AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Apa Itu Past Participle? Cek Penjelasan dan Contohnya Disini!


Dalam belajar Bahasa Inggris, pasti Anda pernah mendengar kata past participle dan juga present participle. Kedua pembahasan materi Bahasa Inggris ini selalu berdampingan dan tidak dapat dipisahkan. Namun penggunaanya sendiri pada waktu yang berbeda. Participle sendiri merupakan sebuah kata kerja yang bisa juga difungsikan sebagai kata sifat atau bagian frasa dari kata kerja tersebut. 

Ketika past participle digunakan sebagai sebuah kata sifat, maka tenses dari past participle ini akan berfungsi untuk memperjelas noun atau kata benda tersebut. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai past participle serta contoh penggunaannya. 

Present Participle vs Past Participle 

Jika ada past participle tentu juga ada present participle yang menunjukkan perasaan ketika tindakan itu sedang terjadi saat itu juga. Present participle sendiri bisa digunakan sebagai bentuk dari continuous suatu kata kerja dan juga bisa digunakan sebagai kata sifat dengan memberikan akhiran –ing pada kata kerja tersebut. 

Nah sedangkan past participle ini selalu diawali dengan bentuk kata to have (had, has, have) jika Anda menggunakannya sebagai kata kerja. Untuk mengubahnya kedalam bentuk kata sifat maka kata ini harus berada dibelakang kata to be atau di depan kata benda. Berikut contoh kalimat penggunaan dari past participle dalam Bahasa Inggris : 

  • Past participle sebagai kata kerja dalam perfect tense

She has eaten bread, I have painted the fence in white. 

Contoh kalimat diatas merupakan past participle sebagai kata kerja karena diikuti dengan have/has/had 

  • Past participle sebagai kata sifat : 

The novels written by Tere Liye are my favorite novels 

That broken bag is not my sister’s. 

Dalam contoh kalimat tersebut kata “written” bukan merupakan kata kerja melainkan sudah menjadi kata sifat karena tidak diikuti dengan to be dan have/has didepannya. 

Nah itu tadi merupakan penjelasan dari past participle dan contoh kalimat penggunaannya yang bisa Anda pahami. Untuk dapat mempelajari lebih lanjut mengenai contoh dari past participle serta penggunaanya yang lebih spesifik dan detail. 

Anda dapat berkunjung ke website EF Adults. English First akan dijelaskan lebih detail mengenai past participle serta grammar-grammar lainnya dengan menggunakan kalimat yang sederhana namun sangat jelas sehingga akan membuat Anda mudah mengerti dan paham penggunaannya dengan baik.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar