Follow Us @soratemplates

Saturday, October 26, 2019

Akses Jajanan Sehat untuk Anak Indonesia di Warung Anak Sehat

11:34:00 AM 0 Comments
 

Suatu hari Ubay membawa sekantong jajanan yang ia beli di depan sekolah dekat rumah Oma. Sontak saya bergedik melihat aneka tusukan gorengan dengan saus yang warnanya agak aneh. Jujur saya agak paranoid dengan jajanan. Berseliweran di pikiran saya reportase tentang pembuatan saos abal-abal yang digunakan untuk penjual makanan. Bukan bermaksud buruk sangka, tapi banyak kejadian yang akhirnya membuat banyak orang tua “anti” membiarkan anak mereka jajan sembarangan.

Kekhawatiran ini cukup mendasar karena kita sebagai orang tua tak bisa menjamin kebersihan dan kesehatan dari jajanan yang di konsumsi anak-anak termasuk di sekolah. Jika di rumah bunda bisa mengontrol apa saja yang masuk ke perut anak, bagaimana di sekolah? Apalagi anak sekolah rentan mengalami masalah gizi seperti anemia, kelenjar tiroid, masalah penglihatan hingga kelemahan otot. Banyak juga kejadian loh anak-anak yang pulang dalam keadaan sakit perut, kepala pusing bahkan muntah-muntah karena jajanan yang tidak sehat.

FYI, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) 2013 satu dari tiga anak berusia 5-12 menderita masalah gizi. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan makan atau jajan anak yang kurang higienis dan sehat. Sementara laporan aksi nasional Pangan dan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) 2014 menunjukkan sebanyak 23, 82% jajanan anak yang diuji oeh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) masih tidak memuhi syarat akibat cemaran biologi.

Jika terus dibiarkan, anak-anak yang mengkonsumsi jajanan tidak sehat akan terpengaruh kesehatan gizi dan perkembangannya. Tapi memang dilema, anak sekolah tanpa jajan seperti suatu hal yang mustahil. Salah satu solusinya adalah orang tua dan pihak sekolah harus bekerja sama dalam menyediakan fasilitas kantin dengan jajanan sehat untuk murid di sekolah. 

Wah pasti seneng banget ya bun jika di sekolah si kecil kantin nya bersih serta menyediakan jajanan sehat? Jajanan sehat untuk anak sekolah sekarang bukan lagi hal yang mustahil karena sekarang sudah ada Warung Anak Sehat (WAS) yang digagas oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada).

Mengenal Warung Anak Sehat (WAS)

Apa sih Warung Anak Sehat itu?

Dari namanya saja bunda mungkin sudah terbayang bahwa ini adalah inovasi kantin sehat untuk anak-anak di sekolah. Jika bunda berpikir demikian tepat sekali karena WAS adalah sebuah program sosial oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika dan Danone Ecosystem Fund yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi pada anak-anak usia SD, selain itu diharapkan bisa mengurangi angka malnutrisi pada anak-anak usia 5-12 tahun juga melatih para ibu membuat jajanan bernutrisi dan aman.



Ternyata program sosial WAS ini sudah dimulai sejak tahun 2011. Di tahap awal pada tahun 2011-2012 sudah dibangun 85 Warung Anak Sehat di Jakarta, Banten, Jawa Barat , Nusa tenggara Barat  dan sampai sekarang sudah menyasar ke 446 sekolah dengan total sebanyak 350 IWAS yang tergabung dari Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta.




Kehadiran Warung Anak Sehat ini menjadi angin segar untuk anak, orang tua, guru, juga pihak sekolah karena semuanya bisa besinergi untuk sama-sama memfasilitasi dan menyajikan jajanan yang bernutrisi dan bebas dari 3P (Pemanis buatan, Pewarna, Pengawet) di kantin sekolah.

Apa Saja Kegiatan Warung Anak Sehat

Pasti penasaran kan Bun apa saja kegiatan yang dilakukan di Warung Anak Sehat. Ada tiga aktifitas utama yang berlangsung di WAS yaitu

1. Akses Jajanan Sehat di Warung Anak Sehat

Yang pertama adalah ketersediaan akses jajanan sehat untuk anak usia 5-12 tahun di dalam sekolah melalui Warung Anak Sehat. Jajanan yang di jual di WAS adalah jajanan yang bersih dan sehat serta bebas dari 3P (Pemanis buatan, Pewarna, Pengawet) di kantin sekolah. 

Resep Bakso Cakalang (sumber gambar : facebook warung anak sehat)

Oya, yang tak ketinggalan adalah jajanan nya enak dan lezat loh, buktinya anak-anak yang jajan di WAS sangat bersemangat. Seperti jajanan Bakso Ikan Cakalang Tuehu yang  merupakan salah satu inovasi dari IWAS Ambon, Mama Tina Lauhenapessy SDN 47 Ambon. Gurih, lezat dan jadi favorit anak-anak. Jika anak-anak gizi nya baik, kita berharap kemampuan fisik, koginitif dan sosial emosionalnya bisa berkembang secara maksimal untuk jadi anak generasi maju.

2. Pemberdayaan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS)

IWAS (sumber gambar : facebook warung anak sehat)

Untuk menyediakan akses jajanan sehat di Warung Anak Sehat. Sarihusada merangkul penjual kantin  yang disebut sebagai Ibu Warung Anak Sehat (IWAS). Bukan hanya membuat jajanan sehat, ibu-ibu yang tergabung di IWAS ini mendapatkan mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan peningkatan kemampuan bisnis yang meliputi bagaimana caranya mencatat penjualan serta keuntungan dan mendapatkan saran rekomendasi pengembangan usaha.

Selain itu IWAS juga bisa mengembangkan diri menjadi pengusaha yang profesional, menjalin koneksi bisnis dengan pengusaha perempuan lainnya, sekaligus menjadi duta nutrisi yang mengedukasi pengetahuan nutrisi ke sekolah-sekolah. Tentu saja ini bisa memberdayakan wanita sebagai wirausaha melalui Warung Anak Sehat dan semoga bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

3. Edukasi Ibu dan Anak Tentang Gizi Seimbang

Program Warung Anak Sehat juga dirasakan manfaatnya untuk ibu dan anak. Beberapa sekolah pun mendapatkan  edukasi untuk orang tua, guru dan anak untuk memperbaiki kebiasaan jajanan anak serta member pengetahuan mengenai gizi seimbang pada anak.

Selain itu walaupun di daerah saya sendiri belum ada Warung Anak Sehat, banyak ilmu yang bisa saya dapatkan di facebook Warung Anak Sehat mengenai gizi serta penyiapan jajanan serta makanan sehat untuk anak-anak. Bahkan saya sudah mencoba beberapa resep yang dibagikan Warung Anak Sehat. Salah satunya Omlet Mie WAS  hasil kreasi Ibu WidjiastutiR, IWAS SDN Rejowinangun3 Kota Yogyakarta. 

resep Omlet Mie dari Warung Anak Sehat yang saya coba dirumah

Omlet mie ini mengenyangkan, sehat dan enak, apalagi dibuat dengan campuran susu SGM Eksplor. Lahap banget Ubay dan Ghazy menyantapnya! Saya pun mudah membuatnya dan jadi punya inspirasi untuk membuat camilan di rumah buat anak-anak.

Kehadiran Warung Anak Sehat memberikan akses jajanan sehat untuk anak Indonesia sekaligus memberdayakan perempuan Indonesia ini semoga terus berlanjut. Besar harapan makin banyak sekolah (berharap bisa seluruh Indonesia) yang di edukasi  agar anak-anak bisa mendapatkan makanan bernutrisi tidak hanya dirumah namun juga di sekolah agar mereka tumbuh jadi anak sehat dengan potensi generasi maju.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Warung Anak Sehat, Bunda bisa buka Facebook Warung Anak Sehat

Semoga bermanfaat!



Thursday, October 17, 2019

Perencanaan Program Kehamilan yang Tepat untuk Pasangan yang Sudah Menikah

12:01:00 AM 0 Comments

Sudah lama menikah tapi belum dikaruniai momongan? Tidak usah khawatir, karena saat ini ada cukup solusi yang ditawarkan oleh medis. Salah satu di antaranya adalah diagnosis infertilitas pria. Proses ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kehamilan melalui solusi yang tepat dan terarah. Diagnosis akan ditempuh oleh para ahli kesehatan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan program yang tepat untuk perencanaan kehamilan. Namun, pastikan Anda hanya memilih ahli berpengalaman dan kredibel. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah dalam mendapatkannya.

Program perencanaan kehamilan sendiri ada cukup banyak tergantung dari kondisi pasca diagnosis dilakukan. Program yang ditawarkan di antaranya seperti inseminasi buatan, injeksi sperma, pemeliharaan kesuburan bagi pria maupun wanita, hingga program bayi tabung. Semua solusi tersebut tergantung dari hasil diagnosa yang didapat. Itulah kenapa, diagnosis diperlukan agar mendapatkan solusi yang tepat. Maka dari itu, selai program yang Anda tempuh sendiri, programkan juga kehamilan Anda dengan berkonsultasi kepada spesialis.

Mereka akan memberi Anda banyak solusi terbaik untuk mendapatkan kehamilan. Maka dari itu, pilihlah dokter yang terkemuka dan terbukti bisa memberi Anda hasil yang maksimal. Terkait hal ini, Anda bisa mengunjungi situs Bocah Indonesia, di Bocahindonesia.com. Di sana ditawarkan banyak sekali program kehamilan yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan atau solusi dari ahli medis. Dengan begitu, program kehamilan kini akan semakin mudah dengan banyaknya pilihan program yang tersedia.


Namun, jangan lupa juga untuk mengetahui pantangan-pantangan dan juga apa yang harus dilakukan pada saat Anda menjalankan program kehamilan. Di antaranya seperti, tidak boleh merokok, tidak boleh mengonsumsi minuman keras, selalu memperhatikan pola makan yang sehat, dan menerapkan pola hidup yang sehat. Hal tersebut pun akan membantu Anda dalam mensukseskan program kehamilan yang Anda inginkan.

Nah, itulah berbagai informasi penting seputar perencanaan kehamilan dan program yang ditawarkan oleh dokter spesialis. Selalu utamakan yang aman dalam mencari solusi kesuburan. Dengan begitu, selain cepat mendapatkan kehamilan, kesehatan dan keselamatan pun akan jauh lebih terjamin.

Sunday, October 6, 2019

Liburan Makin Seru dengan Traveloka Xperience

4:23:00 PM 0 Comments
Halo assalammualaikum pembaca happyummi.

Mendengar kata “liburan” rasanya menyenangkan sekali. Apalagi jika benar-benar terealisasi ummi bisa liburan bersama keluarga. Rencananya suami nih ingin berkunjung ke solok bersama keluarga kakak ipar. Selain untuk menjenguk Amak (ibu mertua) juga sekalian ajak anak-anak liburan akhir tahun. Si sulung Ubay juga tahun depan bakal masuk sekolah, jadi mungkin waktu buat ajak dia jalan-jalan jadi terbatas.

Beberapa tahun yang lalu saat liburan di Sumatera Barat sempat bingung mau jalan-jalan ke mana. Beberapa tempat sudah biasa dikunjungi, masa harus kesana lagi dan lagi. Sumatera Barat kan luas, yakin mah ummi masih banyak destinasi yang bisa di eksplorasi. Pengennya ummi sih wisata yang bisa menyenangkan dan ramah untuk anak-anak, tujuannya pulang dari liburan mereka tambah happy dan semangat untuk belajar. Biar bisa liburan lagi hehe…

Lalu apa sih yang biasanya ummi persiapkan untuk liburan keluarga? Jelas pertama adalah budget. Sekiranya nggak punya akomodasi yang cukup, ummi nggak bakalan sounding ke anak-anak. Takutnya kecewa. Kita berempat lumayan banget kan ya kalo mau pesan pesawat bolak-balik. Makanya ummi sering banget ngecek promo di Traveloka. Sudah pasti tau kan? Dari dulu juga kalo mau pesan tiket pasti sukanya ngecek di traveloka, ya secara gampang aja menggunakannya. Selain itu banyak promo dan banyak fasilitas yang ditawarkan.

Setelah budget, yang penting adalah itenary. Nih sering banget terlewatkan, maklum emak-emak kalau sudah berangkat mikirnya kebutuhan perjalanan aja. Eh pas di tempat tujuan malah bingung hahaa… Dulu ummi suka searching di internet wisata-wisata menarik, ya dibuka satu-satu sih. Terus minta bantuan saudara atau teman untuk cari-cari informasi. Merepotkan orang banget yah? Kalau bisa jangan deh kayak ummi, mendingan minta bantuan Traveloka Xperience aja.

Apa sih Traveloka Xperience?


Tenang ini bukan kloningan traveloka ya! Traveloka resmi melalukan rebranding untuk produk Aktivitas dan Rekreasi menjadi Traveloka Xperience yang diluncurukan Juni lalu. Biasanya sih kita ingatnya traveloka itu untuk pesan tiket aja kan? Nah dengan kemunculan Traveloka Xperience lengkap sudah kebutuhan liburan kita karena ia menyediakan kebutuhan travel dan lifestyle. Jadi yang biasanya suka bingung dan repot seperti ummi, dijamin bakalan mudah nyusun itenary perjalanan keluarga nantinya karena kita bisa menemukan berbagai jenis produk dan aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara mulai dari atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, serta kursus & workshop.

Lalu apa aja keunggulan Traveloka Xperience ?
1. Ada ribuan pilihan pengalaman wisata di seluruh dunia
2. tersedia dalam 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan para pengguna.
3. Metode pembayaran beragam,
4. proses pemesanan cepat dan praktis,
5. customer service 24/7

Nah teman-teman ummi, mungkin penasaran apa aja sih hal seru yang bisa kita lakukan dengan menggunakan Traveloka Xperience? FYI, ada 12 layanan unggulan yang memadukan travelling dengan gaya hidup. Apa aja itu?

1. Atraksi
2. Tur
3. Spa dan Kecantikan
4. Event
5. Bioskop
6. Makanan dan Minuman
7. Olahraga
8. Kursus dan Workhsop
9. Transportasi
10. Pelengkap Travel
11. Taman Bermain
12. Hiburan

Nah makin gampang kan mau merencanakan liburan bersama keluarga? Kalo ummi sendiri sudah mulai mencari tahu tempat-tempat seru yang akan dikunjungi jika berlibur ke sumatera barat nanti. Rekomendasi dari Traveloka Xperience memang pas banget deh, pasti ummi dan keluarga akan menghabiskan #XperienceSeru

Green House Lezatta



Murah meriah euy, bawa keluarga rame-rame nggak berat di kantong. Ini rekomendasi saat ummi cek di Traveloka Xperience. Tiketnya 15.000 dan sekarang lagi diskon jadi 14.400 . Tempat ini cocok banget buat keluarga. Letaknya nggak jauh dari Bukittinggi. Green House Lezatta adalah sebuah fasilitas rekreasi lengkap yang menawarkan kebun bunga dan tanaman berwarna warni., puluhan spot foto di depan rumah mungil dengan desain unik. Kita juga bisa sewa pakaian tradisional, menikmati lukisan 3D yang realistis dan ajak si kecil ke kolam renang tanpa biaya tambahan.

Tur Pulau Pagang

pulau pagang (gambar : traveloka)

Salah satu layanan yang tadi umi cek adalah tur. Kenapa memilih tur? Ya karena pengen lebih gampang aja, maklum lah bawa anak-anak kadang ya nggak sempat mikir mau ke spot yang mana. Bahkan pernah karena terlalu sibuk jaga anak-anak malah lupa foto loh. Kalau menggunakan jasa tur kan ya biasanya udah dibantu untuk dokumentasi dan kita bisa memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan. Nah sekarang lagi populer Tur Pulau Pagang. Pulau satu ini terkenal dengan keindahan tropisnya. Yang pengen banget umi lakukan disini adalah snorkeling di perairannya yang jernih dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Dan jelas bakal dapat dokumentasi snorkeling untuk mengenang perjalanan kesana.

Masih banyak sih rekomendasi dari Travelloka Xperience, nanti mau ummi cek lagi biar liburan ke Sumatera Barat makin menyenangkan dan tak terlupakan. Kalo kalian? Sudah pernah nyobain Traveloka Xperience?