AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

kulit kepala yang kering bisa menyebabkan gatal
gambar : pixabay

Kulit kepala kering dan gatal seringkali menjadi masalah yang sangat mengganggu dan mempengaruhi penampilan. Sekilas banyak yang menganggap kulit kepala kering serupa dengan ketombe, namun ternyata berbeda. Kulit kepala kering yang terlepas bentuknya lebih kering dan dalam serpihan kecil serta tidak mengandung minyak. Selain itu akan menimbulkan bercak bersisik disertai rasa gatal Sedangkan, serpihan ketombe bisa disertai minyak akibat kulit kepala yang lembap.

Penyebab Kulit Kepala Kering


Untuk mengatasi kulit kepala kering kita sebaiknya mengetahui penyebabnya yang beragam. Mulai dari penyakit eksim, psoriasis, atau dermatitis seboroik.

1. Eksim, yaitu keadaan di mana kulit kepala jadi bersisik serta menimbulkan rasa gatal yang mengganggu sehingga berakhir pada mengeringnya kulit kepala. Biasanya eksim di kulit kepala terjadi pada anak-anak atau bayi. 

2. Psoriasis membuat kulit kepala memerah, bersisik, serta kulit kepala berlapis-lapis dan menumpuk yang menjadikan kulit kepala kering. Kondisi ini juga bisa terjadi di belakang leher, kuping dan kening. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga kulit tumbuh terlalu cepat dan mudah mengelupas. Psoriasis menyebabkan luka berkerak tebal dan bertahan lama, jika digaruk berlebihan akan menyebabkan kerontokan rambut serta infeksi.

3. Dermatitis seboroik terlihat menyerupai eksim dan psoriasis dengan gejala yang mirip. Gangguan yang satu ini disebabkan oleh jamur dan berujung pada keringnya kulit kepala. Penyebab pasti dermatitis seboroik masih belum diketahui, namun diduga disebabkan oleh peradangan yang berhubungan dengan psoriasis, atau jamur Malassezia yang berada di kulit kepala.

Selain karena 3 penyakit di atas, kulit kepala paling sering disebabkan oleh jamur yang tumbuh saat kulit kepala berminyak. Faktor lain seperti udara yang dingin dan kering, dermatitis kontak terhadap produk untuk rambut, serta usia tua juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Kondisi kulit kepala kering sebaiknya segera ditangani agar tidak semakin parah.

Cara mengatasi kulit kepala kering

Untuk mengatasi kulit kepala yang kering dan mengelupas kita bisa melakukan cara alami yang mudah dilakukan di rumah. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan menjadi alternative pilihan mengatasi kulit kepala kering secara alami. Minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan kulit kepala, serta memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat mengurangi risiko infeksi. Cara menggunakannya pun mudah, kita hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di kulit kepala lalu diamkan 10 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan rambut termasuk mengatasi kulit kepala kering. Lidah buaya memiliki anti peradangan yang mampu mengatasi permasalahan kulit dan mengurangi iritasi kulit. Lidah buaya pun bisa jadi pelembab yang efektif. Untuk menggukannya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Minyak zaitun dan baking soda

Cara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan baking soda untuk mengangkat kulit kering dan meredakan rasa gatal. Kandungan zaitun bersifat antijamur dan antibakteri. Jika digunakan secara rutin akan membuat kulit kepala lebih sehat.

Pisang

Ternyata pisang juga bisa mengatasi kulit kepala kering. Pisang memiliki antimikroba alami yang mampu membersihkan kulit kepala kering dan juga melebabkan kulit kepala. Hancurkan atau campur pisang dengan beberapa sendok makan minyak kelaa, lalu oleskan ke kulit, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas.

Selain menggunakan bahan alami, kulit kepala kering bisa diatasi dengan menggunakan sampo dan conditioner yang tepat. Jangan gunakan sampo anti ketombe karena justru akan memperparah kekeringan rambut.

Pilihlah sampo yang mengandung banyak pelembab untuk menghidrasi kulit kepala seperti Dove Volume Nourishment dengan formula Oxyfusion Technology untuk menutrisi rambut tanpa membuatnya lepek atau kering. oksigen dari Oxyfusion Technology membuat nutrisi dalam sampo terserap sempurna, sehingga dapat langsung larut pada helai rambut dan tidak menyimpan residu berlebihan. Rambut pun menjadi lembut dan bervolume. Jika kekeringan rambut masih terus berlanjut jangan ragu untuk konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment