Saturday, January 25, 2020

Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Assalmmualaikum wr.wb

Hallo para bunda dan pembaca happyummi.com. Apa kabarnya? Kali ini ummi akan membahas mengenai tips memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Sebagai ibu, pasti bunda ingin si kecil tumbuh sehat dan jadi anak Generasi Maju. Saya pun begitu, apalagi sejak bergabung menjadi Mombassador SGM Eksplor jadi makin termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil termasuk dalam pemenuhan nutrisinya.

Memang tidak mudah mengingat anak-anak di rentang usia 1-5 tahun cenderung picky eater (suka pilih-pilih makanan). Untuk mensiasatinya perlu dilakukan pengenalan beragam jenis makanan baik dari segi bentuk maupun rasa. Selain itu penting juga bunda untuk memberikan pilihan makanan dengan gizi seimbang yang baik untuk tumbuh kembangnya. Semakin meningkat usia anak tentu makin banyak pula kebutuhan nutrisinya.

Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

1. Makan Sebelum Beraktivitas/ Sarapan



Sarapan sangat pentihng diajarkan pada anak sejak dini. Dengan sarapan anak-anak diajarkan pola makan dan hidup sehat. Sarapan memberikannya nutrisi untuk agar semangat dan aktif saat melakukan aktifitas maupun saat sekolah. Ia pun akan lebih fokus dalam menerima pelajaran. Ubay dan ghazy pun terbiasa sarapan saat pagi hari, selain itu saya juga memberikan segelas susu SGM Eksplor saat sarapan 

2. Mengajarkan Beragam Menu Makanan Sehat

Beragam menu makanan sehat sama pentingnya dengan mengajarkan pola makan sehat. Pemenuhan kebutuhan nutrisi si kecil bisa dilakukan dengan memberikan aneka jenis makanan yang bergizi seimbang seperti sayuran, buah, daging, ikan, ayam, susu dan. Biasanya anak-anak suka pilih-pilih dan tidak suka dengan rasa sayuran. Bunda bisa mengkreasikan dengan membuat tampilan yang menarik dan memadukan makanan menjadi enaka makanan yang disukai. 

3. Berikan Camilan Sehat

Selain sarapan dan menu makanan yang sehat, cara memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil lainnya adalah dengan memberikan camilan yang sehat seperti potongan buah, roti isi, pudding, dan aneka makanan yang bisa bunda kreasikan sendiri. Hindari terlalu banyak permen, coklat dan aneka jajanan dengan pemanis dan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan si kecil.

Nah berikut ide camilan sehat untuk si kecil :

Tahu Sosis


5 buah sosis (bisa dipotong 5 bagian)
5 buah tahu putih
1 buah wortel diserut kasar
4 siung bawang putih haluskan
2 siung bawang merah haluskan
2 butir telur
1 batang daun bawang iris halus
2 sdm tepung tapioka
1/2 sdm garam
1/2 sdm kaldu
1 sdm susu bubuk sgm eksplor 5 plus

Cara membuat
1. Haluskan tahu, lalu peras dengan kain agar kandungan air berkurang
2. Tambahkan bawang yang dihaluskan, wortel, garam, kaldu, susu bubuk, daun bawang dan telur, aduk-aduk
3. Tambahkan tepung tapioka lalu pindahkan ke loyang..tekan dan ratakan
4. Taroh potongan sosis di atas tahu lalu kukus hingga matang
5. Angin-anginkan tahu lalu potong persegi
6. Celupukan ke dalam kocokan telur lalu goreng hingga berwarna keemasan

Gimana mudah bukan membuatnya. Bunda bisa menemukan informasi mengenai tips nutrisi si kecil lainnya juga di website Generasimaju.co.id atau Facebook Aku Anak SGM

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)