AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Upgrade Kemampuan UMKM di Skill Academy

Pelatihan online umkm skill academy

Asalammualaikum pembaca happyummi!

Hingga saat ini pandemi belum berakhir dan mempengaruhi banyak hal di kehidupan kita termasuk dalam hal ekonomi. Beberapa teman ummi yang punya usaha pun mengeluhkan pemasukan yang turun drastis, bahkan tak sedikit pelaku UMKM yang akhirnya memilih gulung tikar karena tidak stabilnya bisnis mereka. 

Pilihannya memang cuma dua, bertahan atau menyerah. Nah, untuk mempertahankan bisnis di masa pandemik memang perlu putar otak nih. Ummi pun menyarankan kepada teman-teman pemilik UMKM untuk selalu upgrade skill seperti mengikuti Pelatihan Online UMKM Skill Academy.

Skill yang Penting Dimiliki oleh UMKM 

Banyak yang menganggap membangun usaha itu gampang. Hanya promosi dan menjual produk. Padahal kenyataannya mengelola dan mempertahankan usaha apalagi yang masih kecil tak semudah yang dibayangkan. Perlu kemampuan manajerial yang baik, marketing yang mumpuni dan banyak skill yang berhubungan dengan dunia entrepreneurship lainnya. 

Ummi jadi ingat nih materi saat mengikuti pelatihan digital marketing. Salah satu mentor menyebutkan bahwa salah satu kunci sukses usaha di pandemi adalah go digital. Yap, sudah saatnya UMKM naik kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Karena bagaimanapun, kemajuan teknologi akan terus berkembang pesat. Jika kita anti akan teknologi tentu akan ketinggalan dan tidak bisa bersaing dengan usaha lain yang setiap harinya terus bertambah. 

Lalu, apa saja sih skill yang baiknya dimiliki oleh UMKM?

Kemampuan Untuk Melihat Peluang

Semenjak pandemi perilaku belanja konsumen cenderung rendah dikarenakan pengaruh tidak stabilnya ekonomi. Hal ini akhirnya mempengaruhi pemasukan UMKM. 

Bagaimana UMKM mensiasati hal ini? Sebagai pemilik UMKM sebaiknya jeli melihat peluang baru di masa pandemi dengan melihat perubahan pola konsumsi masyarakat. Lalu cobalah untuk mencoba menciptakan strategi bisnis pada peluang baru. Intinya jangan menyia-nyiakan peluang sekecil apapun. Kita bisa ambil contoh, seorang pemilik UMKM yang memproduksi tas mengurangi produksi tasnya dan menambah lini baru yaitu pembuatan masker. Ada juga yang membuat bundling produk nya dengan peralatan kesehatan seperti masker dan handsanitizer. Hal ini akan membuat produk dan usahanya jadi lebih menarik.

Terus Berinovasi 

Tanpa inovasi sebuah usaha akan tertinggal. Modal besar dan kerja keras saja tentu tidak cukup mempertahankan sebuah bisnis. UMKM diharapkan bisa berinovasi akan produk yang ia tawarkan. Untuk berinovasi diperlukan kemampuan riset untuk menciptakan produk yang berkualitas dengan biaya rendah, atau bisa juga mengupgrade produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. 

Kemampuan Marketing

Strategi marketing saat pandemi benar-benar diuji dan jadi tantangan hampir semua UMKM. Carilah momentum untuk bergerak lebih aktif mencari peluang penjualan UMKM di masa pandemik. Kemampuan pemilik UMKM menyusun pemasaran yang tepat bisa menyelematkan bisnis yang dijalankan. 

Kemampuan marketing ini cukup luas ya, meliputi riset produk, konsumen dan pesaing. Ada juga kemampuan strategi sosial media marketing, marketplace marketing dll.

Pelatihan Online UMKM Skill Academy 

Berbagai pelatihan untuk umkm di skill academy

Untuk mewujudkan impian UMKM untuk tetap bertahan dan berkembang di masa pandemi tentu saja perlu selalu meningkatkan kemampuan. Ada beberapa kelas di skill academy yang bisa membantu teman-teman UMKM untuk mengembangkan bisnisnya

1. Sukses Mengelola Keuangan UMKM

Pelaku UMKM perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik agar bisnis yang dijalankan tidak mengalami kerugian. Di pelatihan ini akan dibahas tuntas mengenai pembukuan, mulai dari pengenalannya, mengetahui konsep dasar akuntansi dan juga pembukuan berbasis akrual.

2. Bisnis Rumahan/ UMKM Harus Tau : Menentukan Badan Usaha

pelatihan umkm skill academy memilih badan usaha

Menghadapi era revolusi industry 4.0, pemerintah Indonesia melalui Kominfo menggagas sebuah program “Gerakan Nasional 1000 Startup Digital”. untuk memahami startup kita bisa mengikuti pelatahinan ini. Kita akan mempelajari mulai dari mengenal bentuk badan usaha, prosedur yang tepat untuk mendirikan startup yang berbadan hukum, serta mengidentifikasi bentuk badan usaha yang sesuai untuk bisnis start-up yang sedang dijalani. 

3. Pahami UMKM dan Pajaknya

Perpajakan menjadi keawajiban wajib pajak tak terkecuali pelaku UMKM. Di kelas ini teman-teman yang memiliki UMKM bisa belajar cara membayar pajak sebagai pelauk UMKM, memahami konsep pajak UMKM, cara lengkap menghitung dan membayar pajak yang disertakan contoh kasusnya, juga jawaban dari pertanyaan yang sering muncul terkait pajak UMKM.

4. Costumer Service : Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Kelas costumer service ini cocok untuk UMKM yang ingin meningkatkan pelayanannya. Di kelas ini UMKM akan belajar berbagai teknik aplikatif untuk menigkatkan kemampuan menjadi seorang costumer service yang berkesan, mengetahui tipe pelanggan, menangani permasalahan yang dihadapi pelanggan, menangani permasalahan pelanggan, hingga kiat untuk memenuhi ekspektasi pelanggan hingga timbul loyalitas pelanggan. 

5. Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing

Online marketing yang jadi tren saat ini menjadi salah satu hal penting untuk di pelajari. Di kelas ini kita bisa belajar strategi jitu untuk mempromosikan produk di internet, mulai dari memahami pondasi bisnis melalui internet marketing, menentukan market fit dengan analisis SWOT, hingga membuat buyer persona. Selain itu di kelas internet marketing, ada juga loh pembelajaran membuat content marketing dan copywriting untuk memaksimalkan promosi.

6. Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Sebagai media populer untuk melakukan pemasaran online, instagram menjadi peluang emas untuk merintis bisnis online di instagram. Di kelas sukses bisnis onlineshop di instagram, kita akan belajar bagaimana mensukseskan bisnis online di instagram seperti mengasah mindset kesuksesan bisnis, menemukan produk yang tepat untuk di jual, mempromosikan bisnis hingga strategi membuat konten yang menarik.

7. Copywriting : Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan

Untuk mempengaruhi pelanggan agar melakukan tindakan tentu perlu sebuah iklan yang powerful dan menarik perhatian. Nah tantangannya, membuat iklan yang menarik tidaklah mudah, diperlukan kemampuan copywriting yang baik. 

Mengikuti pelatihan copywriting pasti akan membantu banget nih. Di kelas ini, akan belajar mengenai trik menulis untuk meningkatkan penjualan dan akan membantu menjadi seorang copywriter andal. Ada juga bahasan menulis copy, riset, brainstorming hingga bagaimana menulis copy untuk media cetak dan media digital.

Masih banyak lagi nih pelatihan online untuk UMKM yang ada di Skill Academy. Teman-teman bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan. 

Tentang Skill Academy

Oya, ngomongin tentang Skill Academy, teman-teman sudah pernah ikut pelatihannya nggak nih? Kalo belum yuk coba kenalan dulu dengan Skill Academy.

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Inodnesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim terbaik yang sebelumnya telah mensukseskan aplikasi Ruangguru. Pada tahun 2020, Skill Academy telah digunakan oleh 4 juta pengguna dalam satu tahun dan mendapatkan rating 5 sempurna dari ulasan 350.000+ penguna. Dengan capaian itu, Skill Academy meraih penghargaan Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Play Store. 

Skill Academy hadir sebagai solusi untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang termasuk untuk UMKM dengan harga yang terjangkau dan ekonomis. 

Materi di setiap pelatihan online disampaikan langsung oleh ahli di bidangnya. Pelatihan online UMKM di Skill Academy pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi tunggu apalagi, upgrade skill UMKM agar bisa naik kelas di Skill Academy, lagi banyak promo nya loh!

Semoga Bermanfaat !


Related Posts

Related Posts

1 komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di sini ya :)