AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah dengan Baik

kucing lucu sebagai hewan peliharaan

Hai pembaca happyummi. Siapa nih yang punya hewan peliharaan di rumah? Kalo saya sendiri sudah lama memelihara kucing dan ayam. Rasanya menyenangkan karena hobi memelihara hewan bisa menjadi kegiatan seru untuk mengusir kejenuhan. Apalagi kucing saya sedang lucu-lucunya, senang di ajak bermain dan sering mengundang gelak tawa kami di rumah.

Hobi memelihara hewan hendaknya juga diikuti dengan persiapan dan tanggung jawab. Kita perlu menyesuaikan hewan peliharaan dengan kemampuan finansial dan waktu. Karena semua hewan pasti membutuhkan makan dan kasih sayang. Selain itu rawatlah hewan peliharaan dengan baik dan rutin periksa kesehatan ke dokter hewan.

Cara Merawat Hewan Peliharaan yang Baik

Memelihara hewan sebenarnya tidak boleh sembarangan. Karena bagaimanapun kita punya tanggung jawab untuk mengurus dan memberi perhatian terutama untuk kesehatannya. Jika tidak bisa mengurusnya dengan baik, terkadang hewan peliharaan bisa membawa kuman berbahaya yang dapat membuat pemiliknya menjadi sakit meski hewan tersebut tampak sehat. Berikut beberapa tips merawat hewan peliharaan yang baik :

1. Rutin ke dokter hewan

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga membutukan cek kesehatan ke dokter hewan atau klinik hewan terdekat sejak pertama kali adopsi. Selain untuk memberikan vaksin, kita juga bisa berkonsultasi tentang bagaimana perawatan hewan peliharaan yang baik. Karena hewan juga seperti manusia yang membutuhkan pemeriksaan untuk menemukan adanya masalah sebelum menjadi serius. 

Begitupun jika hewan peliharaan mengalami sakit, jangan  sembarangan memberikan obat. Sebaiknya bicarakan dengan dokter hewan agar mendapatkan informasi yang tepat. 

2. Menjaga kebersihan dan Mandikan Secara Teratur

Hewan peliharaan sebaiknya rutin dimandikan agar tetap bersih dan sehat setidaknya satu kali dalam 2-3  minggu. Selain itu perlu juga untuk membersihkan tempat tidur, rumah dan lingkungan sekitar. Jika hewan bertubuh besar, belilah tempat pembersihan khusus seperti bak ukuran besar. Jangan biarkan hewan seperti kucing tidur di atas lantai atau permukaan yang kasar karena seringkali membuat bulu kucing rontok dan lama-lama mengalami kebotakan. Berikanlah alas tidur yang nyaman dan hangat. 

Khusus untuk kucing di rumah, saya biasanya memandikannya 1 kali seminggu. Gigi nya juga dibersihkan karena biasanya penyakit nya sering berhubungan dengan gigi dan gusi. Selanjutnya jangan lupa untuk merawat bulu hewan secara teratur dengan rajin menyikat dan menggosok bulunya secara rutin. Menyisir bulu sangat penting untuk mengangkat bulu-bulu yang sudah rontok/mati, memberishkan kutu dan menghilangkan jamur pada bulu kucing.

3. Berikan Makanan Berkualitas dan Bernutrisi

Siapkan makanan khusus hewan dengan asupan nutrisi yang tepat dan di desain khusus untuk mereka. Berikan juga makan secara teratur sekitar 2-3 sehari. Oya, tanyakan kepada dokter hewan mengenai porsi dan jenis makanan apa yang tepat untuk peliharaan. Karena biasanya beberapa jenis makanan bisa menyebabkan kerontokan bulu. Pengalaman saya nih, karena tidak mengerti perawatan kucing, jadi semua makanan di rumah saya coba cicipkan ke kucing termasuk ikan asin hehe. Lalu saya kaget karena kucing kesayangan bulunya rontok parah dan sangat mengganggu. 

4. Memberi vaksinasi

Hewan peliharaan juga membutuhkan vaksinasi secara teratur untuk mencegah mereka dari penyakit menular dan mematikan. Vaksinasi juga membuat kita lebih merasa aman karena tidak menutup kemungkinan penyakit pada hewan peliharaan juga bisa menular ke manusia. 

5. Berikan kasih sayang dan perhatian

Hewan peliharaan seperti kucing membutuhkan perhatian dan kasing sayang dari pemiliknya karena bagaimanapun hewan juga makhluk sosial layaknya manusia. Karena itu, sisihkan waktu untuk bermain bersama hewan peliharaan agar mereka mendapatkan cukup aktivitas fisik dan rangsangan mental. Hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai bentu kasih sayang seperti mengajak mereka berjalan-jalan, memberikan mainan untuk dimainkan bersama, dan memberikan camilan ketik hewan peliharaan berperilaku baik untuk memotivasi mereka akan kebiasaan baik.

Konsultasi Dokter Hewan di Halodoc
konsultasi dokter hewan secara online di halodoc

Di tengah pandemic Covid-19, pemilik hewan peliharaan sering khawatir ketika ingin mengunjungi dokter hewan. Nah, ternyata konsultasi dengan dokter hewan lebih mudah karena Halodoc mempunyai fitur konsultasi dokter hewan daring. Dengan begitu kita bisa berkonsultasi mengenai hewan peliharaan tanpa harus datang langsung ke dokternya. 

Halodoc  telah merekrut dokter hewan berlisensi untuk memastikan kualitas dan keamanan layanan. Untuk melakukan konsultasi dokter hewan, bisa buka website atau aplikasi Halodoc. Kita bisa mengirimkan gambar ataupun video untuk ditinjau oleh spesialis. Fitur konsultasi dokter hewan daring ini sangat bermanfaat untuk pemilik hewan peliharaan pertama kali yang belum memiliki dokter hewan. Selain itu juga membantu teman-teman yang tinggal jauh dari klinik hewan peliharaan. 

Bagus ya fitur ini, jadi hewan peliharaan sangat terbantu ya karena konsultasi dengan dokter hewan jadi lebih mudah secara online.



Related Posts

Related Posts

Posting Komentar