Sumber serat pangan
Vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan perumkaan mata, saluran cerna, saluran pernafasan dan kulit

Nah dengan kebaikan SGM Eksplor 3 plus yang mendukung Nutrisi juga Stimulasi yang sudah saya berikan. Semoga Ubay bisa makin mengembangkan 5 potensi prestasinya sebagai anak generasi maju.

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)