input license here

Mengenal Manfaat dan Kelebihan Kartu Debit

Di zaman serba canggih saat ini kita mengenal sistem belanja cashless atau non tunai yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan. Nah biasanya transaksi digital tersebut menggunakan aplikasi ataupun kartu. Kita bisa memanfaatkan penggunaan kartu debit maupun kartu kredit.

Kartu debit punya fungsi yang sama dengan kartu debit sebagai alat pembayaran non tunai. Namun bedanya pada kartu kredit, pengguna tidak perlu memiliki saldo untuk berbelanja (pembayaran di akhir sesuai dengan limit pinjaman). Sedangkan pada kartu debit pengguna harus memiliki saldo untuk melakukan pembayaran.

Penggunaan kartu debit tidak menimbulkan tagihan, bunga, atau denda karena seperti kita ketahui semua dana berasal dari simpanan pemilik kartu. Biaya yang muncul biasanya hanya biaya administrasi bulanan atas layanan kartu tersebut.

Selain itu kita juga bisa menggunakan kartu debit untuk melakukan transaksi di luar negeri sebab beberapa jenis kartu bisa dipakai untuk mengambil uang atau melakukan pembayaran hingga ke luar negeri.

Banyak Bank yang menghadirkan kartu debit. Salah satunya adalah kartu debit Bank Raya. Jika teman-teman belum mengetahui, Bank Raya adalah bagian dari BRI sebagai Bank BUMN dengan jaringan terluas di Indonesia.

Bank Raya ditunjuk sebagai Digital Attacker untuk memasuki persaingan kompetisi bank digital. Bank Raya berkomitmen meningkatkan infrastruktur digital untuk mendukung empowerment & growth dari Gig Economy Workers di Indonesia.Perbankan digital akan membuat hidup lebih mudah dan menjadi solusi praktis untuk semua.

Kelebihan Kartu Debit Sebagai Alat Pembayaran

Nah kali ini Ummi akan berbagi info mengenai kelebihan kartu debit untuk bisnis maupun transaksi. 

1. Tidak Berhutang

Jika menganalogikan kartu kredit sebagai pinjaman/hutang. Maka kartu debit sebaliknya. Kartu debit menjadi pembayaran yang relatif lebih baik untuk bisnis karena, uang yang dipakai adalah uang sendiri. Kita tidak khawatir lagi dan bingung mencari uang untuk pengembalian pinjaman. 

Selain itu kita akan lebih terkontrol  karena menghabiskan uang sesuai dengan budget di rekening dan berbelanja sesuai dengan kemampuan.  Dana di kartu pun dapat menjadi bujet untuk transaksi belanja perusahaan yang aman.

2. Tidak perlu BI Checking

Untuk memiliki kartu debit cukup mudah karena proses pendaftarannya tidak seperti kartu kredit yang memerlukan BI checking alias pemeriksaan skor kredit. Kita cukup membuka rekening di bank raya dan mengisi form pendaftaran untuk menikmati fungsi kartu debit.

3. Minim Biaya

Meskipun ada biaya, jumlahnya jauh lebih kecil daripada penggunaan kartu kredit. Tidak ada biaya denda, bunga maupun iuran tahunan. Anda hanya perlu membayar administrasi bulanan yang terbilang kecil dengan keunggulan kartu debit yang bisa diperoleh. 

4. Lebih Aman

Transaksi menggunakan uang tunai saat ini memang cukup beresiko apalagi dalam jumlah yang banyak. Sering kita dengar tindak kriminal yang membahayakan nyawa.

dengan penggunaan kartu debit, akan meminimalisir resiko kehilangan uang tunai. Kalaupun kartu kita dicuri, si pencuri harus mengetahui PIN untuk menarik dana. Anda pun bisa segera melaporkan pencurian atau kehilangan kartu ke penerbit kartu untuk memblokir kartu itu agar terhindar dari kerugian materi.

5. Bisa tarik tunai

Selain bisa melakukan transaksi cashless saat berbelanja, kartu debit bank juga memfasilitasi nasabahnya untuk menyimpan uang sehingga kita bisa mengambil uang kapanpun melalui mesin ATM atau agen yang yang sudah tersebar di toko kecil . Jadi kita  hanya perlu membawa uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Itulah sederet kelebihan kartu debit.

Kartu debit mengubah cara transaksi menjadi lebih praktis dan mudah.

Kita tak perlu lagi membawa uang banyak untuk berbelanja. Selain itu, penjual juga tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian dan meminimalisir tindak kejahatan.

 Apakah kalian sudah memiliki kartu ini? 


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar