AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah, Pentingkah?

Setiap anak mempunyai potensi dan bakat yang berbeda-beda. Kadang sebagai orang tua kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apa yang disukai dan cocok untuk karir serta masa depan anak. Untuk itulah menurut ummi penting untuk melakukan tes minat bakat untuk memudahkan pemilihan studi dan karirnya.

Hal ini mungkin pernah kita alami yang merasa salah memilih jurusan kuliah. Begitu juga dengan pengalaman ummi saat mendaftar kuliah . Saat SMA memiliih jurusan IPA. Setelah lulus malah kebingungan akan mengambil jurusan apa. Meskipun ada jurusan yang disukai pilihan itu tetap membuat bimbang karena orang tua tak setuju. Di satu sisi orang tua memang tidak mengenali bakat ummi, di satu sisi ummi pun tidak yakin akan mengambil jurusan apa.

Pentingnya Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Ummi berharap anak-anak nantinya tidak mengalami hal yang sama saat mereka memilih jurusan kuliah nanti. Untuk mensiasatinya, sejak kecil anak-anak sudah melakukan tes minat bakat sejak dini. Selain itu mengetahui potensi dan bakatnya, tes minat bakat juga membantu mencari tahu cara belajar yang tepat sesuai dengan karakter mereka.

Salah satu tes minat bakat yang bisa dicoba adalah tes online di Biometrika Indonesia. Tes berbasis digital ini diperuntukkan untuk pelajar SD, SMP dan SMA yang akan membantu menentukan jurusan studi yang sesuai minat dan bakat dengan cara memetakan representasi dominasi otak, kepribadian, minat bakat melalui analisa HBDI. Nantinya hasil tes bisa dikonsultasikan kepada psikolog yang akan memberikan saran untuk karir anak di masa depan. 

Berikut Manfaat Asesment Minat Bakat Anak selain untuk mempermudah menentukan jurusan

- Mengetahui kemampuan koginitif umum (IQ)

- Menganalisa kemampuan dasar

- Menganalisa sikap kerja

- Mengidentifikasi minat karir

- Membantu merencanakan pendidikan formal dan informal

- Membantu perencanaan jenjak pendidikan berikutnya

- Mengoptimalkan potensi yang dimiliki

Selain manfaat yang sudah dijabarkan di atas. Minat dan bakat sangat erat kaitannya dengan proses belajar yang dijalani anak di lingkungan sekolah. Tanpa mengetahui minat dan bakat anak, anak akan merasa kesulitan belajar. Contohnya saja, ada anak dengan tipe kinsetetis yang suka bergerak dan tidak bisa diam. Metode belajar yang tepat tentu akan berbeda dengan anak yang introvert. Dengan tes minat bakat jurusan kuliah yang tepat akan membantu orang tua mengikuti kegiatan dan jurusan  yang paling sesuai.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar