Wednesday, February 5, 2020

Sulit Menghilangkan Noda Minyak di Baju? Ini dia Tipsnya!


Saat beraktifitas kadang tak sengaja produk minyak mengenai baju atau kain sehingga meninggalkan noda. Noda tersebut cukup mengganggu karena jika tidak benar-benar hilang akan membuat kita tidak percaya diri. Biasanya area kain yang terkena noda minyak akan tampak lebih gelap dari area sekelilingnya. Tidak perlu khawatir, karena ada cara menghilangkan noda minyak di baju maupun kain lainnya.

Berikut beberapa Tips menghilangkan noda minyak di baju yang bisa dicoba:

cara menghilangkan noda minyak di baju

1. Menggunakan Deterjen Cair atau Sampo

Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa deterjen sangat ampuh untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada baju termasuk noda minyak. Caranya adalah dengan mengusapkan deterjen cair atau sampo secukupnya pada noda lalu tetesi bagian tersebut dengan air biasa, jangan gunakan air hangat. Lalu sikatlah dengan sikat gigi bekas dengan gerakan memutar tanpa terlalu menekannya. Setelah area tersebut berbusa sekitar  1-3 menit, lalukanlah hal yang sama di balik kain. Lalu bilas hingga bersih.

2. Menggunakan Sabun Pencuci Piring Cair

Untuk menghilangkan noda minyak  pada baju, kita bisa melapisi seluruh noda lemak atau minyak dengan sabun pencuci piring cair. Caranya dengan mencairkan sabun puncuci piring dengan air, lalu rendam noda minyak itu, sikat dengan sikat gigi bekas. Sikat gigi bisa menghilangkan noda lebih baik daripada dikucek dengan menggunakan tangan. Untuk noda membandel mungkin perlu beberapa kali olesan sabun pencuci piring.

3. Menghilangkan Noda Minyak dengan Perasan Jeruk Lemon atau Cuka Putih

Perasan jeruk lemon atau cuka putih bersifat asam yang dapat menghancurkan timbunan minyak pada kain. Untuk menghilangkan noda minyak pada baju kita bisa mencampur cuka putih atau perasan jeruk lemon pada air dengan perbandingan 1 :2 . Jika noda nya kecil, cukup gunakan 2 sendok cuka atau lemon yang diencerkan dengan 2 sendok makan air.
Selanjutnya celupkanlah bagian kain yang terkena noda minyak lalu remas perlahan dan rendam selama 5 menit. Setelah dibilas, kita bisa mencuci ulang dengan detergen agar baju benar-benar bersih.

4. Bersihkan Noda Minyak dengan MSG

Bahan lain untuk menghilangkan noda minyak pada baju adalah menggunakan MSG atau bumbu penyedap yang mudah ditemukan. Cukup gunakan MSG tersebut saat mencuci pakaian dengan cara rendam pakaian pada air dan tambahkan MSG yang sudah disiapkan. Lalu gosok beberapa saat lalu diamkan. Ulangi langkah tersebut beberapa kali hingga nodanya memudar.

5. Membersihkan Noda Minyak dengan Soda Kue

Ternyata soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak pada baju. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan minyak masih terasa basah. Cara membersihkannya sangat mudah, ambil sejumlah bubuk soda kue lalu tumpuk di atas noda minyak di baju. Biarkan beberapa saat agar soda kue menyerap minyak yang masih basah. Lalu soda kue akan berubah warna menjadi lebih hitam. Setelahnya cuci hingga bersih

6. Bedak Bayi

Nah bahan terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak adalah bedak bayi. Pertamanya, anda perlu mengeringkan noda minyak dengan tisu, lalu bubuhkan bedak bayi cukup banyak pada bagian pakaian yang terkena noda. Selanjutnya bersihkan bedak bayi dengan isu atau sendok dengan hati-hati. Semprotkan sedikit campuran sabun cuci piring dan air lalu gosok perlahan dengan jari. Kemudian cuci hingga bersih

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan noda minyak di baju. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)