Thursday, July 9, 2020

Cara Mudah Menabung Uang Kita

tabungan untuk masa depan
Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat dari Pixabay 

Menabung adalah salah satu cara untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Kita tentu tidak tahu apa yang akan terjadi, tidak ada yang bisa menjamin bahwa finansial kita selalu dalam kondisi yang aman. Dengan menabung kita punya dana cadangan sehingga jika ada musibah yang menimpa, kita tidak bingung ingin mencari uang ke mana. 

Masalahnya tidak semua orang terbiasa menabung karena menganggap kondisi keuangannya baik-baik saja. Meskipun kita tahu bahwa menabung punya banyak manfaat untuk kehidupan di kemudian hari, kadang keinginan menabung malah tertunda karena tak bisa menahan diri untuk boros dan menghabiskan uang setiap bulannya. 

Menabung artinya menyisihkan uang berarti atau sebagian pendapatan dan membiarkannya sebagai tabungan, tidak memakainya untuk hal lain. Terdengar mudah tapi ternyata susah. Nah jika kalian mengalami kesulitan seperti ini yuk simak cara mudah menabung uang kita di bawah ini:

Membuat Rincian Pemasukan dan Pengeluaran

Menabunglah sesuai kemampuan berdasarkan penghasilan kita. Sebelumnya buatlah rincian total pemasukan bulanan serta apa berapa yang harus dikeluarkan seperti sewa rumah, biaya makan, transportasi serta tagihan lainnya. Dari rincian itu kita bisa melihat berapa kelebihan uang yang nantinya bisa digunakan untuk menabung.

Tentukan Tujuan Menabung

Cara mudah menabung selanjutnya adalah kita harus menentukan tujuan menabung yang jelas. Jika ada tujuan, maka akan muncul motivasi dan semangat untuk mulai menabung dan mencapai apa yang kita inginkan. Misalnya kita ingin menikah 5 tahun ke depan, ingin mendaftar haji, ingin membeli rumah, mobil atau modal usaha. Tentukanlah tujuan yang benar-benar diinginkan agar bisa membuat kita menjadi termotivasi tanpa harus merasa terbebani. Tujuan ini harus diyakini bahkan perlu ditulis untuk membantu mengingatnya sehingga dorongan untuk menabung akan semakin kuat.

Tabungan Sistem Otomatis

Bagi sebagian orang menabung memang terasa sulit dan tidak bisa jika hanya mengandalkan kemauan pribadi. Jadi membuat sistem otomatis pada tabungan bisa jadi salah satu cara agar menabung terasa mudah. Caranya sangat mudah, di rekening penerimaan gaji atau pendapatan anda bisa setel transfer otomatis ke rekening tabungan. Biasanya semua produk bank memiliki fitur ini. Kita bisa atur berapa nominal yang ingin ditransfer setiap bulannya sehingga tidak perlu khawatir melewatkan kewajiban menabung ini. Misalnya kita gajian setiap tanggal 1, lalu setel saja autodebet setiap tanggal 3 ke rekening tabungan atau investasi kita

Jadikan Asset Riil atau Investasi

Jika kesulitas karena selalu tergoda melihat uang menganggur dalam rekening. Kita bisa mengubuah uang ditabungan menjadi asset riil atau menggunakannya untuk investasi seperti investasi saham. Anda bisa membeli emas dari tabungan tersebut. Ada banyak produk tabungan emas yang bisa dimanfaatkan. Misalnya setiap bulan kita menyisihkan 1 juta, nah kita bisa menjadikan uang itu menjadi emas batangan atau membeli saham. Selain menangkal inflasi, mengubah uang menjadi asset riil juga memperkecil kemungkinan langsung memakainya untuk belanja. 

Sembunyikan atau Kunci Tabungan 

Cara mudah menabung uang kita adalah jangan biarkan kita ingat bahwa kiat memiliki uang dalam tabungan. Sembunyikan tabungan maksudnya adalah menembaptkan uang di sebuah tempat yang tidak bisa diambil dengan mudah. Misalnya rekening di bank lain tanpa memiliki kartu debit atau ATM sehingga sulit tergoda mengambilnya untuk keperluan yang tidak jelas.

Kita pun bisa mengunci dana pada tabungan melalui produk deposito bank atau produk tabungan berencana. Ada banyak produk deposito yang bisa menyimpan dana. Cara lainnya juga bisa dengan memanfaatkan tabungan rencana yang biasanya bisa menarik dana tabungan secara autodebet sekaligus mengunci uang kita  selama periode tertentu.Kita pun bisa melindungi kekayaan dengan memiliki perlindungan asuransi yang menjaga jika ada kejadian yang tidak terduga. 

Nah itu tadi cara mudah menabung uang kita. Tentu saja tujuan yang diinginkan tidak bisa instan tercapai. Perlu ketekunan dan semangat untuk masa depan yang lebih baik. 

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)