AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Ide Kegiatan Menyenangkan di Rumah bersama Hoala & Koala


Assalamualaikum wr. wb.

Semoga pembaca blog happyummi dalam kondisi yang sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta.

Anak-anak sudah mulai masuk sekolah belum nih? Kalo Ubay, masih sistem blended. Jadi ada pertemuan tatap muka, dan 50 % nya masih belajar daring mengingat kondisi saat ini belum bisa dikatakan benar-benar normal seperti sebelum pandemi.

Namun karena kuantitas pertemuan dengan guru masih terbatas, belajar di rumah harus tetap diupayakan agar Abang bisa mengikuti pelajaran sesuai kelasnya. 

Ya namanya anak-anak nih kadang di rumah aja bawaannya suka bosan. Baru aja sebentar diajak belajar sama Uminya, udah ngeluh capek, pengen main, dan beragam alasan lain supaya nggak lanjut belajar. Makanya sebagai orang tua kita pasti sering banget kan bun putar otak biar anak-anak betah melakukan kegiatan di rumah aja selama pandemi ini.

Ide Kegiatan Anak di Rumah yang Menyenangkan

Selain belajar, Umi biasanya melakukan beberapa kegiatan menyenangkan untuk mengusir rasa jenuh Abang dan Adek. Ada banyak ide kegiatan anak di rumah seperti melakukan permainan, prakarya, bernyanyi dan hal-hal menarik lainnya. Yuk simak apa saja idenya?

1. Membuat Prakarya Sederhana

Abang Ubay memang suka banget nih membuat prakarya dari bahan-bahan bekas yang ada di rumah. Sudah terbiasa sejak ia PAUD dulu. Jadi biasanya untuk memberikan variasi kegiatan, Umi menyiapkan kardus, botol bekas, dan kertas-kertas tak terpakai untuk ia kreasikan. Misalnya membuat kotak tisu, pembatas buku, membuat pot dari botol plastik, membuat mainan dari kardus dan banyak lagi kreasi yang sudah ia hasilkan. 

Kegiatan membuat karya sederhana seperti ini mampu mengasah kreativitas, menstimulasi motoriknya serta membuat ia lebih semangat dan bahagia.

2. Membaca Buku 

Kegiatan yang tak kalah menyenangkan selanjutnya adalah membaca. Yup, membaca buku dengan gambar menarik disertai warna yang cerah juga seru loh. Anak-anak akan mengenal kosa kata dan beragam cerita dari buku yang dibaca.

3. Olahraga Bersama

Biar anak-anak tetap sehat meskipun di rumah saja, melakukan olahraga ringan sangat dianjurkan. Biasanya umi dan abang bermain badminton atau bola kaki di sore hari. Kadang kami melakukan senam bersama ataupun lari keliling komplek. Jadi selain membuat tubuh segar dan semangat, kegiatan olahraga bersama mampu meningkatkan bonding dan membuat anak-anak lebih ceria.

4. Fun Cooking

Anak-anak memang suka penasaran jika Umi mulai sibuk di dapur. Jadi umi sesekali mengajak mereka membuat menu masakan bersama. Tentu saja masakan yang mereka sukai. Misalnya pizza roti tawar, membuat bakso atau sosis bakar bersama-sama. Dengan memasak bersama bisa mengasah kepedulian, kemandirian dan kreativitas. Anak-anak jadi lebih menghargai makanan yang ada di rumah karena tau proses pembuatannya tidaklah mudah.

5. Menonton Video dan Bernyanyi Bersama

Anak-anak pasti nggak akan menolak jika diajak menonton video kesukaan mereka. Namun tentu saja pemilihan video untuk ditonton tidak boleh sembarangan. Karena dari pengalaman Umi, kadang video di youtube yang kelihatannya diperuntukkan untuk anak-anak ternyata mengandung muatan kekerasan yang tidak patut untuk ditonton.

Makanya umi sekarang sering pilih-pilih channel untuk ditonton. Salah satu channel youtube ramah anak yaitu Hoala & Koala. Di channel Hoala & Koala ada banyak pilihan lagu untuk anak yang seru, menyenangkan dan juga mengandung muatan pendidikan karakter. Salah satu lagunya adalah Di Rumah Saja. Lirik lagunya sangat dekat dengan keseharian kita dan bisa membantu orang tua mengajarkan sang anak untuk tetap positif dan bersemangat meski melakukan segala kegiatan di rumah saja. 

Bernyanyi bersama Hoala & Koala


Hoala & Koala adalah karakter animasi yang diciptakan dan divisualisasikan dengan animasi 3D yang punya karakter seperti anak-anak zaman sekarang yang tumbuh di tengah dunia digital. Hoala adalah seorang anak dan Koala adalah hewan Koala.  Mereka merupakan sepasang sahabat yang gemar bernyanyi. Dengan karakter 3D, tampilan animasi Hoala-Koala sangat interaktif dan menjadikan karakternya tak lekang oleh waktu.

Selain Hoala dan Koala, ada banyak karakter lain yang juga jago bernyanyi seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, penciptanya mengharapkan lagu-lagu yang dihadirkan tidak hanya dapat menghibur anak namun juga orang tua. Nantinya, orang tua dapat menemani anak menonton atau mendengarkan lagu Hoala & Koala. Nah saat ini sudah ada 5 album dan lebih dari 45 lagu anak loh yang bisa didengarkan di youtube Hoala & Koala, Spotify, Itunes serta sosial media Hoala & Koala.

Kehadiran hoala & Koala diawali dengan keresahan pembuatnya melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Untuk itu dibuatlah Hoala & Koala dengan penggarapan serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala serta ada banyak alat musik yang digunakan  seperti saxopone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etik Indonesia seperti gamelan dan angklung 

Lagu Anak  Kuman di Hoala & Koala

Habis pergi harus segera mandi

Kalau kamu tak mandi kuman jadi sekompi

Kuman-kuman

Dapat kamu hilangkan

Jika kamu basuhkan badanmu

Yuk, bersihkan!


Kuman-kuman

Dapat kamu bersihkan dengan segera mandi

Setelah kamu pergi

Kuman-kuman

Dapat kamu bersihkan dengan segera mandi

Setelah kamu pergi

Lagu anak kuman hoala koala merupakan salah satu lagu yang populer di channel Hoala & Koala. Lagu anak Indonesia ini bercerita tentang pengalaman Hoala & Koala  setelah bermain di luar. Tadinya Hoala malas mandi setelah asyik bermain di luar, namun Ibu menegurnya. 

Kata ibu kalau tidak mandi dan gosok gigi, nanti banyak kuman yang dapat menyebabkan penyakit.  Lagu Kuman ini disajikan dengan karakter yang menarik, lirik sederhana yang mudah dimengerti anak-anak serta musik yang menyenangkan. Tak terasa anak-anak jadi cepat mengingat lagu dan pesan yang ada terselip di liriknya.  Musik di lagu-lagu Hoala & Koala juga enak didengar, anak-anak jadi ikut bernyanyi dan menari bersama saat mendengar lagunya. 

Masih banyak lagi lagu-lagu yang ada di Hoala & Koala yang bisa menemani si kecil melakukan kegiatan di rumah agar lebih menyenangkan. Jadi yuk ajak si kecil bernyanyi bersama Hoala & Koala!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar