AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Pilihan Game Anak yang Edukatif dan Mengasah Otak Anak


Ayah bunda pembaca blog happy ummi apa kabarnya nih? Semoga ayah bunda bersama si kecil tetap dalam kondisi yang sehat yah. Meskipun kondisi pandemi ini belum benar-benar selesai, kita harus tetap semangat dong menemani buah hati bermain dan belajar di rumah.

Belajar dari rumah memang jadi tantangan banget karena karakter si kecil yang mudah bosan dengan rutinitas kegiatan yang itu-itu saja. Pengalaman Ummi menemani Abang Ubay belajar mungkin dialami juga oleh orang tua lainnya. Abang sering jenuh karena menurutnya tidak seru belajar sendiri dan mengerjakan tugas melulu.

Disinilah Ummi harus putar otak nih memberikan selingan pembelajaran dengan hal-hal yang Abang sukai agar ia tetap happy meskipun lebih banyak beraktivitas rumah. Kegiatan yang seru seperti menggambar, mewarnai, membuat kerajinan dan bermain games adalah beberapa aktivitas yang biasanya sering kami lakukan di sela-sela belajar.

Selain Hiburan, Games Punya Manfaat Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Games? Apakah tidak berbahaya untuk anak? Eit jangan langsung menjudge gitu dong. Selama memilih games yang sesuai dengan umur anak serta tegas mengenai screen time nya, anak-anak akan mendapatkan manfaat dari permainan online yang ia mainkan. Lagi-lagi peran orangtua itu penting banget dalam memilih, mengarahkan dan mendampingi si kecil termasuk dalam bermain game.

Sebagai orang tua kita nggak bisa lepas tangan saat anak bermain games. Karena jika tak bijak memilih games yang tepat, malah bukannya membuat anak happy, tetapi kecanduan yang malah tak baik untuk tumbuh kembangnya. Belum lagi ada beberapa games yang mengandung muatan kekerasan. Jadi sebaiknya ayah bunda coba dulu games yang akan dimainkan anak sebelum diberikan kepada mereka.

Berikut beberapa manfaat baik bermain games untuk anak

1. Melatih logika

Beberapa permainan games asah otak menuntut berpikir cepat dan menerapkan strategi untuk memenangkan game tersebut. Selain itu juga bisa melatih logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang tengah dihadapi.

2. Melatih kemampuan spasial

Game online juga berhubungan dengan peningkatan kemampuan spasial anak yaitu kecerdasan gambar dan visualisasi. Kemampuan spasial ini penting untuk kemampuan berhitung. Selain itu permainan pun akan bantu asah motorik halusnya.

3. Stimulasi otak

Para pemain bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka.

4. Mengembangkan imajinasi

Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan positif).

Pilihan Game Favorit untuk Anak, Seru dan Mengasah Otak

Anak-anak sukanya main game apa nih? Biasanya mereka suka game yang interaktif, punya gambar dan visual yang menarik serta mudah dimainkan sesuai umurnya. Kebetulan ummi punya beberapa rekomendasi nih game favorit yang bisa dimainkan anak. Tentu saja, selain menghibur bisa jadi cara mengasah otak dan kreativitas mereka. 

Game yang kali ini akan umi tulis tentu saja tidak akan memberatkan orang tua. Tanpa perlu install banyak aplikasi untuk banyak game. Cukup dengan mengakses website plays.org saja, anak-anak bisa menemukan banyak game menarik yang bisa dicoba. Akses gamenya pun cepat kok tanpa perlu loading lama.

Biar nggak tambah penasaran, yuk simak rekomendasi game favorit anak versi happyummi!

Guardians Defenders of Mathematica


Game satu ini akan mengasah keterampilan matematika si kecil loh dengan karakter yang pasti disukai si kecil. Untuk memulai game, pilihlah dulu karakter yang diinginkan seperti Knights, Warriors, Elves, Rangers, Witches dan Wizards

Lalu akan tampil karakter yang dipilih sedang melawan raksasa. Agar bisa mengalahkan raksasa, akan muncul soal-soal matematika yang harus dipecahkan. Jika berhasil menyelesaikan soal tersebut maka kita akan memenangkan permainan. 

Game Guardians Defenders of Mathematica mengasyikkan dan mampu mengajak anak belajar matematika dengan cara yang menyenangkan.

Zombie Typing Practice


Zombie Typing practice adalah permainan latihan mengetik untuk anak-anak di mana mereka dapat melatih kecepatan mengetik mereka dengan menembak zombie yang masuk dengan kata-kata  Untuk mengalahkan setiap zombie, ketik kata yang ditampilkan di dekat kakinya sebelum zombie sampai kepada kita.  

Jika kita mengetik huruf yang salah, kata tersebut akan dihapus dan Anda harus mulai mengeja kata lagi dari awal. Ketika zombie mendekat dan mereka akan  menyerang. Setelah 4 pukulan, kita akan mati. Oya di setiap putaran berikutnya zombie bergerak lebih cepat. Untuk itu diperlukan konsentrasi, ketelitian serta kecepatan dalam memahami dan mengetik kata. Ini akan melatih otak anak agar berpikir cepat. 

Bow and Angle Game 



Game edukasi bow and angle yang mengajarkan dasar-dasar sudut dalam konteks panahan. Kita bisa memilih pahlawan di antara 4 pola dasar dan mulai menembak.

Tersedia 4 pahlawan pemanah yang bisa kita pilih salah satu. 4 pahlawan tersebut adalah loxley, arrowyn, bushido dan mockingbird. Selanjutnya kita bisa memulai permainan dengan menambahkkan panah dengan sudut yang tepat, lalu lawanlah ninja pemanah dengan menghindari tembakan mereka dan menembak pada sudut yang benar.

Connect The Dots Ocean Animals

Game connect the dots ini merupakan salah satu game yang cukup sederhana untuk dimainkan oleh anak. Dengan gambar-gambar hewan laut yang menarik, anak-anak diminta untuk menyambungkan angka agar membentuk sebuah gambar yang akan muncul setelah semua selesai.

Dengan game ini anak-anak dilatih untuk mengurutkan angka yang sesuai dan melatih koordinasi tangan agar dapat menyambungkan angka dengan angka yang lain.

Dinosaur Train Bridge Builder: Add Numbers Game


Dinosaur Train Bridge Builder adalah permainan sederhana yang mengajarkan anak-anak prasekolah untuk mengenal  angka dan menjumlahkannya. Di permainan ini kita diminta untuk membantu penduduk Kota Troodon menyeberangi jurang dengan cara menentukan panjang jurang dan memilih kayu yang dijumlahkan untuk membuat jembatan di sepanjang jurang. 

Game ini mengasah keterampilan matematika anak dengan karakter dinosaurus yang tentunya disukai oleh anak-anak.

Fight Virus COVID-19 Hospital Simulation Game

Ingin anak-anak mengenal lebih jauh mengenai virus covid? Mungkin game fight virus covid-19 ini bisa dicoba. 

Game ini adalah simulasi rumah sakit di mana pemain bertindak sebagai dokter dan perawat di lingkungan rumah sakit untuk mencegah penyebaran dengan virus COVID-19.

Setiap kali kita melihat simbol virus hijau, klik untuk membersihkannya. Klik pada pasien di area pemeriksaan medis untuk menguji mereka apakah terinfeksi covid. Lalu Klik pada pasien di ranjang rumah sakit untuk membantu mereka pulih dengan cepat.

Jadi selain bermain game, anak-anak juga belajar untuk menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19.

Bagaimana? Seru dan edukatif bukan game yang sudah ummi rekomendasikan. Apa ada game lainnya? Tentu saja nih, di plays.org tersedia banyak banget game edukasi dan game lainnya dengan berbagai kategori. Kita bisa pilih kok sesuai dengan yang kita sukai. Dan tetap dampingi si kecil ya ayah bunda saat bermain game!

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat!




Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar