AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Mengenali Chord Dasar, Kunci Gitar Mayor dan Minor

Bermain gitar dengan chord dasar kunci gitar sebuah lagu

Hai teman-teman. Siapa nih yang senang banget main gitar? Alat musik satu ini memang sangat populer apalagi di kalangan anak muda. Gitar dapat menghasilkan berbagai musik dari berbagai genre seperti musik pop, jazz, metal, rock dan jenis musik lainnya. Gitar biasanya memiliki 6 senar, dimulai dari senar paling bawah yang paling kecil hingga paling besar di bagian paling atas.

Untuk menguasai alat musik gitar butuh proses panjang dalam mempelajarinya. Dulu saya pernah mencoba cukup lama. Namun karena mungkin tidak punya bakat musik, saya hanya bisa memainkan beberapa lagu saja. Berbeda dengan adek saya, yang memang senang dengan musik baru sebentar saja sudah mampu memainkan aneka lagu menggunakan gitar.

Mengenali Kunci Gitar Dasar, Mayor dan Minor

Untuk memainkan gitar dan sebagai awalan dalam mempelajari nya, kita perlu mengenal kunci gitar dari lagu yang ingin dibawakan. Kunci dasar dibagi menjadi 2 yaitu kunci dasar biasa dan kunci dasar minor. Untuk kunci dasar gitar mayor yang sering dimainkan adalah C mayor, G Mayor, A Mayor, E Mayor dan D Mayor. Sedangkan kunci minor terdiri dari Em, Am, dan Dm. Tiap kunci masing-masing jari memiliki penempatan yang berbeda. 

jenis chord dasar kunci gitar mayor dan minor

1. Kunci C

Kunci gitar dasar yang pertama adalah Kunci C. kunci ini dimainkan dengan menekan senar 2 pada fret pertama dengan jari telunjuk, senar 4 pada fret kedua dengan jari tengah dan senar 5 pada fret ketiga dengan jari manis. 

2. Kunci D

Kunci D dimainkan di dalam fret kedua dan ketiga. Dimana jari telunjuk menekan senar 3 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 1 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga.

3. Kunci E

Selanjutnya adalah kunci gitar E. Kunci ini dimainkan dengan menekan senar 3 fret pertama dengan jari telunjuk, senar 5 pada fret kedua dengan jari tengah dan senar 4 pada fret kedua dengan jari manis.

4. Kunci F

Kunci F dimainkan mirip dengan kunci C, namun dengan letak yang berbeda. Letakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 4 pada fret ketiga.

5. Kunci G

Berikutnya adalah kunci G yang dimainkan pada fret kedua dan ketiga. Letakkan jari manis untuk menekan senar 5 pada fret kedua, jari tenah menekan senar 6 pada fret ketiga dan jari manis menekan senar pada fret ketiga.

6. Kunci A

Kunci A dimainkan hanya pada fret kedua saja. Caranya dengan meletakkan jari telunjuk pada senar 4 fret kedua, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 2 pada fret kedua. 

7. Kunci Dm

Selanjutnya adalah kunci D minor (Dm). Kunci ini dimainkan pada fret pertama senar 1 dengan jari telunjuk, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga. 

8. Kunci Em

Kunci E minor (Em) dimainkan pada fret kedua saja dengan meletakkan jari tengah untuk menekan senar 5 fret kedua. Lalu jari manis menekan senar 4 pada fret kedua. Pastikan kedua jari menekan senar di posisi tengah dan tidak menyentuh garis pembatas fret.

9. Kunci Am

Kunci A minor (Am) dimainkan di fret pertama dan kedua. Caranya dengan meletakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 4 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 3 fret kedua. 

Itulah tadi beberapa jenis kunci dasar gitar yang perlu dipelajari. Nah jika teman-teman ingin menemukan kunci gitar dasar dari berbagai lagu Indonesia maupun mancanegara bisa mengunjungi website chordtela.com. Tersedia kumpulan chord mudah yang lengkap dari semua jenis lagu mulai dari lagu dangdut, pop, campursari, hip hop, koplo dan lainnya. 

Keseluruhan chord kunci gitar yang ada di situsnya dipublikasikan menjadi chord dasar. Terdapat beberapa penyederhanaan chord dari chord asli sehingga lebih mudah disesuaikan dengan nada suara. Selain itu ada juga alat transpose chord yang sangat berguna jika ingin memainkan chord yang ada di sius chordtela.com dengan chord-chord yang lain.

Selamat mencoba


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar