AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

5 Kebiasaan saat Ramadhan yang Menyenangkan

Kebiasaan menyenangkan saat bulan ramadhan

Ahlan Wasahlan Ramadhan Al Kareem

MasyaAllah, Tabarakallah. Bahagia dan bersyukur Ummi dan keluarga masih diberi nikmat berupa umur serta kesehatan untuk menyambut bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Semoga kebahagiaan yang sama dirasakan juga oleh teman-teman ya. Walau dengan kondisi yang berbeda, Ramadhan tetaplah momen yang selalu dinanti. Ramadhan mengingatkan ummi tentang kenangan masa kecil yang indah, tawa kami sekeluarga menyantap hidangan berbuka dengan duduk lesehan, hingga keseruan tarawih bersama teman-teman. 

Ummi ingin, Abang Ubay dan Adek Ghazy menikmati momen Ramadhan kali ini juga,  sehingga saat-saat bersama ummi dan abah menjadi salah satu hal yang paling mereka rindukan dewasa kelak. Bulan puasa pun jadi kesempatan untuk mengajarkan ibadah kepada mereka, belajar sholat berjamaah, belajar puasa, banyak membaca Al-Quran hingga membiasakan untuk bersedekah. 

5 Kebiasaan saat Ramadhan yang Menyenangkan

Tidak hanya identik dengan puasa, bulan Ramadhan juga menawarkan banyak kegiatan dan kebiasaan seru loh. Harapannya, kita semakin semangat menjalankan ibadah puasa.

Setiap keluarga mungkin punya kebiasaan yang berbeda-beda. Kali ini ummi akan berbagi 5 kebiasaan menyenangkan saat Ramadhan ala keluarga HappyUmmi!

1. Memasak Menu Berbuka Puasa yang Enak dan Sehat

Berbuka adalah hal yang memang paling ditunggu-tunggu oleh keluarga. Apalagi untuk Abang Ubay yang sedang belajar berpuasa. Tahun lalu dia berhasil puasa penuh 15 hari, dan berharap tahun ini bisa puasa sebulan penuh. Ummi dan abah sepakat untuk menyiapkan hidangan berbuka yang spesial untuknya, selain sebagai pemenuhan nutrisi tubuh juga agar Abang lebih semangat menjalani ibadah puasa keesokan harinya.

Momen memasak ini sangat menyenangkan, karena ummi bisa mencoba aneka kreasi resep baru yang biasanya jarang dibuat saat hari-hari biasa. Sesekali momen memasak ummi rekam untuk di upload di channel youtube.

2. Tarawih dan Tadarus

Sholat tarawih menjadi pelengkap ibadah puasa. Waktu kecil dulu, tarawih ini selalu di nanti-nanti karena bisa bertemu dengan teman sekaligus berburu tanda-tangan ustadz sebagai tugas lembar ramadhan sekolah. 

Kebiasaan tarawih juga ummi bangun bersama abang dan adek. Alhamdulillah, Abang Ubay masih semangat tarawih dan sholat berjamaah di masjid. Setelahnya, tadarus bersama dilakukan agar makin banyak kebaikan di bulan ramadhan.

3. Target Tilawah dan Hafalan

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan” (QS. Al Baqarah ayat 185_

Di awal Ramadhan setiap anggota keluarga punya target tilawah dan hafalan masing-masing. Memperbanyak membaca Al-Quran saat Ramadhan punya faedah luar biasa diantaranya memberi syafaat di akhirat, memperoleh kebaikan berlipat, serta dikumpulkan di surga bersama para Malaikat. 

Dengan membaca, menghafal dan memahaminya semoga kita diberi hikmah dan petunjuk untuk selalu berada di jalan kebenaran. Aamiin Ya Allah

4. Ngabuburit

Ngabuburit di masa pandemi memang tidak bisa leluasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun bukan berarti tidak bisa. Dengan tetap menjaga protokol kesehatan, keluarga ummi biasanya ngabuburit ke tempat-tempat yang tidak terlalu ramai. Misalnya jalan-jalan ke sawah dekat rumah, mengunjungi rumah omanya anak-anak, berdiam di masjid, atau mencari takjil di pasar ramadhan. 

5. Ikut Gerakan Berbagi 

Gerakan berbagi rutin kami ikuti setiap tahunnya. Biasanya ummi bersama teman-teman komunitas Blogger menggalang dana untuk donasi serta berbagi takjil di area kota Bengkulu. Gerakan ini menyenangkan sekali. Ia, berbagi memang membuat hati lapang dan tenang.

Dengan kumpulan kebaikan dari teman-teman, kami biasanya bisa berkeliling untuk berbagi donasi dan takjil pada yang membutuhkan di minggu terakhir ramadhan.

Masih banyak lagi kebiasaan menyenangkan saat ramadhan. Kita sambung lain waktu ya. 

Tetap semangat menjalani bulan Ramadhan, lakukan hal-hal positif yang menyenangkan agar setiap aktivitas kita dicatat sebagai kebaikan.

Selamat Berpuasa!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar