AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Serunya Kegiatan Melukis Dengan Jari

melukis dengan jari finger painting

Melukis dengan jari atau finger painting merupakan salah satu kegiatan yang sangat disukai anak-anak karena menyenangkan dan dapat menyalurkan kreatifitas mereka. Finger painting adalah menggambar atau melukis dengan menggunakan jari tangan. Selain seru, kegiatan ini juga mampu melatih motorik dan daya imajinasi anak. Tak perlu menggunakan banyak alat karena hanya menggunakan jari tangan sebagai alat melukis. Begitu jika ingin membuat nya sendiri, bahan yang digunakan adalah lem fox yang dicampur pewarna makanan atau juga bisa menggunakan tepung maizena. Selain itu pakailah kertas putih tebal yang tidak mudah robek seperti kalender, karton, kertas duplek dan lainnya.

Manfaat Finger Painting

Nah dalam postingan ini, Ummi akan berbagi cara menyiapkan bahan melukis dengan jari, namun sebelum itu kita simak dulu ya manfaat finger painting untuk anak:

  • Meningkatkan daya imajinasi

Bermain dengan aneka warna dalam kegiatan melukis dengan jari bermanfaat untuk meningkatkan imajinasi anak. Mereka pun juga semangat untuk mengekspresikan banyak hal melalui gambar yang dibuatnya. Jangan lupa untuk dampingi anak dan ajak mereka bercerita akan gambar yang sudah mereka lukis dengan jari. 

  • Melatih motorik halus

Motorik halus menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dilatih agar seluruh otot tubuh dapat berkembang maksimal. Nah finger painting ini bisa jadi cara melatih motorik halus si kecil. Tak hanya untuk melatih kelenturan jari tetapi juga kekuatan tangan. Hal ini juga menjadi bekal anak untuk meningkatkan kemampuan menulis nanti.

  • Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Menggambar dan mewarnai dengan jari tangan dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak karena finger painting secara tidak langsung dapat membantu mata dan tangan anak untuk saling bekerja sama. Di awal, kita bisa mengajak anak membuat garis lurus panjang, angka delapan atau gerakan lain yang mengharuskannya melihat jarinya saat menggambar.

Langkah-Langkah Melukis dengan Jari

Kegiatan finger painting harus diawasi oleh orang tua karena kegiatan ini anak langsung menggunakan jari untuk melukis. Jika anak masih kecil misalnya balita, mereka kerap memasukkan tangan ke mulut dan bahaya cika tertelan. Nah untuk itu gunakanlah bahan yang aman dan bisa dibuat di rumah. Berikut caranya:

Bahan dan Cara Pembuatan Adonan Finger Painting

Buatlah bahan finger painting sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang aman yaitu:

  •  ½ cangkir Tepung Kanji (Maizena)
  • 3 sdm Gula
  • ½ sdt Garam
  • 2 cangkir Air Dingin
  • Pewarna Makanan (macam-macam warna)
  • Glitter

Cara membuat: 

  1. Siapkan wajan anti lengket. Lalu letakkan wajan di atas api kecil agar bahannya tidak hangus
  2. Masukkan semua adonan ke dalam wajan lalu masak semua bahan selama 10-15 menit.
  3. Aduk semua adonan perlahan hingga teksturnya mengental. Jangan diamkan adonan dalam waktu lama karena adonan akan tetap hangus
  4. Cat akan mengental pada tahap air. Jika tekstur sudah kental, matikan api dan biarkan cat hingga dingin.
  5. Pindahkan cat tersebut ke dalam wadah kecil. Gunakan cup es krim untuk menempatkan cat, pisahkan menjadi 4-5 wadah agar warna cat yang dihasilkan makin banyak.
  6. Tambahkan pewarna makanan atau pakaian pada setiap wadah cup es krim usahakan untuk membeli pewarna berbeda agar bisa punya banyak warna
  7. Aduk dengan sendok sampai pewarna tercampur ke seluruh adonan. Jika warna terbatas, coba campur beberapa warna untuk menghasilkan warna lain, seperti mencampur biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu.
  8. Tambahkan glitter ke dalam adonan cat agar tampilan makin menarik (optional)
  9. Siapkan karton tebal sebagai media lukis anak

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan. 

Siapkan juga alas pada lantai agar cat tidak mengotori lantai. Siapkan wadah cuci tangan ketika anak hendak berganti warna cat. 

Jangan lupa untuk memberi alas pada lantai agar catnya tidak mengotori lantai. Selain itu, siapkan wadah berisi air bersih untuk anak mencuci tangan ketika hendak berganti warna cat. Selanjutnya jika kegiatan melukis dengan jari sudah selesai, segera bersihkan dan cuci baju anak yang terkena noda dengan  Rinso Anti Noda Deterjen Classic Fresh yang membantu membersihkan dan menghilangkan noda cat. 

Selamat bersenang-senang!


Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar