AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Jenis Sayuran untuk Asam Urat yang Aman Dikonsumsi


“Asam urat tidak boleh makan sembarangan. Termasuk sayur, meskipun bagi orang biasa bagus untuk kesehatan. Penderita asam urat harus pilih-pilih sayur yang aman” cerita Ibu saya saat saya tanya kenapa saat ini dia nggak bisa terlalu banyak makan sayur.

Ya, sudah sejak beberapa waktu yang lalu ibu menderita asam urat dan cukup banyak makanan yang harus ibu pantang atau tidak boleh dikonsumsi. Untuk itu penting untuk mengetahui jenis sayuran untuk asam urat yang aman agar tidak menimbulkan efek yang lebih buruk.

Mengenal Penyakit Asam Urat

Sakit Asam urat sering sekali ditemukan pada laki-laki di atas usia 30 tahun atau perempuan setelah terkena menopause. Biasanya akibat penyakit ini, ibu saya mengeluhkan nyeri di bagian kaki. Namun apa sih sebenarnya sakit asam urat itu?

Asam urat merupakan sakit yang dialami dengan menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan serta adanya rasa panas di area persendian. Area sendi yang rentang terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penumpukan cairan asam urat terjadi saat tubuh tidak mampu mengurai dan membuang kadar purin. Sehingga asam urat menumpuk dan mengkristal di persendian. Hal ini menyebabkan nyeri hebat saat bergerak.

Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan gejala yang begitu cepat di jam pertama. Meskipun tampak sama, asam urat dan rematik itu berbeda. Rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. 

Saat mengalami asam urat, biasanya semua sendi terasa sakit dan membuat kesulitan saat berjalan. Kadang juga bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa panas di kaki yang nyeri.

Beberapa penyebab penyakit asam urat :

  • Terlalu banyak makan makanan berzat purin tinggi seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol.
  • Menggunakan obat-obatan tertentu seperti obat pengencer darah, obat penghambat enzim, dan obat-obatan kemoterapi.
  • Memiliki riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga. 

Daftar Sayuran yang Boleh di Konsumsi Penderita Asam Urat

Menjaga kesehatan dan pola makan merupakan salah satu upaya untuk mengatasi penyakit asam urat. Kita perlu cermat memilih mana makanan yang boleh dikonsumsi  atau tidak. Jika tidak pilih-pilih, rasa nyeri yang dirasakan bisa semakin memburuk. 

Berikut ini adalah jenis sayuran untuk asam urat yang dianjurkan:

1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang aman untuk penderita asam urat. Sayuran ini berasal dari akar seperti wortel punya jumlah purin yang paling rendah.  Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Jadi jika purin rendah maka akan aman dikonsumsi.

2. Terung dan tomat

Terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tak hanya rendah purin, terung dan tomat juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

3. Brokoli

Kandungan vitamin C di dalam sayuran hijau, seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

4. Kentang

Kentang merupakan sayuran jenis umbi-umbian yang punya purin rendah. Kentang juga kaya akan vitamin C dan dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

Protein hewani harus dihindari oleh penderita asam urat. Untuk itu agar asupan protein tetap terjaga, penderita asam urat bisa memilih konsumsi kacang-kacangan. Kacang termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi.

6. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

7. Jamur

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

Itulah jenis sayuran yang aman untuk penderita asam urat. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar