Monday, March 9, 2020

5 Momen Cuci Tangan, Jangan Sampai Dilewatkan

Assalammualaikum pembaca happyummi!

5 momen cuci tangan


Mencuci tangan harus dijadikan kebiasaan keluarga sejak dini karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Semua pasti setuju bahwa tubuh yang sehat berawal dari tangan yang bersih. Sekarang kita ditakutkan dengan virus corona yang membuat banyak orang kehilangan nyawa. Penyebaran virus ini sangat cepat karena lewat cairan yang keluar dari penderita. Jika kita menyentuh orang yang terkena virus ataupun segala benda yang pernah disentuhnya tanpa mencuci tangan maka kemungkinan akan terkena virus yang sama. Untuk itu disarankan oleh kementrian kesehatan untuk menjaga kebersihan tangan.

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh benda lain. Kita pasti sering memegang banyak benda seperti saat berada di transportasi umum, kantor, taman atau tempat lainnya. Tak jarang pula berinteraksi dengan orang lain dengan sentuhan tangan. Kita tak tau berapa jumlah kotoran dan kuman yang menempel. Jika Anda tidak melakukan langkah cuci tangan yang benar, kemungkinan tangan kotor akan menjadi sarang penyakit. Kotoran dan kuman makin mudah masuk ke tubuh kalau tangan selalu kotor.

Untuk terhindar dari kuman cuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun adalah salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Nah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kebiasaan cucci tangan anda harus mengetahui 5 momen cuci tangan yang tepat! 

Yuk simak 5 momen terbaik yang dikampanyekan oleh Lifeboy!

1. Sebelum Sarapan 

Di pagi hari, kita sering terburu-buru beraktifitas seperti berangkat ke sekolah, ke tempat kerja ataupun memberesken rumah. Tak jarang anda sering lupa mencuci tangan menggunakan sabun sebelum sarapan. Kebiasaan ini sangat tidak baik yang bisa membahayakan kesehatan kita.
Jadi pastikanlah untuk selalu cuci tangan dengan sabun sebelum sarapan di pagi hari. Lakukanlah langkah cuci tangan yang benar dan dianjurkan agar tangan menjadi bersih dan terbebas dari kuman. Kebiasaan baik mencuci tangan sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak dan keluarga sejak dini agar menjadi kebiasaan hingga mereka dewasa. Penting juga untuk memberikan pengetahuan kepada tetangga dan masyarakat yang belum mengetahui agar semakin banyak orang yang sadar akan kebersihan diri.

2. Sebelum Makan Siang

Biasanya anak-anak sering lupa mencuci tangan mengguankan sabun sebelum makan. Tak jarang orang tua pun menganggap hal ini sepele. Padahal banyak kuman yang bersarang saat mereka bermain atau beraktifitas. Sebaiknya mulai biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan siang , sebelum anda menyentuh makanan. Hal ini sangat penting sebagai pencegahan agar kuman tidak menempel di tangan dan bisa masuk ke dalam tubuh. Mencuci tangan sebelum makan juga membantu menghindari penyakit seperti cacingan, diare, gangguan pernapasan dan penyakit berbahaya lainnya.

3. Sebelum Makan Malam

Selain sebelum sarapan dan makan siang, anda juga hendaknya memastikan anak-anak dan keluarga cuci tangan dengan sabun dan mengikuti langkah cuci tangan yang benar sebelum makan malam. Ajak mereka bersama-sama mencuci tangan agar lebih bersemangat dan terasa menyenangkan.

4. Setelah Menggunakan Toilet

Walaupun terlihat bersih, toilet ternyata menjadi sarang kuman. Jadi setelah menggunakan toilet, apakah itu buang air besar atau buang air kecil, pastikan untuk selalu cuci tangan menggunakan sabun. Dengan begitu penyebaran kuman bisa ditekan karena kebiasaan hidup bersih.

5. Saat Mandi

Saat mandi anda juga bisa mencuci tangan agar setelahnya menjadi nyaman untuk beraktifitas. Dengan mencuci tangan saat mandi, anda akan bebas dari kuman yang menempel di tubuh.

Nah itu tadi 5 momen cuci tangan yang jangan sampai anda lewatkan. Dengan menjaga kebersihan dengan cuci tangan di waktu penting dan dengan cara yang benar, kita berharap penyebaran kuman bisa ditekan dan keluarga bebas dari penyakit.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)