Follow Us @soratemplates

Wednesday, August 28, 2019

5 Pilihan Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kamu yang Kuliah di Jurusan Sastra Inggris


Terkadang, hingga sampai saat ini, masih ada saja pertanyaan, "Ambil kuliah jurusan sastra Inggris, nanti bakal kerja jadi apa dan di mana? Jadi guru bahasa Inggris?". Akan tetapi, bagi kamu para mahasiswa jurusan sastra Inggris, tidak perlu berkecil hati dan khawatir terkait pertanyaan itu ya. Karena, saat ini lapangan pekerjaan jurusan sastra Inggris sudah sangat banyak dan luas. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki gaji besar loh.

Pasalnya, kini kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dan diterapkan untuk semua pekerjaan. Bahkan pilihan karir untuk para mahasiswa jurusan sastra Inggris juga tidak terbatas pada sektor pendidikan saja. Namun, tentu saja kamu perlu memiliki niat dan keahlian lebih untuk bisa mendapatkan pekerjaan impianmu dan pekerjaan bergaji besar. Apa saja pilihan pekerjaan jurusan sastra Inggris? Berikut daftar pilihannya:

1. Public Relations dan Marketing

Pekerjaan jurusan sastra Inggris pertama yang bisa kamu coba adalah menjadi public relation dan marketing. Terlebih, tidak hanya pandai mengalisa, kreatif dan pandai menulis serta bicara, kemampuan bahasa Inggris kamu juga sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang PR dan marketing. Apalagi posisi ini seringkali harus bertemu dengan klien asing. 

Begitu juga dengan marketing, karena seorang marketing mengharuskan kamu untuk mencapai target tujuan. Namun, dibalik target yang tinggi, gaji seorang PR dan marketing juga akan mengikuti standar targetmu. Meski begitu, pekerjaan ini termasuk posisi yang sangat diminati mahasiswa jurusan sastra Inggris loh. 

2. Bekerja di Start Up

Seperti yang kita tahu, kini perusahaan Start Up sudah sangat banyak di berbagai bidang. Meski berintis benar-benar dari nol, tak sedikit perusahaan Start Up yang langsung melejit. Nah, perusahaan Start Up ini juga termasuk peluang yang besar bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan jurusan sastra Inggris yang keren dan bergaji besar.

Pasalnya, biasanya Start Up bisa berdiri dengan banyak kerjasama dengan perusahaan luar negeri yang sekaligus pemegang saham, sehingga rekan-rekan kerja di dalam Start Up kamu nantinya adalah kebanyakan orang-orang asing. Sehingga kemampuan bahasa Inggrismu pasti akan berguna. 

Selain itu, banyak juga posisi baru yang ditawarkan oleh perusahaan Start Up. Seperti staf HRD, Content Creator, product Owner, ataupun posisi di level manajerial bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman organisasi dan kerja yang cukup. Gajinya pun tak main-main, perusahaan Start Up bisa memberikanmu gaji yang bisa lebih besar, ketimbang perusahaan biasa yang standarnya adalah UMR. 

3. Jurnalis 

Selain mahasiswa jurusan ilmu komuniasi atau broadcasting, bagi kamu mahasiswa jurusan sastra Inggris juga bisa loh melamar sebagai jurnalis media. Karena, selain mencari berita dan informasi terkini, seorang jurnalis juga harus pandai menulis, merangkai kata dan berbahasa. 

Apalagi jika kamu harus mewawancarai orang asing, atau harus meliput berita ke luar negeri. Selain mengasyikan pekerjaan jurusan sastra Inggris ini memang menjadi salah satu pekerjaan yang disukai mahasiswa yang senang bekerja lapangan dan bertemu orang baru. 

4. Pramugari 

Selain cantik, tinggi dan menarik, seorang pramugari juga harus pandai berbahasa asing loh. Sehingg, pramugari juga bisa menjadi salah satu pekerjaan jurusan sastra Inggris yang keren dan bergaji tinggi. Karena skill berbahasa Inggris maupun bahasa asing lain, menjadi persyaratan utama bagi seorang pramugari. 

Terlebih, pekerjaan pramugari tidak hanya menyiapkan perlengkapan penumpang di pesawat. Melainkan harus menyambut, berkomunikasi, dan memberikan pelayanan yang baik untuk penumpang. Apalagi, jika penerbangan yang kamu pilih adalah penerbangan internasional. Karena, kamu akan bertemu dengan orang-orang asing. 

5. Pemandu Wisata

Untuk pekerjaan jurusan sastra Inggris yang satu ini mungkin akan sangat menyenangkan, karena kamu akan merasakan asyiknya traveliing setiap hari. Seorang pemandu wisata, memang diharuskan memiliki keahlian berbahasa yang bagus, baik bahasa Indonesia atau bahasa asing. 

Karena, turis yang datang bisa saja berasal dari turis interlokal atau luar negeri. Sehingga sebisa mungkin kamu harus bisa berkomunikasi dan menjelaskan dengan baik dengan bahasa mereka. 


Nah, itu dia beberapa pekerjaan jurusan sastra Inggris yang bisa dijadkan pilihan. Selain keren, beberapa pekerjaan di atas juga memiliki gaji yang tergolong besar. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dan takut akan sulitnya mendapatkan pekerjaan untuk jurusan sastra. 

5 pekerjaan keren lainnya untuk jurusan sastra dan bahasa asing, juga bisa kamu ketahui di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)