Saturday, June 20, 2020

Persiapan Menghadapi New Normal

Pandemi Covid 19 di Indonesia belum berakhir. Setidaknya sudah 3 bulan lamanya kita mengalami perubahan drastis untuk semua aktivitas. Tidak banyak kegiatan di luar, social distancing dan physical distancing menjadi salah satu jalan yang tepat untuk menghadapinya. Namun sebagai makhluk sosial kadang merasa jenuh jdan bingung juga jika selalu di rumah aja. Ummi beruntung karena tergabung di berbagai komunitas termasuk Mombassador SGM Eksplor karena banyak kegiatan online dan sharing ilmu yang bermanfaat sehingga bisa mengisi waktu dan menambah pengetahuan untuk mendampingi si kecil jadi Anak Generasi Maju.

Ide Kegiatan Kreatif Bersama si Kecil dari Aku Anak SGM

Sebagai orang tua, walau merasa jenuh umi tetap harus semangat mencari kegiatan dan aktivitas yang menyenangkan untuk abang ubay dan adik ghazy. Bagaimanapun juga mereka butuh stimulasi agar tumbuh kembangnya tidak terhambat. Biasanya jika sudah kehabisan ide, ummi akan berselancar ke internet mencari berbagai ide permainan dan kegiatan edukatif yang bisa dilakukan bersama si kecil. Salah satu favorit ummi adalah website https://generasimaju.co.id/ bermain-bersama-bunda dan sosial media Aku Anak SGM.



Hingga saat ini ummi menjadikan Aku Anak SGM sebagai referensi utama untuk mencari ide aktivitas kegiatan yang menyenangkan untuk si kecil sekaligus bisa  mengasah potensi prestasi mereka. Jadi merasa terbantu sekali nih bun. Beberapa contoh ide kegiatan yang umi temukan di website generasi maju dan sosial media Aku Anak SGM antara lain :

1. Belajar Menggambar Hewan


Di website generasi maju bisa ditemukan ide kegiatan menggambar hewan dengan cara yang mudah dan sederhana. Ini bermanfaat banget untuk mengajarkan si kecil menggambar. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Setelah digambar bisa ajak si kecil untuk mewarnai dan memberikan nama gambar yang ia buat.

2. Mencari Perbedaan Gambar

Di instagram dan Facebook Aku Anak SGM ummi menemukan ide kegiatan untuk mengembangkan potensi prestasi berpikir kreatif si kecil dengan permainan seru di rumah. Bunda bisa ajak si kecil mencari perbedaan yang ada pada dua buah gambar. Ini bisa melatih ketelitan, kesabaran dan kreativitas si kecil loh

3. Bercocok Tanam di Rumah


Awalnya ummi berpikir pasti ribet kalo ajak anak-anak berkebun. Eh ternyata dengan tips dari AAku Anak SGM bisa melaukkan cocok tanam dengan mudah. Misalnya menanam cabe dengan kaleng bekas. Si kecil jadi belajar mandiri dan peduli dengan ciptaan Allah lainnya. Bunda bisa coba juga ajak si kecil bercocok tanam, bisa buka link ini ya https://generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda

4. Memasa Bersama si Kecil


Wah si kecil pasti senang sekali jika diajak memasak makanan kesukaannya. Belum lama ini ummi mencoba mengajak adek dan abang untuk memasak bakso ikan yang resepnya bisa ditemukan di instagram @akuanaksgm. Rasanya enak sekali loh dan mudah dibuat. Si kecil pun jadi ceria dan menstimulasi potensi prestasinya.

Mempersiapkan Keadaan New Normal

Belum lama ini ada isu bahwa pemerintah akan menerapkan The New Normal Concept yang entah akan benar diimplementasikan atau hanya wacana. Situasi ini memang dilematis. Di satu sisi kita pasti cemas karena penyebaran covid yang tak juga kunjung berhenti. Namun di sisi lain, roda perekonomian harus tetap berjalan. Ada yang memang beruntung bisa bekerja dari rumah, namun banyak juga orang tua yang harus ke luar rumah untuk bekerja dan mencari nafkah untuk keluarganya termasuk suami saya.

Siap atau tidak siap, kita memang harus menghadapi situasi seperti ini. Tentu jika keluar rumah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menyiapkan handsanitizer, membawa semua perlengkapan pribadi dari rumah.

Untuk keluarga, ummi pun selalu mengingingatkan agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, aturan saat berinteraksi dengan orang lain, dan menjaga asupan nutrisi si kecil agar tetap sehat dan punya imun tubuh yang kuat.

Pengetahuan tentang kesehatan keluarga terutama mengenai tumbuh kembang, nutrisi dan pola asuh anak penting banget. Jadi umi pun memperbanyak membaca artikel yang ada di www.generasimaju.com sebagai persiapan menghadapi new normal.

Tetap semangat ya bunda-bunda! Apapun yang sudah terjadi dan akan terjadi sudah menjadi takdir dan tugas kita adalah berusaha yang terbaik semaksimal mungkin demi keluarga. Tetap semangat dan teruslah berdoa & berharap pandemic ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktivitas seperti biasanya.

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)