AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Jangan Sepelekan Penyebab Tangan Kebas

Tangan kebas karena neuropati

Hai pembaca happy ummi! Pernah kah kalian merasakan kebas, keram atau kesemutan? Pasti rasanya nggak nyaman dan mengganggu aktivitas? Saya juga sesekali pernah mengalami kebas di tangan jika terlalu lama mengetik, rasanya berat untuk mengangkat tangan.

Kebas pada tangan hendaknya jangan di sepelekan, karena tangan merupakan bagian tubuh yang berperan untuk melakukan aktivitas penting seperti menulis, berkendara dan aktivitas lainnya. 

Beberapa Penyebab Tangan Kebas

Nah, ternyata tangan kebas ini merupakan salah satu kondisi yang diakibatkan karena adanya kerusakan saraf, iritasi maupun tekanan pada percabangan saraf yang terbentang dalam tangan, neuropati, kekurangan vitamin B12 dan banyak lagi penyebab lainnya. Untuk info lebih lengkapnya yuk simak apa saja penyebab tangan kebas :

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Salah satu penyebab utama tangan sering merasakan kebas dan keram adalah CTS (Carpal Tunnel Syndrome ) atau sindrom terowongan kapal yang mana saraf medianus yang melewati terowongan carpal di pergelangan tangan terjepit. Hal ini disebabkan karena menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama terlalu lama.

Gejala yang dapat dirasakan adalah kesemutan yang menjalar ke jari telunjuk, jari tengah dan ibu jari. Bisa juga menyebabkan nyeri, kebas maupun mati rasa. Dan dapat terjadi di tangan kanan, kiri maupun keduanya.

2. Neuropati 

Kondisi neuropati memiliki kesamaan dengan CTS yaitu adanya tekanan pada saraf ulnar ataupun radial yang terbentang dalam tangan hingga menimbulkan tangan kebas.

Namun, neuropati biaanya memiliki gejala tangan kebas yang disertai dengan parestesia (kesemutan).

Neuropatiakan menjadi masalah apabila disebabkan oleh stroke, penting bagi kita untuk memperhatikan gejala lain seperti kesulitan bernapas, lemah otot, pusing, sakit kepala hebat dan kebingungan. 

3. Defisisensi Vitamin B12

Usia yang kian bertambah membuat tubuh sulit menyerap vitamin B12. Selain itu penyakit crohn, anemia, gangguan imunitas seperti lupus juga dapat menyebabkan gangguan penyerapan vitamin B12 sehingga lebih rentan mengalami defisiensi. 

Nah, vitamin B12 sendiri bisa diperoleh melalui produk hewani seperti telur, daging, ikan, ayam dan produk susu. Kurangnya konsumsi asupan B12 dapat menyebabkan tangan kebas, selain itu kita juga bisa mengalami parestesia, kelemahan otot dan gangguan saat berjalan. Untuk itu perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin B 12 agar bisa mengatasi tangan kesemutan yang dikeluhkan 

4. Diabetes

Sering mengalami kebas dan kesemutan di tangan terlalu sering juga bisa menjadi tanda penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi karena kadar gula darah yang tidak terkontrol. Penderita biasanya juga akan mengalami gejala lain seperti keram di tangan atau bagian tubuh lainnya. 

5. Fibromyalgia

Kondisi fibromyalgia adalah kondisi kronis dengan keluhan nyeri otot dan sendi di seluruh tubuh, selain itu juga bisa menyebabkan kebas di bagian jari tangan. 

Fibromyalgia juga bisa menyebabkan gangguan tidur, kelelahan, gangguan memori, kesulitan konsentrasi dan berpikir. Orang yang mengalami Fibromyalgia lebih beresiko terkena sindrom carpal tunnel dibandingkan orang lainnya. 

Nah masih banyak lagi penyebab tangan kebas seperti sering mengonsumsi obat maupun alcohol. Untuk itu tetaplah jaga pola hidup sehat. Kalo umi sendiri jika merasakan kebas di tangan karena neuropati maupun kekurangan vitamin B12, biasanya segera mengonsumsi neurobion yang mengandung vitamin neurotropik (yang merupakan kombinasi vitamin b kompleks). Dengan konsumsi vitamin neurotropik dapat menurunkan gejala-gejala neuropati hingga 63%. 


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar