Friday, January 3, 2020

Milestone Perkembangan Anak 2 Tahun


Ghazy di umurnya yang memasuki 2 tahun menunjukkan hal-hal unik yang tak tertuga. Ia mulai bisa mengungkapkan emosinya seperti merengek, menjerit bahkan tantrum sehingga banyak yang menyebut  tahap anak 2 tahun sebagai terrible two. Ia mulai banyak berceloteh, keinginan untuk belajar dan ingin melakukan sesuatu sendiri. Memang sih ini sesuai dengan milestone perkembangan anak 2 tahun yang membuat kita sebagai orang tua sering tercengang sendiri.

Perkembangan Fisik

Bayi lucu itu kini sudah sangat aktif yang membuat kita sebagai orang tua harus berlari mengejarnya keliling rumah hingga kehabisan nafas. Kadang juga ana-anak suka berjinjit ingin mengambil sesuatu yang tinggi atau mencoret tembok rumah menjadi penuh warna. Harusnya kita bersyukur karena berarti perkembangan fisik dan motoriknya baik dan sesuai dengan usianya. Berikut beberapa gerakan fisik yang biasanya ditunjukkan anak 2 tahun :

1. Naik turun tangan
2. Berjongkok
3. Menarik
4. Berlari
5. Memanjat furniture
6. Melompat
7. Berdiri berjinjit
8. Menendang dan melempar bola
9. Mengosongkan wadah
10. Menumpuk balok
11. Menyodok dan mendorong
12. Menggambar garis dan mencoret

Nah untuk membantunya dalam meningkatkan perkembangan fisiknya,orang tua bisa ajak anak untuk berkalan kaki bersama atau membiarkannya berlarian. Selain itu bisa ajak dia untuk menggambar sehingga kemampuan motorik halusnya terlatih

Perkembangan Kognitif

Anak 2 tahun punya volume otak yang berkembang hampir 75% dari otak orang dewasa yang bisa meningkatkan kemampuan memori karena punya keterampilan observasi. Dia mulai bisa mengkategorikan benda seperti burung dan ikan adalah binatang, pisang dan jeruk dalah buah dan mulai memgenali bangunan terutama yang sering dikunjunginya. Berikut beberapa kemampuan kognitif anak 2 tahun :

1. Menunjuk benda dan menyebutkan namanya
2. Mulai suka role play seperti member makan boneka
3. Mengikuti 2 intruksi secara bersamaan
4. Mengurutkan bentuk dan warna
5. Menemukan benda yang disembunyikan
6. Membangun menara dari balok
Di umur nya yang memasuki 2 tahun, orang tua bisa mengajak anak untuk bernyanyi bersama, menyebutkan abjad, member pertanyaan dan menjelaskan saat kita sedang melakuukan sesuatu.

Perkembangan Sosial dan Emosi

Anak akan menjadi posesif terhadap benda kepunyaannya di umur 2 tahun. Bila tidak mendapatkan apa yang diinginkannya anak akan mudah emosi, meledak, marah dan menangis. Berikan kesempatan pada anak untuk bernegosiasi menyelesaikan masalahnya sendiri dan awasi jika ia mulai melibatkan fiisk. Nah berikut beberapa perilaku sosial –emosional yang diperlihatkan anak usia 2 tahun :

1. Semakin mandiri
2. Suka meniru orang dewasa
3. Bermain berdampingan dengan anak lain
4. Menujukkan sikap menantang
5. Takut akan suara keras atau binatang tertentu'

Perkembangan Bahasa

Ghazy memang tampak suka mulai bicara dan merangka dua hingga tiga kata dalam satu kalimat misalnya “Umi, adek mau makan”. Kosakata anak 2 tahun akan berkembang anatara 50-75 kata. Ia menyebutkan nama dari benda yang dilihat  secara teratur atau yang pernah di dengar dan dilihatnya. Ia pun mungkin bisa menyebutkan warna dan berhitung angka 1 sampai 10. Berikut keterampilan bahasa yang biasanya ditunjukkan anak 2 tahun :

1. Mengucapkan sekitar 50-75 kata
2. Menyusun kalimat yang terdiri dari 2-3 kata
3. Bisa menyebutkan bagian tubuh
4. Menyebutkan nama orang yang ia kenal
5. Ucapannya mulai dapat dipahami
6. Menyebutkan nama gambar di dalam buku
7. Mengikuti instruksi sederhana
8. Mengulangi kata yang didengarnya

Kesehatan Anak 2 tahun

Anak-anak dua tahun akan mulai memanjang dan tampak menyerupai orang dewasa. Ia biasanya juga mulai picky eater memasuki usia 2 tahun. Untuk itu orang tua memang harus ekstra untuk melihat tanda-tanda jika anak kekurangan nutrisi. Di usia 2 tahun ini juga saya mulai melihat ghazy memiliki alergi. Setelah diperiksa kemungkinan Ciri anak alergi susu sapi. Seperti ada ruam merah setelah mengkonsumsi susu sapi. Jika sudah begitu sebagaiknya diberikan susu soya sebagai pengganti agar nutrisinya tetap terpenuhi.

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)