AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Percobaan Sains : Balon Mengembang Tanpa Ditiup

balon bisa mengembang tanpa ditiup

Abang Ubay senang sekali karena akan persentasi di acara Sains Fair sekolahnya. Rencananya Umi dan Abang akan melakukan percobaan sains sederhana : Tanpa ditiup balon bisa mengembang.

Harusnya sains fair ini dilakukan di sekolah dengan acara yang meriah. Namun karena pandemic covid 19, persentasi sains nya dilakukan via zoom sabtu, 10 Oktober lalu.

Diskusi umi dan abang cukup alot hehe, karena banyak banget ide percobaan yang kami temukan. Sebelumnya abang sudah pernah melakukan percobaan sains sederhana seperti membuat erupsi gunung berapi, membuat gelembung sabun dan percobaan mengangkat balok es dengan tali.  Namun akhirnya abang memilih untuk bereksperimen dengan balon.


Alat dan Bahan Membuat Eksperimen Balon Menggelembung Tanpa Ditiup

Balon pasti disukai anak-anak. Balon yang menggelembung saat diisi udara memang menarik untuk dimainkan. Balon bisa mengembang hingga besar karena terbuat dari karet yang elastis. Biasanya balon diisi udara melalui tiupan langsung menggunakan mulut, dengan pompa atau mengisinya dengan gas helium.

Nah untuk menggelembungkan balon tanpa ditiup ada beberapa alat dan bahan yang bisa digunakan. Sangat mudah menemukannya karena bisa didapatkan dari bahan-bahan dapur yaitu:

1. Botol kaca/ botol plastic bekas

2. Balon

3. Cuka masak

4. Baking soda

5. Pewarna makanan (optional)

menyiapkan eksperimen anak menggunakan balon

Tahap Percobaan

1. Pertama-tama siapkan lah botol kaca atau botol plastic bekas minuman. Jika umur anak masih terlalu kecil lebih aman menggunakan botol plastik, botol kaca rawan pecah.

2. Tambahkan cuka masak sedikit saja, sekitar ¼ isi botol

3. Teteskan sedikit pewarna makanan agar reaksi lebih terlihat cantik nantinya

4. Lalu siapkan balon, tambahkan baking soda sekitar 3 sendok ke dalam balon

5. Pelan-pelan rekatkan mulut balon ke mulut botol. Hati-hati jangan sampai baking soda di dalam balon tumpah ke dalam botol

6. Lalu dengan aba-aba bersama anak, hitunglah 1-2-3. Angkat balon hingga baking soda tumpah ke dalam botol

7. Amati apa yang terjadi

Nah saat baking soda turun menyentuh cuka masak, akan terjadi reaksi yang menakjubkan. Muncul gelembung gas yang naik dan membuat balon jadi mengembang tanpa di tiup.

Kenapa balon bisa mengembung?

balon menggelembung tanpa ditiup karena cuka dan baking soda

Hal ini dikarenakan oleh reaksi antara cuka yang bersifat asam dan baking soda yang bersifat basa menghasilkan gelembung udara berupa karbohidrat yang menekan oksigen diatasnya sehingga balon bisa menggelembung.

Percobaan ini sangat menyenangkan dan membuat abang takjub. Ia melongo terheran-heran dan sangat ceria setelahnya. Ummi pun menjelaskan bahwa ternyata balon membutuhkan gas berupa karbondioksida agar bisa menggelembung. Dan perpaduan dua bahan yaitu cuka dan baking soda bisa menghasilkan reaksi itu.

Yuk coba juga bersama si kecil di rumah! Banyak sekali percobaan menarik yang menyenangkan sebagai bahan pembelajaran di rumah agar kecil tidak bosan.


Itu tadi percobaan sederhana : tanpa ditiup balon bisa mengembang. Sampai jumpa di percobaan selanjutnya ya. Terimakasih sudah membaca blog happyummi :)


Related Posts

Related Posts

Post a Comment