AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Panduan Memilih Jenis Investasi untuk Pemula


Hai pembaca happyummi! Investasi saat ini sedang banyak diminati. Beragam instrumen investasi pun hadir untuk memenuhi kebutuhan dan minat kita. Namun tentu saja untuk memilih investasi yang tepat terutama untuk kamu yang pemula tentu tidak boleh sembarangan. Perlu mengikuti panduan memilih investasi yang tepat dan cocok untukmu.

Sebelum memulai melakukan investasi, kita tentu harus tentukan dulu tujuan melakukan investasi karena beda tujuan akan beda juga nanti jenis investasi yang akan dipilih. Ada yang ingin aman dalam berinvestasi untuk menjamin masa depan, maka idealnya pilihlah investasi dengan resiko rendah.

Ada pula yang ingin mendapatkan keuntungan atau ekstra penghasilan, maka sebaiknya pilihlah investasi yang sifatnya stabil. Atau jika ingin mengembangkan modal awal berkali lipat, pilihlah jenis investasi yang mengarah ke aset tetap seperti properti, emas dan lainnya.

Lalu apa saja jenis investasi yang cocok untuk pemula?

Yuk simak beberapa rekomendasinya!

Investasi Reksadana

Reksadana adalah investasi yang cocok dijadikan alternatif untuk pemula, terlebih jika kamu tak memiliki banyak waktu serta keahlian untuk menghitung risiko atas investasi yang dijalankan.Ada banyak jenis reksadana yang bisa diikuti, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga pasar cara investasi saham.

Sebelum mulai investasi pastikan kamu pelajari cara investasi reksadana agar mengerti alur investasi yang akan kamu jalani.

Dana investasi yang kamu alokasikan nantinya akan ‘dimainkan’ oleh Manajer Investasi, maka pilih tujuan reksadana yang tepat. Jangan lupa untuk baca juga prospektusnya dan pahami seluk-beluk di baliknya.

Investasi Saham

Investasi yang berikutnya adalah Investasi saham. Saham sangat diminati oleh anak muda karena akses terhadap pasar saham kini semakin mudah bahkan melalui ponsel.

Saat ini juga sudah ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham. Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Investasi Emas

Investasi emas bisa dibilang salah satu jenis investasi yang paling mudah untuk dimulai. Sederhananya, cara investasi saham bisa didefinisikan sebagai kepemilikan fisik atas emas batangan, bisa berupa emas Antam, atau secara value di platform online yang bergerak di bidang investasi emas. Investasi emas masih banyak diminati dan cukup menguntungkan karena harga emas cenderung tidak turun drastis malah seringkali mengalami peningkatan. 

Investasi Properti

Berinvestasi pada properti memang membutuhkan uang dengan jumlah yang besar. Namun, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan besar dalam jangka panjang.

Selain kamu bisa menciptakan passive income dengan aset properti, kamu juga bisa menjadikannya sebagai sebuah investasi yang bisa dijual dalam beberapa tahun ke depannya.

Nah dari panduan memilih jenis investasi tersebut di atas. Mana nih jenis investasi yang kamu minati?

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar