AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Cari Blog Ini

7 Ide Lomba 17 Agustus yang Kreatif dan Lucu

Sudah siap menyambut HUT RI ke-78? Ya, sebentar lagi masyarakat Indonesia akan menyambut hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 2023. Biasanya akan ada banyak lomba 17 agustus untuk memeriahkannya.

Tema 17 agustus 2023 adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini mencerminkan harapan besar masyarakat Indonesia untuk lebih maju dan lebih baik kedepannya. 

Memperingati hari kemerdekaan identik dengan aneka lomba 17an yang menarik dan unik. Lomba 17 agustus ini diadakan oleh masyarakat untuk memupuk semangat dan kebersamaan. Tak hanya untuk anak, ibu-ibu dan bapak-bapak pun tak ketinggalan untuk berpartisipasi.

7 Lomba 17 Agustus Kreatif, Seru dan Lucu

17 agustus ada lomba apa saja di tempatmu? Kalau di perumahan ummi tahun lalu diadakan lomba makan kerupuk, lomba balap karung, tarik tambang, lomba bapak-bapak, lomba membawa kelereng di sendok untuk anak, dan masih banyak lagi lomba lainnya.

Nah jika kamu ingin mengadakan lomba 17 agustus yang seru di lingkungan. Ide lomba ini mungkin bisa jadi ide menarik dan anti mainstream:

1. Lomba Panjat Pisang

Pisang? Iya pisang bukan pinang ya. Lomba panjat pisang menjadi salah satu lomba 17 agustus anak yang kekinian dan lucu. Jika biasanya orang dewasa menggunakan pinang untuk lomba ini. Pisang bisa jadi alternatif lainnya. 

Di perumahanku pernah mengadakan lomba panjat pisang antar anak. Pohon pisang yang besar digantung, di bawahnya diletakkan lumpur, lalu sama seperti panjat pinang mereka akan menaikinya dengan saling bekerja sama. Panjat pisang ini memiliki tantangan karena batang pisang yang bergoyang membuat mereka kerap terjatuh hingga dipenuhi lumpur.

2. Lomba Gigit Koin dengan Mulut

sumber foto : inilah.com

Buah semangka akan dilumuri dengan pewarna hitam/ cokelat lalu diletakkan koin di sekitarnya. Tugas peserta lomba ini adalah mengambil koin yang sudah ditusuk ke semangka menggunakan mulut. Lomba Mengambil Koin ini seru sekali karena biasanya mulut peserta akan kotor dengan pewarna coklat yang sudah dilumuri ke semangka. Kamu bisa jadikan lomba ini jadi lomba 17 agustus lucu dan bikin ngakak.

3. Lomba Merias dengan Mata Tertutup

https://travel.okezone.com/

Perlombaan merias ini cukup unik karena pesertanya adalah pasangan suami istri. Bapak-bapak akan bertindak sebagai perias, sedangkan istrinya akan dirias oleh suami dengan mata tertutup. 

Bayangkan saja, merias dengan mata terbuka saja bapak-bapak belum tentu ahli. Apalagi jika harus dengan menutup mata, biasanya riasan yang dihasilkan akan berantakan dan lucu. Pemenang lomba ini adalah tim yang riasannya paling tepat.

4. Estafet Pindah Tepung

sumber foto: https://karimuntoday.com

Ibu-ibu biasanya akan super heboh jika diadakan lomba antar tim. Salah satu lomba 17 agustus kreatif yang bisa diadakan adalah lomba estafet memindahkan tepung. Dijamin ini akan seru dan membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Permainannya mudah, tepung akan dipindahkan secara estafet ke belakang, sehingga mungkin akan banyak tepung yang tumpah dan membuat peserta ketumpahan tepung lalu menjadi adonan :D

5. Lomba Menangkap Bebek atau Ayam

sumber gambar : palangkaraya.go.id

Lomba Menangkap Bebek atau Ayam menjadi alternatif perlombaan 17an yang seru selain lomba menangkap belut. Perlombaan menangkap bebek ini dapat diikuti oleh lima hingga delapan peserta.

Uniknya, peserta menangkap bebek harus dalam keadaan mata yang tertutup. Panitia akan melepas bebek/ayam ke area perlombaan ini hanya satu ekor. Jadi peserta harus berlomba menangkap bebek itu dengan cepat. Siapa yang berhasil menangkapnya akan menjadi pemenang.

6. Lomba Lari Dua Bapak Satu Sarung

Lomba lucu agustusan selanjutnya yang tak kalah seru dan mengocok perut adalah lomba lari antar tim yang akan dilakukan oleh dua orang bapak-bapak. 

sumber gambar: m.jpnn.com

Satu tim harus menggunakan satu sarung lalu berlari. Tim yang paling cepat sampai akan jadi pemenang. Lomba ini seru dan lucu karena biasanya banyak tim yang akan kesulitan berlari hingga terjatuh.

7. Lomba Tarik Tambang

sumber foto: dewailmu.id

Meskipun lomba tarik tambang selalu ada setiap 17 agustus. Tetapi lomba ini selalu diminati. Seru, menantang kekuatan dan kekompakan. Lomba tarik tambang diikuti oleh antar tim, biasanya tim RT yang terdiri dari beberapa orang. 

Tali yang digunakan adalah tali tambang. Setiap tim akan berusaha untuk menarik tambang sekuat tenaga. Tak jarang ada yang terjatuh atau tersungkur.

Itulah 7 ide lomba 17 agustus untuk memeriahkan HUT RI ke-78 di tahun 2023 ini. Kalau di lingkunganmu sudah merencanakan lomba apa?

Baca juga tulisan Nengsih tentang ide lomba 17an 

Related Posts

Related Posts

3 komentar

  1. Pindah tepung seru kayaknya y mba, kalo diadakan di komplek perumahan ini😁

    BalasHapus
  2. seru nih kalo diadakan di kompleks πŸ˜‚πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
  3. Yg belum oernah liat langsung lomba panjat batang pisang iniiiiii.... pengen liaatttt

    BalasHapus
Terimakasih sudah berkenan membaca. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di sini ya :)