AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Produktif Berkarya dari Rumah dengan ASUS VivoBook 15 A516


“Abah lulus Mi.”

“Umi juga terpilih Bah.”

Sejenak kami terdiam, berpandangan lalu menghela nafas panjang. Alhamdulillah, satu persatu wishlist dikabulkan Allah. Suami, setelah mencoba beberapa kali akhirnya lolos untuk mewakili kampus tempatnya bekerja menjadi dosen magang salah satu Universitas di Bandung. Saya pun mendapat kabar baik karena terpilih menjadi perwakilan Jawara Internet Sehat untuk Provinsi Bengkulu.

Kabar yang menggembirakan, karena sebelumnya kami memang sepakat untuk mendukung impian masing-masing. Jadi walaupun telah menjadi orang tua dan punya kewajiban mendampingi anak-anak di rumah, saya dan suami tetap ingin berkarya dengan hal-hal yang kami senangi. 

Yap! Begitulah keluarga. Saling melengkapi dan mengerti. Apalagi saat pandemi seperti saat ini. Tidak mudah bagi keluarga saya, begitupun keluarga lainnya. Rasanya nano-nano. Jika tidak saling menguatkan, entah bagaimana jadinya. 

“Kalau jadi nanti ke Bandung, Abah butuh laptop sepertinya.” Kami kembali terdiam. Ada 3 laptop di rumah. Sepertinya keren. Tapi ketiganya tidak ada yang bisa kami andalkan. 

Si nomor 1, laptop jaman baholak yang beratnya bikin sakit punggung sudah mati total dan tersimpan rapi di dalam lemari. 

Si nomor 2, sudah ada tempelan lakban hitam, korban injakan si bungsu. Jika dihidupkan, menunggunya lebih lama dari menunggu wanita berdandan. Apalagi jika sudah di sambungkan dengan wifi. Beuhh… rasanya ingin gigit batu! Beneran menyebalkan. Apalagi saat lagi butuh cepat. Semuanya tidak maksimal, termasuk saat saya ikut beasiswa digital marketing yang belajar otak atik website dan ads. Duh, selalu ketinggalan belajarnya. Makanya si nomor dua kini hanya digunakan anak-anak untuk menonton film. 

Dan nomor 3, chromebook yang performanya tak sebaik laptop, beberapa fitur tidak ada seperti laptop. Pun harus dipakai bergantian oleh 3 orang. Saya, suami, dan si sulung yang sejak pandemi melakukan pembelajaran jarak jauh.

“Umi mulai bulan Juli pasti akan sibuk buat program daerah. Abah juga mulai magang. Abang Ubay pun sekolah online. Gimana nih?”

“Coba deh mi cari laptop yang bisa kita beli.”

“ASUS”. Ucap saya yakin. Sudah lama ingin punya laptop merk ASUS sejak gatheringnya di Bengkulu beberapa tahun yang lalu. Tapi sampai saat ini belum kesampaian. Rasanya ini saat yang tepat untuk memiliki salah satu laptop besutan ASUS yaitu ASUS VivoBook 15 A516. Semoga bisa menjadi teman baik untuk melanjutkan impian-impian besar kami.

ASUS VivoBook 15 A516, Laptop Impian untuk Berkarya

Setiap mimpi besar dimulai dari mimpi kecil yang ditekuni. Dan saat pandemi saat ini, rumah menjadi saksi karya-karya kecil yang dibangun untuk sebuah impian yang besar. 

Sebagai blogger yang setiap harinya bersentuhan dengan dunia digital, saya sangat membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas dan produktivitas dalam berkarya. Baik itu untuk menulis, mengikuti pelatihan maupun meeting online, editing foto dan video atau sekedar menonton drama korea favorit untuk menghilangkan rasa jenuh. 

Begitu juga dengan suami yang biasa mengajar dan menilai tugas mahasiswa secara online. Butuh laptop dengan kapasitas yang besar untuk penyimpanan data serta kecepatan baca tulis yang cepat. 

Makanya naksir dengan ASUS VivoBook 15 A516 karena selain punya visual yang glowing seperti opa-opa korea, ASUS 15” ini menawarkan performa yang andal untuk mendukung produktivitas dalam berkarya.

Desain Ringkas dan Nyaman

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

ASUS VivoBook 15 A516 adalah laptop yang ringkas dan nyaman sehingga mudah dibawa kemana-mana baik itu untuk bekerja di rumah ataupun bepergian. Untuk kebutuhan bekerja atau bermain, ASUS 15” merupakan laptop yang memberikan kinerja dan visual imersif berkat ukuran layar yang lebih besar. Desain nya pun terlihat bagus dan modern dengan lapisan Transparent Silver atau Slate Grey.

Karena bodi yang ringkas dan ringan, ASUS VivoBook A1516  cocok untuk saya dan suami yang membutuhkan laptop dengan konsep mobilitas tinggi dan layar besar. Bobotnya hanya 1,8 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop tetap mudah untuk dibawa kemana-mana. Bahkan untuk charger pun dibuat ringkas agar mudah dimasukkan ke tas. Hal ini tentu memudahkan penggunanya terutama yang masih bekerja di kantor dan sering membawa laptop kemana-kemana. 

Oya bodi VivoBook A516 ini lebih ringkas dibanding laptop 15 inci pada umumnya karena adanya teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar VivoBook 15” tampil sangat tipis dan menawarkan  screen-to-body ratio hingga 83%. Layarnya berukuran 15 inci dengan resolusi hingga Full HD.   Layar NanoEdge-nya pun menawarkan sudut pandang 178° yang luas dan lapisan anti-glare (anti silau) yang sangat cocok untuk bekerja maupun menikmati berbagai konten. Kerja dan belajar pun makin fokus. Lebih nyaman untuk mata kan?

Kinerja yang Handal, Cepat dan Efisien

"Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

ASUS VivoBook 15 A516 adalah laptop level entri yang memberikan kinerja handal bertenaga. Dengan  RAM 8GB didukung oleh prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Kemampuan prosesornya tak perlu diragukan lagi karena dapat saya andalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, ataupun menikmati konten mulitimedia. 


Vivo Book 15” juga dilengkapi dengan grafis diskrit NVIDIA® MX330 yang tepat untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadirannya dapat menjalankan berbagai aplikasi yang butuh performa grafis ekstra seperti aplikasi editing foto, video hingga game.

Oya selain itu VivoBook A516 ini juga hadir dengan media penyimpanan data serta memori (penyimpanan ganda) dengan pilihan SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB. Kombinasi yang sempurna antara kapasitas penyimpanan besar dan kecepatan baca/tulis data yang cepat. Kita bisa instal aplikasi di SSD untuk respons dan waktu load yang lebih cepat, dan menggunakan HDD untuk menyimpan file besar seperti film, koleksi musik, dan album foto.

Tabel Harga dan Spesifikasi ASUS 15"

Akses Mudah dengan Fingerprint Sensor


Akses ASUS VivoBook 15 A516 benar-benar mudah dan aman dengan fitur keamanan biometrik melalui sensor sidik jari bawaan (fingerprint sensor) di touchpad. Saya excited banget, karena pernah baca fitur ini adalah salah satu fitur laptop kelas premium yang bisa kita dapatkan di VivoBook 15”. Pengguna dapat masuk ke sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password. Login ke laptop jadi mudah banget, karena pengguna tak perlu input kata sandi setiap saat, hanya butuh satu sentuhan.

Keyboard Backlit

Siapa nih yang suka ngetik gelap-gelapan. Kalo iya kita samaan dong. Saya suka ngetik di dalam kamar sambil nungguin anak-anak tidur. Kadang ya suka salah ketik karena mengandalkan ingatan jari saat mengetik. Nah kalu sudah ada ASUS VivoBook 15 (A516), makin nyaman saat ngetik gelap-gelapan hehe. ASUS VivoBook 15 (A516) ini dilengapi oleh keyboard full-size dengan backlit sehingga dapat digunakan untuk kerja meski dalam kondisi minim cahaya. 

Selain itu keyboard VivoBook 15 (A516) juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal dan nyaman untuk mengetik 

Fitur Konektivitas 

ASUS VivoBook 15 (A516) dilengkapi dengan port USB-C® 3.2, sebuah desain yang modern dan mengedapankan mobilitas. Laptop ini didesain dapat diputar balik yang membuat menghubungkan perangkat lebih mudah. Untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari, VivoBook 15” memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat4 dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama.Ini juga mencakup port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader - sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor. 

Perlindungan dengan Konstruksi yang Tangguh

Selain punya performa dan fitur yang handal, ASUS VivoBook 15 A516 punya konstruksi yang tangguh untuk memastikan perlindungan laptop tetap aman saat dibawa kemana-mana seperti fitur peredam guncangan, sasis utama dan rangka layar terbuat dari  bahan logam untuk memperkuat konstruksi bodinya

 1. E-A-R® HDD Protection

Laptop ini memiliki fitur peredam guncangan  E-A-R® HDD untuk melindungi data di laptop dari setiap benturan dan getaran. Sementara sasis meningkatkan pengetikan dan memungkinkan membuka dan menutup dalam satu gerakan halus. Ada perlindungan hard drive aktif yang secara otomatis mendeteksi getaran dan benturan di tiga sumbunya, untuk secara efektif mengurangi kemungkinan kerusakan HDD. jadi tak perlu khawatir saat bekerja maupun saat berada di kendaraan.

2. Reinforced chassis

ASUS VivoBook 15 A516 menghadirkan penahan logam di bawah keyboard yang membuat pengetikan dan penggunaan touchpad lebih stabil. Penahan logam ini juga membuat kekakuan struktural, memperkuat engsel dan melindungi komponen internal laptop.

3. Reinforced lid

Sisi tutupnya diperkuat dan berfungsi seperti pelindung benturan pada bagian sisi mobil. Ini memberikan dukungan struktural untuk cover, layar, dan engsel.

Dukungan Microsoft Office Seumur Hidup

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Hingga saat ini Microsoft office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan masih terus saya gunakan saat ini. Aplikasinya merupakan aplikasi standar dalam mengolah data dan dokumen yang juga digunakan oleh hampir semua orang. Pada ASUS VivoBook 15 A516 tersedia fitur Office terkini yaitu Microsoft Office Home & Student 2019 sehingga pengguna VivoBook 15 (A516) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed.

Dukungan Microsoft office yang original ini  dapat terus kita gunakan secara cuma-cuma seumur hidup tanpa biaya tambahan. Selain itu juga dapat diupdate  agar terbebas dari berbagai ancaman yang dapat membahayakan perangkat dan data kita.

Selain itu untuk makin memudahkan bekerja dan belajar di rumah ASUS telah membekali VivoBook 15” dengan satu kamera sehingga dapat diandalkan termasuk untuk pelatihan dan webinar yang memang lagi sering banget diadakan saat pandemi ini. 

Hadirnya MyASUS

Sudah tahu tentang MyASUS? Nah ini salah satu kelebihan lain yang ditawarkan oleh VivoBook 15 A516. MyASUS adalah serangkaian aplikasi bawaan pusat kontrol laptop yang membantu memaksimalkan laptop atau PC desktop. Dengan MyASUS, pengguna dapat memantau status laptopnya sekaligus troubleshooting. Jika terjadi masalah, MyASUS punya fasilitas agar kita bisa memindai laptop dan memperbaikinya secara otomatis. Dan ini bermanfaat banget kan karena selama masalahnya masih bisa kita tangani nggak perlu keluar rumah untuk ke tempat service laptop.

Dengan MyASUS kita pun bisa menghubungi layanan dan dukungan purna jual serta terdapat unduhan aplikasi populer yang eksklusif hanya untuk pengguna ASUS VivoBook 15 A516. 

Makin Produktif Berkarya dengan ASUS VivoBook 15 A516

Setelah tau kelebihan dari spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516 ini, saya dan suami jadi makin yakin untuk memilihnya jadi teman perjalanan berkarya untuk mewujudkan impian kami.  Dengan berbagai kelebihan laptop modern dan performa nya yang handal, ASUS 15” ini dibandrol dengan harga yang cukup bersahabat mulai dari 5 jutaan. 

Untuk teman-teman yang punya mobilitas kerja yang tinggi, butuh kecepatan dan laptop yang ringkas serta bertenaga, ASUS VivoBook 15 A516 ini sangat direkomendasikan menjadi perangkat untuk kerja maupun bermain di rumah. Kita pun makin semangat menghasilkan karya-karya positif di rumah. Jangan jadikan keterbatasan di rumah menghalangi impian besar yang sudah kita rencanakan. 

Semangat dan semoga sehat selalu ya!


“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”.


Referensi tulisan dan gambar : asus.com/id


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar