Follow Us @soratemplates

Wednesday, January 8, 2020

5 Vitamin dan Mineral yang Diperlukan Ibu Menyusui


Asupan vitamin dan mineral selama menyusui adalah hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Tidak hanya dikonsumsi pada masa kehamilan, ibu menyusui juga membutuhkan beberapa vitamin agar bayinya cerdas.

Setiap wanita yang menyusui pasti memiliki kebutuhan zat gizi yang berbeda-beda. Jenis dan kualitas dari zat gizi yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap kualitas ASI. Meskipun dalam ASI sudah terdapat semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi, namun perlu juga ditingkatkan dengan tambahan beberapa vitamin dan mineral ibu menyusui.

Asam Folat

Asam folat yang juga dikenal dengan vitamin B9 penting dikonsumsi sebelum hamil, saat hamil, hingga menyusui. Fungsi dari vitamin ini adalah untuk membantu mendukung perkembangan sel darah merah.

Selain itu, asam folat juga memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi. Kandungan vitamin ini juga dapat membantu memaksimalkan kemampuan untuk memahami dan memproses informasi pada tahap awal.

Vitamin B6

Berdasarkan GueSehat, vitamin dan mineral ibu menyusui yang penting lainnya adalah vitamin B6, yang memiliki manfaat untuk merampingkan produksi hormon melatonin dan membantu siklus tidur si kecil.

Pada dasarnya, tidur memang merupakan aktivitas yang penting untuk pertumbuhan bayi. Dimana sebagian besar proses perbaikan tubuh dan pembentukan sel berlangsung saat si kecil sedang tidur nyenyak.

Vitamin B5

Vitamin B5 berperan dalam membantu sistem pencernaan agar dapat menyerap vitamin lainnya dengan  baik. Vitamin ini diketahui juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain berperan dalam mendukung kesehatan organ tubuh internal, asam pantotenat yang terkandung dalam vitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan sel darah merah. Dimana sel darah ini erat hubungannya dengan kecerdasan anak.

Vitamin B3

Vitamin B3 yang juga dikenal dengan niasin merupakan zat gizi yang bertugas menjaga kesehatan kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal sendiri berfungsi untuk menjaga hormon yang berhubungan dengan stres dalam tubuh agar tetap terkendali.

Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin dan mineral ibu menyusui yang memang sudah terdapat di dalam ASI. Akan tetapi, ibu menyusui juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D lainnya. Sebagaimana dilansir dari Gue Sehat, vitamin ini memiliki manfaat untuk penguatan dan pengembangan tulang, serta mencegah terjadinya autoimunitas.
Utamakan makanan mengandung nutrisi di atas agar kesehatan ibu menyusui selalu terjaga. 

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)