Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA: pexels.com

Bermain game kartu solitaire.org ternyata sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang atau sekedar rehat sejenak dari aktivitas harian.

Sebagai seorang ibu dan istri, tidak dapat dipungkiri, kita kerap dilanda kejenuhan karena melakukan kegiatan yang sama setiap harinya. Apalagi ibu rumah tangga yang tidak mempunyai banyak kegiatan di luar. 

Happyummi pun pernah mengalami kondisi stress selama menjadi ibu rumah tangga, terutama saat anak masih bayi. Tidur yang kurang, sosialisasi yang jarang menyebabkan emosi tidak stabil.

Untuk itu penting sekali menjaga kewarasan dengan menyediakan waktu sejenak untuk menenangkan diri baik itu melakukan hal-hal yang disukai maupun berinteraksi dengan orang sekitar. 

Biasanya ummi mengisi waktu luang dengan membaca buku, menonton drama, dan bermain game. Salah satu website penyedia game yang menyediakan aneka permainan menarik adalah Solitaire.org. Melihat aneka permainan di dalamnya jadi terkenang permainan masa kecil saat pertama kali memiliki komputer. Hampir di setiap komputer menyediakan permainan kartu solitaire. Uniknya di website ini, bukan hanya permainan kartu, namun beragam permainan dapat dimainkan untuk menghiburmu.

Game Gratis Solitaire.org, Mainkan Game Tanpa Mengunduh

Ummi termasuk orang yang hampir tidak pernah mengunduh game di handphone. Alasannya sih sederhana, tidak ingin memori handphone habis dan tidak mau anak-anak asyik bermain di hp ummi yang isinya lebih banyak soal kerjaan.

Jadi saat tahu solitaire.org menyediakan game online tanpa harus install aplikasi, tentu saja umi senang sekali. Ada beberapa pilihan kategori yaitu solitaire, card, mahjong, hidden object, match 3, logic puzzles dan word.  

Saat membuka website kita disuguhkan dengan game kartu classic solitaire yang mungkin semua orang pernah memainkannya. Classic solitaire tampilannya cukup sederhana dan mudah dipahami. Ada deretan kartu secara acak yang harus kita susun. 

Di bagian atasnya ada kotak kosong yang harus diisi mulai dari kartu As hingga kartu 2 dengan warna dan bentuk yang sama. Namun untuk kartu bagian bawah, kita bisa menyusun dari peringkat tinggi dengan berbeda warna, agar semua kartu bisa terbuka. Ada juga kartu yang belum terbuka sebagai bantuan jika kita tidak menemukan pasangan yang tepat.

Kita akan memenangkan permainan jika berhasil memindahkan setumpuk kartu yang telah dikocok ke dalam empat tumpukan dengan urutan menaik dari Ace ke King. Jika bisa melakukan ini, kita memenangkan permainan.

Manfaat Bermain Game Kartu Solitaire untuk Ibu Rumah Tangga

Meluangkan waktu untuk bermain game bagi seorang ibu rumah tangga bukanlah sesuatu yang dilarang selama tidak berlebihan. Dengan bermain game edukatif dan menghibur, kita akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya:

1. Menghilangkan Stress

Salah satu alasan kenapa ibu rumah tangga perlu melakukan hobi yang disukai adalah untuk menghilangkan kepenatan. Pekerjaan rumah tangga yang menguras tenaga dan emosi kerap menimbulkan stress dan perasaan tertekan. Untuk itu cobalah untuk menyempatkan untuk menghibur diri agar setelahnya dapat melanjutkan aktivitas ibu dengan perasaan bahagia.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Sering pelupa adalah salah satu hal yang sering dialami oleh seorang ibu. Ummi pernah mengikuti pelatihan yang menyebutkan bahwa ibu rumah tangga sering multitasking. Kebiasaan ini acapkali membuat ia bekerja terlalu berlebihan hingga kadang mengurangi kemampuan kinerja otak untuk mengingat hal secara detail. Memainkan game kartu akan mengasah kemampuan otak untuk konsentrasi, berpikir cepat juga menyelesaikan masalah. 

3. Belajar Strategi 

Dalam kehidupan, strategi menghadapi masalah sangat diperlukan. Hal ini bisa kita latih saat bermain game. Tanpa disadari pikiran kita akan bekerja melihat peluang dalam memecahkan masalah serta menemukan strategi terbaik agar dapat memenangkan permainan.

4. Tenang dan Bahagia

Tujuan utama dari bermain game tentu ingin menenangkan diri dan mengembalikan perasaan bahagia. Untuk itu pilihlah permainan sederhana, asyik, dan tidak bikin pusing. Jangan sampai setelah bermain game malah jadi suka marah kan bu? 

Pilihan Game di Solitaire.org untuk Ibu Rumah Tangga 

Ada ratusan nama dan versi berbeda dari Solitaire. Game solitaire paling populer ada 6 jenis yaitu klondike, freecell, spider solitaire, pyramid solitaire, tripeaks solitaire dan golf solitaire. Kita akan membahas 3 diantaranya yaitu:

Klondike

Permainan ini dikenal juga sebagai solitaire atau solitaire klasik yang bisa di akses melalui  https://www.solitaire.org/klondike/. Untuk memulai permainan klik tombol play di dalam game. Setelahnya akan ada pilihan jenis mode permainan yaitu dengan bukaan 3 kartu atau pilihan 1 kartu yang lebih mudah. Kartu kemudian akan dibagikan secara otomatis. 

Tujuan permainan ini adalah menumpuk kartu berdasarkan urutan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa campuran. 

Permainan akan berakhir jika tidak ada gerakan yang memungkinkan, atau jika semua kartu telah dibersihkan. Ketika salah satu dari tujuh tumpukan hilang, hanya kartu King yang dapat dipindahkan ke ruang terbuka.

Freecell

Selanjutnya adalah game kartu freecell yang memiliki keunikan memiliki 4 sel gratis tempat menyimpan kartu sementara. Kamu bisa mengaksesnya melalui https://www.solitaire.org/freecell/

Game Freecell Solitaire akan secara otomatis membagikan kartu Anda ke table. Jika Anda tidak menyukai pilihan kartu, bisa klik tombol kesepakatan baru di dekat bagian tengah atas layar. Game ini memungkinkan Anda mengocok tumpukan cadangan dalam jumlah tak terbatas.

Skor Anda saat ini dan jumlah gerakan ditampilkan di kiri atas layar. Game ini memiliki menu kontrol di kanan atas. Putar ulang tangan, bantu, nyalakan atau matikan suara dan mulai ulang game.

Ada perbedaan dengan Solitaire Klasik dimana kita diminta untuk membalikkan semua kartu menghadap ke atas. Sedangkan di  Freecell, semua kartu ditampilkan. Dan kita diminta untuk menyusun semuanya.  Semakin sedikit gerakan, semakin baik skor kita. 

Spider Solitaire

Saat permainan dimulai kita akan melihat ada 10 tumpukan kartu dengan ciri khas sesuai namanya, bergambar laba-laba begitu juga dengan tabel nya.  Di bagian bawah ada 5 tumpukan kartu yang tertutup dan akan bisa dibuka jika kita membutuhkannya. Saat di klik kartu itu akan segera mengisi ke semua tumpukan kartu yang terbuka. 

Permainan ini sederhana. Kita diminta mengumpulkan tiga belas kartu yang sesuai, dalam urutan menurun dari King ke Ace. Setelah satu set lengkap tiga belas kartu dipasang, itu dibuang.

Tujuan permainan ini adalah menumpuk kartu menjadi urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa campuran. Kamu bisa mengaksesnya melalui https://www.solitaire.org/spider/

Kesimpulan

Bermain game kartu solitaire.org sangat menyenangkan dan bisa mengisi waktu luang ibu rumah tangga agar tidak mudah stress. Ada beragam pilihan permainan kartu yang mengasyikkan. Selain game solitaire ada juga permainan lainnya seperti card, mahjong, hidden object, match 3, logic puzzles dan word.  Bahkan game ini bisa dimainkan juga untuk semua anggota keluarga untuk menghilangkan stress. 

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *